Persiapan Menikah Bagi Laki-laki, 5 Hal ini Harus Diperhatikan

Dengan mengetahui seluk beluk pernikahan, persiapan menikah bagi laki-laki akan semakin matang


Ilustrasi menikah (pixabay.com/ CommanderClive)

Menikah merupakan suatu proses penyatuan dua orang manusia, untuk membentuk satu keluarga baru. Dalam agama islam, menikah juga merupakan salah satu ibadah.

Namun. bukan perkara mudah untuk menyatukan dua kepala menjadi satu dalam keluarga. Setiap pasangan, pastinya mempunyai perbedaan satu sama lain. Setiap individu pastinya mempunyai ego masing-masing.

Peran laki-laki sebagai kepala keluarga, diharapkan dapat membawa suatu keluarga, menjadi keluarga yang berbahagia tanpa adanya perpecahan.

Nah, sebelum memutuskan untuk menikah, berikut lima hal yang harus diketahui sebagai persiapan menikah bagi laki-laki.

1. Mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Sebelum memutuskan untuk menikah, seorang laki-laki wajib mengenal terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Dengan mengenal diri sendiri, seorang laki-laki akan lebih berhati-hati dalam bertindak.

Cobalah direnungkan apa yang menjadi kelebihan, seperti: kesetiaan, kepercayaan diri, komunikasi, kematangan emosional, keuangan. Dan coba juga renungkan apa yang menjadi kekurangan, seperti: keterbatasan emosi, komitmen yang rendah, kemandirian, kebiasaan buruk dan mungkin juga kestabilan ekonomi.

Setelah melakukan pemetaan terhadap kelebihan dan kekurangan diri sendiri, coba untuk mengutarakan dengan jujur segala kekurangan dengan calon istri, dan juga dengan keluarga. Keterbukaan seperti ini cukup penting, agar tidak ada dusta yang dirahasiakan, yang sewaktu-waktu bisa meledak jika terjadi masalah dalam keluarga.

Baca Juga:

2. Mengenali sifat dan karakter umum perempuan

Sebagian besar pria di dunia ini masih sering merasa kesulitan memahami sifat dan karakter seorang wanita. Setiap wanita memiliki karakter dan sifat yang unik. Namun, ada beberapa sifat dan karakter yang umumnya dianggap positif atau diinginkan dalam konteks pernikahan. Hal ini memang wajar terjadi, karena biasanya tidak semua wanita ingin menunjukkan setiap sisi kepribadiannya pada pria sehingga menimbulkan kesan yang sulit dipahami.

Dengan mengenali karakter umum wanita dengan baik akan membantu memperlancar komunikasi sehingga akan mengurangi kesalahpahaman yang muncul dalam pernikahan.

Berikut sifat dan karakter umum dari wanita yang disarikan dari beberapa sumber:

  1. Wanita lebih sulit menentukan pilihan.
  2. Wanita memiliki sifat manja dalam keadaaan-keadaaan tertentu
  3. Wanita lebih bisa menjaga dirinya/privasi terhadap hal-hal tertentu
  4. Wanita cenderung menggunakan perasaan daripada logika dalam menentukan keputusan.
  5. Wanita lebih banyak berbicara daripada pria.

Mengenali sikap atau fitrah perempuan merupakan sesuatu yang umum. Setiap individu memiliki karakter dan sifat yang unik. Namun, ada beberapa sikap atau fitrah yang umumnya dianggap positif atau diinginkan dalam konteks pernikahan

3. Laki-laki harus memiliki visi yang jelas sebelum memutuskan menikah

Memiliki visi yang jelas bagi pria yang mau menikah akan memberikan dasar yang kuat untuk membangun hubungan yang sehat dan bahagia. Seorang pria harus memahami tujuan dan arah yang diinginkan dalam pernikahan.

Seorang pria sebaiknya mempunyai target-target pribadi dalam kehidupannya. Baik itu sebelum dan sesudah menikah. Visi yang jelas dengan target yang matang, merupakan hal yang penting dalam persiapan menikah bagi laki-laki,

4. Pria harus pandai mengendalikan emosi dan mengontrol diri

Pernikahan melibatkan berbagai situasi dan tantangan yang dapat memicu emosi, dan kemampuan untuk mengelola emosi dengan baik serta menjaga kontrol diri sangat penting untuk menjaga hubungan yang sehat.

Manajemen emosi yang baik dapat membantu menjaga keharmonisan dalam hubungan. Dengan mengelola emosi dengan bijak, pria dapat menghindari bertindak kasar dan berpotensi merusak hubungan rumah tangga. Hal ini bisa memudahkan pasangan untuk memahami dan berkomunikasi saat terjadi masalah dalam rumah tangga.

Dengan memiliki kontrol diri yang baik, seorang pria dapat mengatasi konflik dengan cara yang baik. Dengan mampu mengendalikan emosi, seorang pria dapat mencegah ledakan pertengkaran atau perilaku yang merugikan saat terjadi masalah dalam pernikahan.

Baca Juga: 

5. Pria harus siap menerima dan menjalin hubungan baik dengan keluarga barunya

Ketika seseorang menikah, mereka juga memasuki lingkungan keluarga baru dan menjalin hubungan dengan pasangan serta keluarga pasangan. Dengan memutuskan untuk menikah, seorang pria harus bisa menerima keluarga dari istri apa adanya.

Seorang pria harus bersedia menerima keluarga pasangannya dengan segala kelebihan, kekurangan, dan keunikan yang ada. Bisa jadi calon wanitanya berasal dari keluarga besar yang mempunyai anak banyak, keluarga yang tidak mampu, keluarga yang broken home, keluarga yang kaya raya, dan lain sebagainya.

Seorang pria harus bijak dan mampu berbuat adil bagi keluarganya sendiri, dan keluarga calon istrinya. Termasuk menghormati dan menghargai perbedaan budaya, nilai, dan tradisi dari keluarga baru.

Pria yang mau menikah harus dapat memahami dan menghormati batas-batas yang ada di keluarga barunya, dan tidak terlalu dalam untuk mencampuri urusan dalam negeri keluarga dari pihak istri.

Itulah lima hal yang harus diperhatikan, sebagai bentuk persiapan menikah bagi laki-laki. Semoga bisa menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

Baca Juga: 5 Kelebihan Lajang Dibandingkan dengan Orang Yang Sudah Menikah

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *