Menjelajahi Curug Kedung Pedut Kulon Progo, Wisata sambil Trekking!


Curug Kedung Pedut Kulon Progo (wikipedia/Hatfina nusratina)

Berbicara tempat wisata di Yogyakarta, memang seakan tidak ada habisnya. Selalu saja ada sisi yang menarik dari pariwisata Yogyakarta. Salah satunya adalah wisata Curug Kedung Pedut.

Kedung Pedut merupakan salah satu air terjun yang terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat ini menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang menginginkan suasana alam yang segar dan menenangkan.

Keindahan alam yang memikat dan udara yang sejuk di sekitar Kedung Pedut membuat setiap pengunjung terpesona. Yuk, kita kupas tuntas objek wisata Curug Kedung Pedut ini

Eksotisme dan keindahan Curug Kedung Pedut Kulon Progo

Curug Kedung Pedut (dinpar.kulonprogokab.go.id)

Berada di lokasi wisata satu ini, kamu akan disambut dengan uniknya warna air yang ada di air terjun. Sebab, destinasi ini menawarkan dua warna indah yakni hijau tosca dan putih yang akan membuat kamu takjub. Di tempat ini, kamu juga akan menemukan kolam renang yang terbentuk secara alami.

Air yang berasal dari kolam renang tersebut berasal dari sumber mata air terjun yang berada tak jauh dari kawasan satu ini.

Selain itu, warna air yang terlihat di lokasi ini terjadi karena adanya pengaruh batuan dasar sungai yang larut secara perlahan-lahan. Hal ini tentunya akan merubah warna air seperti yang kamu lihat ketika berkunjung ke lokasi satu ini.

Di lokasi Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo, kamu tidak hanya akan menemukan satu kolam saja. melainkan juga terdapat kolam kolam kecil yang ada di sekitarnya dan membentuk layaknya sebuah tangga.

Untuk melihat seluruh keindahan wisata ini, kamu bisa naik ke gardu pandang dan keindahan air terjun tersebut akan membuat kamu semakin terpesona.

Baca Juga:

Atraksi dan Aktivitas menarik di Curug Kedung Pedut

Curug Kedung Pedut Kulon Progo (Intagram.com@jogjku)

Kedung Pedut menawarkan berbagai atraksi dan aktivitas menarik bagi pengunjung. Selain menikmati keindahan air terjun yang memukau, kamu juga dapat berenang atau bermain air di kawasan tersebut. Airnya yang jernih dan segar akan membuat kamu merasa segar kembali setelah berkegiatan.

Selain itu, bagi kamu yang menyukai fotografi, Kedung Pedut menawarkan pemandangan yang sangat indah. Kamu dapat mengabadikan momen-momen tak terlupakan di sekitar air terjun dan menciptakan kenangan yang akan terus terjaga.

Lokasi dan Rute Menuju Curug Kedung Pedut

Kedung Pedut Kulon Progo (nstagram,com@yvwong)

Untuk mencapai Kedung Pedut, terdapat beberapa rute yang dapat kamu pilih. Jika kamu berangkat dari Yogyakarta, kamu dapat mengambil rute melalui jalan utama menuju ke arah Wates. Setelah melewati Wates, kamu akan melanjutkan perjalanan menuju Desa Jatimulyo, tempat Kedung Pedut berada. Rute ini dapat ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam tergantung pada kondisi lalu lintas.

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan angkutan umum. kamu dapat naik bus dari Terminal Giwangan atau Terminal Jombor yang menuju ke Wates. Setelah sampai di Wates, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek atau angkot menuju Kedung Pedut. Pastikan untuk menanyakan kepada pengemudi mengenai rute yang tepat.

Baca Juga:

Harga tiket masuk, dan tips berwisata ke Curug Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut, wisata air di Kulon Progo, Jogja. (keluyuranyuk)

Bagi wisatawan dewasa, tiket masuk ke Kedung Pedut dibanderol seharga Rp 15 ribu per orang. Sedangkan untuk anak-anak, tiket masuknya seharga Rp 10 ribu per orang. Dengan harga yang terjangkau ini, kamu sudah bisa menikmati keindahan air terjun Kedung Pedut dan segala pesonanya.

Sebelum kamu memulai perjalanan menuju Kedung Pedut, ada beberapa tips yang dapat membantu agar pengalaman wisata kamu menjadi lebih menyenangkan:

  • Mengingat Anda akan beraktivitas di alam terbuka, pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca. Gunakan pakaian yang ringan dan mudah kering jika Anda berencana untuk bermain air di sekitar Curug Kedung Pedut.
  • Jangan lupa untuk membawa perlengkapan mandi dan ganti baju ekstra. Setelah berenang, Anda dapat membersihkan diri dan mengganti pakaian agar tetap nyaman selama perjalanan pulang.
  • Kedung Pedut memiliki jalur trekking yang dapat Anda jelajahi untuk menikmati pemandangan yang lebih indah. Pastikan Anda menggunakan alas kaki yang nyaman dan sesuai untuk berjalan di medan yang sedikit berbatu.
  • Perhatikan tanda peringatan dan ikuti aturan keselamatan yang ada. Jaga jarak aman dari tebing atau area yang berbahaya. Selalu berhati-hati saat berenang di sekitar air terjun dan ikuti arahan petugas yang ada.
  • Selain perlengkapan mandi dan ganti baju, bawa juga perlengkapan tambahan seperti kacamata renang, pelampung, dan perlindungan dari sinar matahari seperti topi atau krim tabir surya.

Jadi, selamat menikmati keindahan alam di Curug Kedung Pedut, Kabupaten Kulon Progo. Jangan lupa selalu menjaga kebersihan lingkungan di sana ya.

Baca Juga: Curug Lembah Pelangi Bogor, Pas Untuk Healing dan Merenungi Nasib


Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *