Menelusuri Keindahan Alam Pantai Base-G Jayapura, Eksotisme Dari Timur Indonesia

Memiliki banyak pantai yang indah membuat Indonesia Timur memang layak dijadikan tempat yang wajib untuk dikunjungi, salah satunya bisa kamu dapatkan di Pantai Base-G Jayapura.


Pantai Base-G Jayapura (kompasiana/Dinda Vania Maheswari)

Indonesia timur memiliki banyak pantai yang indah, salah satunya Pantai Base-G Jayapura. Pantai Base-G ini berada di Tanjung Ria, Kota Jayapura. Karena berada di Tanjung Ria, Pantai ini juga kerap disebut dengan pantai Tanjung Ria.

Pantai Base G menjadi lokasi favorit untuk menyaksikan keindahan matahari tenggelam. Wisatawan dapat menyaksikannya sambil menikmati angin yang berembus dengan syahdu.

Lokasi dan Asal mula dinamakan pantai Base-G Jayapura

Pantai Base-G Jayapura (atourin)

Pantai Base-G dapat ditemukan dengan mudah bila kamu sudah berada di Kota Jayapura. Posisi Kota Jayapura yang memang berada tepat di pinggir pantai membuatnya memiliki akses yang mudah ke semua area pantai. Jadi bagi kamu datang dari luar kota, tak perlu ragu untuk bertanya saat sudah berada di Kota Jayapura, kamu akan mudah menemukannya.

Pantai Base-G dapat dikunjungi dengan mudah menggunakan semua jenis kendaraan, dengan kondisi jalan yang sudah beraspal. Apabila kamu mengambil patokan Bandara Sentani, waktu tempuh darat sekitar 1,5 jam, baik menggunakan kendaraan roda 2 ataupun lebih.

Nama Base-G berasal dari fungsi awal pantai ini, yaitu sebagai home base pasukan sekutu yang pada saat itu bernama Base-G Camp. Terjadi pada saat Perang Dunia ke-2. Base-G dijadikan tempat pengumpulan pasukan sekutu sebelum berperang dengan pasukan Jepang di Filipina. Karena cerita tersebutlah maka masyarakat sekitar lebih mengenal kawasan ini sebagai pantai Base-G dari pada nama aslinya sendiri yaitu pantai Tanjung Ria.

Baca Juga:

Keindahan alam Pantai Base-G Jayapura

Pantai Base-G Jayapura (labuancermin)

Pantai yang berhadapan langsung dengan wilayah Samudera Pasifik ini memiliki pemandangan yang asri. Di sekitar pantai kamu bisa melihat bukit yang dipenuhi rimbunnya pepohonan hijau. Meski berada di dekat kota, pepohonan di sekitar pantai masih terjaga kelestariannya. Aktivitas juga terasa ramai di dekat pantai. Posisi pantai yang berada di kota membuat aktivitas tak pernah sepi.

Walaupun masih berada di wilayah kota, pantai ini memberikan keindahan alam yang berbeda dibandingkan pantai-pantai lain di Jayapura. Salah satu keunggulan dari Pantai Base-G dibandingkan dengan pantai lain di sekitarnya adalah pantai ini memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih. wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai sambil berjalan tanpa menggunakan alas kaki untuk merasakan kehalusan pasir putihnya.

Gulungan ombak yang besar menambah indahnya suasana pantai. Jadi kamu harus tetap hati-hati saat akan berenang. Tapi tenang saja, ada beberapa tempat yang aman untuk berenang. Dasar laut di pinggir pantai yang rata dan ombak yang lebih kecil memungkinkan untuk siapa pun bisa berenang.

Baca Juga:

Banyak spot foto dan video yang menarik

Salah satu spot foto menarik di Pantai Base-G Jayapura

Untuk menambah koleksi foto, keindahan alam Pantai Base-G Jayapura di Papua ini tidak perlu diragukan, ada banyak foto dan video yang akan kamu bawa pulang. Keindahan pantai dengan pasir putih dan pepohonan kelapa yang berdiri rapi di sepanjang bibir pantai membuat tampilan yang indah untuk diabadikan.

Jika kamu ingin merasakan keindahan dan kedamaian pantai ini, maka kamu bisa datang pada saat pagi hari. Karena pada saat waktu tersebut pantai ini masih sepi dari pengunjung. Kamu bisa beristirahat sambil menikmati suara ombak dan angin pantai yang terus menemani sepanjang hari.

Memiliki banyak pantai yang indah membuat Indonesia Timur memang layak dijadikan tempat yang wajib untuk dikunjungi. Salah satunya bisa kamu dapatkan di Pantai Base-G Jayapura.

Namun sangat disayangkan, objek wisata Pantai Base-G ini kurang mendapatkan perhatian, terlihat dari banyaknya sampah dan juga pecahan botol minuman keras yang bertebaran di  pesisir pantainya. Belum lagi dengan biaya parkir dan bilas badan (mandi) yang sangat mahal dan tidak standar. Namun terlepas dari itu, Pantai Base-G Jayapura ini sangat indah dan eksotis.

Baca Juga: Pesona Pantai yang Cantik dan Eksotis, Inilah 8 Destinasi Wisata di Pulau Seribu


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *