5 Kelebihan Lajang Dibandingkan dengan Orang Yang Sudah Menikah

Banggalah kamu yang saat ini masih lajang, I'm single and very happy!


ILustrasi lajang (pixabay.com/vilandrra)

Bagi sebagian orang, status menjadi hal yang penting untuk dipikirkan. Apa lagi jika sudah menginjak usia matang dan masih lajang, rasanya itu merupakan sesuatu yang memalukan.

Tidak heran demi menghindari hal seperti itu, sebagian orang lebih memilih menikah muda, atau menyegerakan menikah ketika sudah menemukan seseorang yang ia kenal lama.

Namun masih lajang di usia matang, beberapa dari mereka ada yang meratapi nasibnya karena belum menemukan jodohnya. Padahal, sebenarnya menjadi lajang di usia matang tidaklah seburuk itu.  Ada banyak kelebihan lajang dibanding dengan orang yang sudah menikah. Ada hal-hal menyenangkan yang bisa didapatkan seorang single, dibanding mereka yang sudah menikah seperti berikut ini!

1. Bisa pergi kemana saja sesukamu

Sebagai seorang lajang, hal yang perlu disyukuri adalah adanya kebebasan untuk bisa pergi ke mana saja. Ya, kebebasan untuk mengunjungi tempat-tempat yang diinginkan sejauh ini hanya dimiliki mereka yang masih lajang.

Hal ini tentu berbeda dengan mereka yang sudah menikah, di mana kebebasan untuk mengunjungi suatu tempat harus berdiskusi dulu dengan pasangan, mengatur budget yang pas untuk dua orang dan lain sebagainya.

Seorang lajang dapat menentukan sendiri kemana dia mau pergi, berapa lama akan menginap, dan berapa budget yang diperlukan tanpa harus berdiskusi dengan pihak lain.

Baca Juga: Tetap Asyik Meski Harus Liburan Sendirian

2. Bebas berteman dengan siapa saja

Keuntungan lain yang dimiliki seorang lajang yaitu bebas untuk berteman dengan siapapun. Dalam bergaul, seorang lajang berteman dengan banyak orang demi menambah relasi, dan memperkaya perspektif. Selain itu, seorang lajang belum perlu untuk membatasi dirinya akan bergaul dengan siapa.

Ini berbeda dengan pasangan menikah yang harus memiliki batasan yang jelas ketika mereka ingin membangun pertemanan seperti harus menjaga jarak emosional dengan teman lawan jenis. Dalam menambah relasi juga harus lebih selektif, karena jika tidak maka akan mengganggu hubungan rumah tangga.

Baca Juga: Pentingnya Meningkatkan Personal Branding

3. Tidak perlu memikirkan harga susu anak

Saat seseorang memutuskan menikah, tentu akan lebih banyak hal yang harus dipikirkan dengan matang, yaitu kebutuhan anak seperti susu formula anak. Hal ini penting karena harga kebutuhan anak tidaklah murah. Untuk harga susu saja itu sudah setara dengan uang belanja bulanan ke pasar.

Seorang lajang tentu saja tidak mengalami ini karena sebagian besar fokus kebutuhannya masih untuk diri sendiri. Namun, berkaca dari pasangan yang sudah menikah, soal kebutuhan anak seperti susu bisa menjadi bahan pelajaran dan persiapan ketika ingin melepas status lajang.

Baca Juga: Review Novel Ganjil Genap: Perjalanan Gala Mencari Cinta

4. Punya peluang untuk menabung

Masa lajang adalah masa di mana kesempatan untuk menabung sebanyak yang anda bisa. Meskipun penghasilan kecil, maka menabunglah sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

Sebagaimana seorang lajang belum memiliki tanggung jawab untuk menafkahi keluarga, maka masa lajang adalah momen yang baik untuk menabung meskipun uang yang bisa disisihkan hanya Rp 1.000.

Hal ini penting karena banyak dari pasangan menikah yang sulit menabung karena kebutuhan semakin banyak. Belum lagi jika ada hal darurat yang mengharuskan keluar biaya.

Baca Juga: Bingung Mengatur Keuangan Bulanan? Ini 5 Tipsnya

5. Bisa melakukan hobi kapan saja

Sebagai seorang lajang, hobi bisa dilakukan kapan saja untuk melepas rasa penat setelah bekerja, atau ketika ada suatu masalah. Seorang lajang tidak perlu meminta izin pada pasangan untuk melakukan hobinya.

Ini berbeda dengan pasangan menikah yang harus mengatur waktu ketika ingin mengerjakan hobi, dan meminta izin pada pasangan sebagaimana pasangan menikah umumnya lebih banyak menginvestasikan waktunya untuk keluarga dibanding untuk hobinya.

Inilah 5 hal yang bisa disyukuri oleh para lajang. Semoga dengan ini anda tidak perlu lagi meratapi nasib anda yang belum bertemu jodohnya. Syukuri apa yang ada saat ini termasuk masa lajang anda, agar dapat mempersiapkan diri lebih baik.

Baca Juga: 4 Langkah Mengalahkan Burnout dalam Kehidupan dan Dunia Kerja

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *