Destinasi Wisata Tebing Breksi Yogyakarta, Megah dan Memacu Adrenalin

Di destinasi wisata tebing Breksi Yogyakarta, Banyak sekali spot-spot instagramable yang mengetes kaeberanian bagi yang takut ketinggian.


Destinasi Wisata Tebing Breksi Yogyakarta (centertravel)

Yogyakarta memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik. Mulai dari pantai, wisata alam, hingga wisata bersejarah semuanya ada disini. Semua destinasi di Yogyakarta itu selalu ramai wisatawan, baik lokal, luar kota, maupun wisatawan mancanegara.

Setiap tahun atau setiap bulannya, juga selalu ada destinasi wisata yang baru dan pastinya juga selalu ramai saat diresmikan maupun saat sudah viral. Nah, ada salah satu destinasi di Yogyakarta yang lokasinya berada di pelosok desa. Destinasi ini bernama Tebing Breksi.

Bukan tergolong destinasi yang baru sih, karena sudah beroperasi sejak tujuh tahun yang lalu. destinasi wisata Tebing Breksi Yogyakarta ini sangat megah sekali, dan selain itu juga sangat memacu adrenalin bagi yang takut ketinggian atau yang berani ketinggian, karena beberapa spot foto di Tebing Breksi ini letaknya ada di paling puncak tebing.

Lokasi dan profil singkat destinasi wisata Tebing Breksi Yogyakarta 

Tebing Breksi (detiktravel)

Tebing Breksi berlokasi di Jl. Desa Lengkong, RT 02 RW 17, Gunung Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, D.I.Y. Tepatnya lagi, Tebing Breksi ini lokasinya berdekatan dengan Candi Prambanan.

Sebelum menjadi destinasi wisata, Tebing Breksi ini dulunya adalah bekas tambang bebatuan yang meruapakan sumber penghasilan dari warga sekitar. Batuan dari tambang tersebut berasal dari abu Gunung Api Nglanggeran saat erupsi beberapa puluh tahun yang lalu. Abu hasil erupsi tersedup mengendap menjadi lumpur dan mengeras menjadi batuan.

Namun, di tahun 2014 pertambangan ini dihentikan dan pada tahun 2015 Tebing Breksi ditetapkan sebagai destinasi wisata geoheritage di Yogyakarta. Pada saat pertama kali diresmikan, Tebing Breksi belum memiliki banyak spot-spot foto dan baru ada satu atau dua spot foto saja. Namun, seiring berjalannya waktu destinasi wisata Tebing Breksi Yogyakarta berubah menjadi destinasi wisata yang instagramable dan banyak sekali spot-spot foto yang menarik dan memacu adrenalin.

Baca Juga:

Beberapa spot foto yang menarik dan memacu adrenalin di destinasi wisata Tebing Breksi Yogyakarta

Beberapa Spot foto di salah satu puncak Tebing Breksi. (masterplandesa & dokumentasi pribadi/Mario Amarya)

Seperti yang sudah saya sampaikan di awal, ada banyak spot foto di Tebing Breksi yang menarik tapi cukup menantang. Cukup menantang dan memicu adrenalin, karena kalian harus menaiki tangga di salah satu puncak Tebing Breksi. Tangga tersebut juga menantang, karena selain melatih keseimbangan, juga melatih kekuatan otot terutama bagi yang gemuk. Saya yakin pasti kalian ngos-ngosan saat naik tangga tersebut.

Namun tidak apa-apa, karena demi mengabadikan momen di spot-spot foto tersebut. Jika kalian ingin foto di spot-spot tersebut kalian juga harus menaiki tangga kecil yang ada di beberapa spot. Setelah berhasil berada di atas spot-spot foto tersebut, barulah kalian bisa mengabadikan momen tersebut dengan selfie atau bisa meminta tolong teman untuk mengambil foto kalian.

Selain spot-spot foto yang menantang, dari atas tebing tersbut kalian juga bisa melihat penampakan sebagian kota Yogyakarta yang indah. Apalagi jika kalian mengunjungi Tebing Breksi saat malam hari, pastinya akan lebih indah dilihat dari atas puncak tebing Breksi.

Baca Juga: 

Berbagai event, harga tiket masuk, dan fasilitas lainnya

Amphiteater/ Tlatar Seneng, salah satu dai beberapa teater di area Tebing Breksi untuk pagelaran seni. Sumber: travelspromo

Selain sebagai destinasi wisata geografi, sejarah, dan alam, destinasi wisata Tebing Breksi Yogyakarta juga sering dipakai untuk event-event kesenian dan festival. Itu dikarenakan, di beberapa area Tebing Breksi terdapat panggung atau teater berbentuk lingkaran dengan dilengkapi juga tempat duduk bebatuan di area teater tersebut.

Salah satu panggung teater tersebut bernama amphiteater atau Tlatar Seneng. Panggung hiburan ini sering mengadakan beragam event, seperti tari-tarian, campursari, Perkusi,konser musik lokal, hingga Hadroh.

Jika kalian kelaparan saat menikmati konser maupun lelah menelusuri tebing, jangan khawatir. Ada berbagai warung makan dan stan-stan makanan dan minuman yang tersedia di sepanjang area Tebing Breksi. Harganya bermacam-macam dan bervariasi.

Selain itu, jika kalian lelah atau malas berkeliling Tebing Breksi dengan jalan kaki, kalian bisa menyewa jeep yang tersedia di area Tebing Breksi. Untuk harga tiket masuknya, bagi wisatawan lokal Rp. 10.000 per orang, untuk mancanegara Rp. 20.000 per orang, dan untuk parkir motor & mobil Rp. 2.000 & Rp 5.000.

Tebing Breksi mulai buka dari jam 07.00 pagi hingga pukul 21.00 malam. Fasilitas-fasilitas lainnya yang ada di Tebing Breksi adalah:

  • Toilet
  • Musholla
  • Area parkir yang luas
  • Warung dan stand makanan + minuman
  • Penyewaan Jeep

Buat kalian yang takut ketinggian, ada baiknya melawan rasa takut kalian dengan datang ke Tebing Breksi deh. Coba dulu untuk berada di satu puncak tebing dan rasakan sensasinya, pasti rasa takut kalian bakalan hilang.

Dan bagi yang ingin menurunkan berat badan, coba untuk naik turun beberapa kali di salah satu tangga puncak tebing. Dijamin kalian bakalan turun berat badannya. Itulah sekilas mengenai destinasi wisata Tebing Breksi Yogyakarta. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Berwisata dan Belajar Sejarah Benteng Vredeburg Yogyakarta, Dekat Dengan Malioboro

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *