7 Destinasi Wisata di Cibinong, Bisa Healing Tipis-tipis!

Jalan-jalan sambil healing tipis-tipis di kawasan wisata Cibinong wajib masuk agenda perjalanan kamu


Kebun Raya Cibinong

Kamu berencana main ke daerah Cibinong dalam waktu dekat? Biar kunjunganmu tidak membosankan, maka jalan-jalan sambil mengeksplorasi kawasan wisata di Cibinong wajib masuk agenda perjalanan kamu.

Cibinong merupakan sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Selain itu, Cibinong juga menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Bogor.

Siapa sangka, ada beragam tempat wisata di Cibinong yang menarik untuk jadi destinasi liburan murah. Berikut informasi selengkapnya!

1. Kebun Raya Cibinong

KRC
kebun raya Cibinong (mapio.net)

Kebun Raya Cibinong Cocok buat healing tipis-tipis sambil menepi dari keramaian kota. Kebun Raya Cibinong merupakan kawasan konservasi dan edukasi terkait tumbuhan. Kebun Raya Cibinong menawarkan wisata edukasi tentang keanekaragaman hayati. Tidak kurang dari 1000 spesimen tumbuhan tropis dataran rendah terdapat di Kebun Raya Cibinong..

Kebun Raya Cibinong memiliki banyak spot foto yang menarik. Selain menampilkan keindahan berbagai macam tumbuhan tropis dataran rendah yang ada di sana, deretan danau yang ada tidak kalah eksotisnya.

Danau Dora merupakan danau yang ada di Kawasan Kebun Raya Cibinong, Pemberian nama Dora terinspirasi dari tokoh kartun Dora. Jika dilihat, jembatan yang ada di sekitar danau memiliki kemiripan dengan jembatan yang ada dalam film animasi Dora.

Ternyata Dora tidak sendirian berada di sana. Masih ada Dori dan Walini yang setia menemani Dora di sana. Tidak kalah dengan danau Dora, danau Dori dan Walini juga mempunyai jembatan yang cantik. Mengambil foto dari sudut manapun, dijamin kamu akan puas dan tidak akan kecewa.

Lokasi Kebun Raya Cibinong terletak di Jl. Raya Jakarta-Bogor Km. 46, Cibinong, Kabupaten Bogor. Setiap harinya, Kebun raya Cibinong dibuka mulai pukul 07,00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Tarif masuk ke lokasi sangat terjangkau. Pada hari biasa, pengunjung hanya dikenakan tarif masuk sebesar Rp15 ribu, untuk weekend pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp25 ribu. Biaya parkir hanya sebesar Rp5 ribu rupiah

Kebun Raya Cibinong berada dalam lingkup Kawasan Sains dan Teknologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Layaknya kebun raya lainnya yang dikelola oleh BRIN, Kebun Raya Cibinong juga menjadi tempat platform riset keanekaragaman hayati. Nah, di sini kamu bisa belajar banyak atau melakukan riset keanekaragaman hayati seperti peneliti dari BRIN. Keren kan!

Baca Juga: Kebun Raya Cibinong, Destinasi Eduwisata Tersembunyi di Bogor

2. Kebun Wisata Pasir Mukti

Kebun-Wisata-Pasirmukti
Kebun Wisata Pasirmukti. (lh5.googleusercontent.com)

Kebun Wisata Pasir Mukti bisa menjadi pilihan tujuan wisata lainnya di Cibinong. Sangat cocok sebagai taman rekreasi untuk keluarga. Kebun Wisata Pasir Mukti menawarkan konsep edupark, selain bermain anak-anak juga bisa belajar.

Terlihat dari berbagai wahana dan aktivitas yang disediakan taman rekreasi ini. Berbagai Aktivitas seperti main di kolam lumpur, memancing ikan, melukis caping, membajak sawah, menanam padi, akan kamu temui di Kebun Wisata Pasir Mukti. Untuk masuk ke area Kebun Wisata Pasir Mukti, pengunjung dikenakan tarif  Rp25ribu per orang. Jika datang secara rombongan akan ada harga sesuai dengan paket yang dipilih.

Pihak pengelola menyediakan dua paket utama untuk wisata. Yaitu Paket Agropintar dan Agrojunior. Selain dua paket utama tersebut masih ada juga paket Anak tani, Paket Kemping dan Agro adventure.

Jam operasional dibuka dari  jam 08.00 pagi sampai dengan jam 16.00 WIB . Jika datang pada hari biasa, ada beberapa wahana yang tidak dibuka. Sehingga untuk memaksimalkan kepuasan bermain, datanglah pada akhir pekan.

3. Situ Cilodong

situ-cilodong-1021x580
Situ Cilodong (instagram.com/ulieeen_)

Nama Cilodong sendiri diambil dari nama kecamatan lokasi situ atau danau ini. Banyak aktivitas outdoor yang bisa dilakukan di Situ Cilodong. Aktivitas favorit di danau ini adalah memancing.  Di sekitar danau, banyak warung yang menyediakan alat memancing.

Untuk kamu yang hobi bersepeda atau jogging, kamu bisa berkeliling di Situ Cilodong. Selain untuk tempat bersantai, di situ Cilodong kamu bisa bisa naik perahu dan mengelilingi danau bersama keluarga. Tarif naik perahunya hanya Rp15 ribu. Gak cuma anak-anak, orang dewasa dan orangtua pun bakal senang

Situ Cilodong pernah mengalami kerusakan karena tercemar limbah rumah tangga dan juga limbah industri. Oleh pemerintah Kota Depok, Situ Cilodong di normalisasi dan mengembalikan fungsi utamanya yakni sebagai kawasan resapan air.

Baca Juga: 5 Gunung terdekat dari Jakarta, Cocok Untuk Pendaki Pemula!

4. ACB Tirta Splash Waterboom

Kolam-Renang-Baby-ACB-Tirta-Splash-Water
Kolam Renang Baby ACB Tirta Splash Water, (gmaps/Ineu Mustikasari)

Disebut juga Kolam Renang Ariatirta Splash, wisata air satu ini bisa jadi pilihan buat quality time bersama keluarga. Selain kolam renang untuk dewasa, ada pula kolam renang khusus anak-anak dan balita. Selain itu, di area ini banyak terdapat pepohonan. Jadi, kamu tidak begitu kepanasan saat bermain-main di Ariatirta Splash.

Berbagai permainan air siap menambah keseruanmu di ACB Tirta Splash Waterboom, seperti seluncuran berkelok dan ember tumpah. Nah, bagi yang ingin ikut terapi senam air, kamu bisa datang setiap Sabtu pagi. Senam terapi air juga baik untuk kesehatan tulang, sendi, dan syaraf.

Lokasi Kolam Renang Ariatirta Splash terletak di Jl. Bojong Depok Baru II Jl. Mahoni Raya, Sukahati, Kec. Cibinong, Kabupaten Bogor. Untuk jam operasional kolam renang ini adalah  pukul 08.00–17.00 WIB. Pada hari biasa, pengunjung dikenakan tarif masuk sebesar Rp25ribu, sedangkan hari libur menjadi Rp 30ribu /orang

5. Taman Sampora Legok

WhatsApp-Image-2022-09-06-at-14.59.01-e1662453195607-768x432
Taman Sampora Legok (Bogordaily.net/Albin)

Taman Sampora Legok dahulu adalah tempat pembuangan sampah liar dan sawah yang sudah tidak berfungsi. Kemudian daerah tersebut dirubah dengan dana swadaya masyarakat sehingga menjadi objek wisata yang menarik.

Jadi wajah baru, wisata pedesaan ini menyimpan daya tarik unik yang bisa dinikmati dengan membayar tiket masuk seikhlasnya. Taman Sampora Legok terletak di area persawahan warga. Jembatan dan hiasan-hiasan dari bambu warna-warni dibangun di sepanjang pematang sawah.

Berbagai spot foto menarik juga ditambahkan di sudut-sudut tertentu. Lengkap dengan ornamen berupa alat-alat dapur tradisional maupun barang berkas yang dipoles ulang. Setelah puas menyusuri persawahan, kamu bisa singgah di saung-saung sambil menyantap hidangan khas Sunda.

Lokasi taman sampora terletak Lingkungan Sampora, RT 03/RW 05, Kelurahan Cibinong, Kec. Cibinong, Bogor. Setiap harinya, Taman Sampora dibuka dari pukul 09.00, hingga pukul 17,00 WIB.

Baca Juga: 4 Tempat Wisata di Dieng Yang Harus Masuk List Liburanmu!

6. Taman Cibinong Situ Plaza

VideoCapture_20220406-175353
Taman Cibinong Situ Plaza (bogoronline.com)

Berjarak 5 menit dari Transmart Cibinong City Mall, kamu akan menemukan taman terbuka hijau dengan beragam area permainan. Letaknya yang strategis, luas, dan rindang membuat Taman Cibinong Situ Plaza jadi salah satu tujuan wisata favorit keluarga di waktu senggang.

Taman satu ini diperuntukkan bagi semua kelompok usia. Fasilitas umumnya pun terbilang lengkap, seperti musala, toilet, tempat cuci tangan, balkon, dan dudukan di dekat kolam ikan.

Taman Cibinong Situ Plaza ini, kamu juga bisa berjalan santai karena tersedia jalur khusus joging sambil menikmati udara taman yang asri. Selain jogging track, ada beberapa fasilitas lain yang disediakan sehingga terbilang cukup lengkap. Salah satunya, ada arena istana bermain beralas rumput sintesis yang dikhususkan untuk anak-anak.

Lokasi Taman Cibinong Situ Plaza berada di Jl. Tegar Beriman No.6, Sukahati, Kec. Cibinong, Kabupaten Bogor. Tak ada tiket masuk yang dipatok harga apabila ingin menikmati santai di taman ini.

Cukup membayar parkir Rp 3.000 saja, sudah bisa bermain dan berolahraga sepuasnya dari jam 06.00 WIB sampai 18.00 WIB. Kamu juga tak perlu takut merasa haus dan lapar, karena tersedia banyak pedagang yang menjajakan makanan dan minuman.

7. Paradesa Park

Area-duduk-beanbag-Happy-Holiday-1536x1152
Paradesa park (Google Maps/Happy Holiday)

Destinasi wisata lainnya di kawasan Cibinong adalah Paradesa Park. Destinasi wisata Paradesa Park menjadi salah satu tempat nongkrong yang rekomended untuk hangout di akhir pekan. Suasana damai ditemani dengan udara sejuk serta ragam spot menarik siap memanjakan siapa saja yang datang ke Paradesa Park.

Tempat wisata di Cibinong yang satu ini mengusung konsep wisata kuliner indoor dan outdoor, serta kolam renang. Diselimuti pepohonan rindang yang asri dan udara sejuk, membuat pengunjung akan betah beralama-lama di Paradesa Park.

Untuk area outdoor, kamu bisa memilih duduk lesehan dengan bean bag atau di meja payung. Area indoor-nya pun tak kalah menawan dengan interior urban minimalis. Suasana menjelang petang semakin cantik bertabur lampu-lampu hias yang hangat.

Soal menu, Paradesa Park menyuguhkan aneka kopi, pasta, yaki udon, nasi goreng, ikan dan kentang goreng, aneka kue, hingga steik. Harganya berkisar Rp11 ribu hingga Rp90 ribu. Lokasi Paradesa Park  terletak di Paradesa Park, Pd. Rajeg, Kec. Cibinong, Kabupaten Bogor.

Beberapa rekomendasi tempat wisata di Cibinong tersebut patut disambangi di sela waktu liburan kamu. Gak perlu jauh-jauh dari Jakarta, kamu bisa kok menemukan tempat healing tipis-tipis. Selamat berhealing!

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Lombok Yang Wajib Dikunjungi


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *