4 Kuliner Enak dan Unik dari Kulon Progo

Dari geblek hingga cenil dan cetot


0
Besengek (karangsari-kulonprogo.desa.id)

Makanan khas daerah merupakan salah satu yang dicari jika kita berkunjung ke suatu daerah.

Tidak sah rasanya jika kita berkunjung ke suatu wilayah namun tidak merasakan makanan khas daerah wilayah setempat. Ini dia, makanan khas Kulon Progo yang selalu membuat kangen:

1. Geblek

Geblek (wikipedia)

Geblek merupakan makanan khas dari Kulon Progo yang berasal dari ketela pohon. Dengan proses tertentu, geblek menjadi semacam makanan yang unik karena dipadu berbentuk lingkaran kecil dan dirantai menjadi tiga hingga empat buah. Kini geblek disaji dengan menu tempe benguk dan tempe kara.

2. Growol

Growol (goodnewsfromindonesia.id)

Growol merupakan makanan khas dengan adonannya dari singkong namun tidak begitu terkenal seperti makanan khas lainnya. Aroma khas growol ini cukup menyengat berbau ketela busuk sehingga bagi yang belum mencicipinya akan merasa jijik sebelum mencoba. Namun jangan salah, growol ini makanan lezat yang jika dicampur dengan parutan kelapa akan tampak gurih. Makanan khas ini banyak dijumpai di pasar tradisonal.

3. Tempe benguk atau besengek

Besengek (karangsari-kulonprogo.desa.id)

Tempe benguk atau besengek berasal dari biji kacang koro yang difermentasi menjadi tempe. Tempe benguk merupakan tempe yang dicampur dengan santan kental. Bentuknya memang terlihat tidak menarik, tapi soal rasa sangat gurih dan enak. Jika ingin menu lengkap bisa menambah geblek dan dimakan langsung selagi hangat.

4. Cenil dan cetot

Cenil (boladeli.id)

Makanan ini dibuat dari pati singkong yang direbus. Untuk membuat tampilannya menarik, penjual memberikan tambahan pewarna makanan hijau, kuning, dan merah serta taburan kelapa parut.

Sangat unik bukan?. Itulah makanan khas dari daerah Kulon Progo. Jangan lupa mencicipi ya, ketika kamu berkunjung ke sana.

Baca juga: Kulon Progo, Serpihan Kecil dari Surga


Like it? Share with your friends!

0
Life is Beautiful

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *