5 Pantai Tersembunyi di Lombok, Tetap Cantik Walaupun Sunyi


Pantai Mawun, Pantai tersembunyi di Lombok

Jika kamu mendengar kata Lombok, Apa yang terbesit dalam benak kamu? Gunung Rinjani? Sirkuit Kuta Mandalika? Atau pantainya? Ya, Lombok sangat terkenal dengan destinasi wisata alam yang tak ada habisnya, terutama pantainya. Ternyata, banyak juga pantai tersembunyi di Lombok.

Keindahan alam Lombok sudah terkenal baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Maka tak heran bila setiap harinya banyak wisatawan memenuhi area pantai yang tersebar di beberapa titik wilayah Lombok.

Lombok memiliki puluhan pantai yang sangat indah dan nyaman, namun dari puluhan pantai yang tersebar di wilayah Lombok masih banyak yang belum diketahui terutama oleh wisatawan yang datang dari luar Lombok.

Berikut lima pantai tersembunyi di Lombok, yang masih jarang dikunjungi wisatawan dari luar Lombok.

1. Pantai Tomang Omang

Pantai Tomang Omang terletak di sebelah selatan Lombok Tengah. Banyak sekali pantai di bagian selatan Lombok Tengah, tetapi mayoritas wisatawan hanya tahu dan mengunjungi sebagian dari pantai-pantai yang sudah umum di selatan Lombok Tengah. Salah satunya yang paling terkenal adalah pantai Selong Belanak, karena akses, keindahannya, serta sudah diakui kecantikannya oleh wisatawan luar negeri. Tetapi di sebelah pantai Selong Belanak juga terdapat pantai Tomang-Omang, yang tidak kalah menariknya

Untuk menuju pantai Tomang Omang, diperlukan perjuangan yang cukup berat. Selain kurang terkenal, juga tidak ada petunjuk jalan yang tersedia membuat pantai ini agak sepi dan hanya beberapa wisatawan saja yang terlihat. Untuk mencapai lokasi pantai, kamu harus sering-sering bertanya pada warga sekitar agar tidak tersesat di area perkampungan, ladang, dan bukit di sekitar lokasi.

Walaupun pantai Tomang Omang memang tidak terkenal seperti pantai Selong Belanak, tetapi pemandangannya tidak kalah cantik. Selain masih sunyi dan indah, hamparan pasir putih di sepanjang garis pantai, pantai ini juga dikelilingi bukit, yang menjadikannya indah untuk dinikmati.

Di Pantai Tomang Omang ini, kamu tidak akan menemukan hotel, villa, restaurant, dan sejenisnya seperti pantai wisata pada umumnya. Kamu juga tidak akan menemukan warung kecil atau lapak penjual yang berjejer, tukang parkir. Yang ada hanya perkampungan, perkebunan, hewan ternak penduduk seperti kerbau sepanjang jalan setapak menuju lokasi.

Tidak adanya akses jalan menuju pantai ini, membuat kamu mesti menitipkan kendaraan kepada penduduk sekitar. Setelah itu, kamu akan berjalan sejauh beberapa meter melewati perkampungan penduduk untuk mencapai lokasi.

Baca Juga:

2. Pantai Karandangan

Pantai Karandangan (X/@liburanlokal)

Pantai Karandangan terletak di Jalan Senggigi, Lombok Barat. Karena terletak di pinggir jalan raya, pantai ini cukup banyak dikunjungi wisatawan.

Seperti pada umumnya pantai, Pantai Kerandangan memiliki ciri khasnya seperti pantai-pantai yang lain, seperti terdapat bebatuan yang dijadikan tempat untuk berfoto, melihat sunset, atau hanya untuk sekedar duduk sambil melihat laut luas. Selain itu ada fasilitas ayunan yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk bersantai.

Di waktu-waktu tertentu pantai ini layaknya pantai pribadi sehingga para wisatawan tidak akan terlalu terganggu dengan kehadiran banyak wisatawan. Para wisatawan juga dengan puas bisa mencari ikan hias dengan berbagai jenis dan warna di pinggir pantai yang bersembunyi di bebatuan yang tertutup oleh lumut hijau.

Di pantai Karandangan kamu bisa menemukan lapak-lapak penjual yang menjajakan berbagai macam makan. Dan yang menjadi ciri khasnya adalah ikan bakar. Di sekitar pantai Karandangan banyak sekali pohon kelapa yang berjejer dan wisatawan juga membeli kelapa segar baru dipetik di warung-warung kecil.

3. Pantai Mawun

Pantai Mawun (pantainesia)

Dikelilingi oleh perbukitan yang hijau dan indah membuat Pantai Mawun ini sangat layak masuk dalam daftar wisata pantai yang patut dikunjungi bila kamu datang ke Lombok. Selain menawarkan panorama perbukitan, pantai ini juga memiliki pasir lembut yang mampu membuat para wisatawan semakin terpesona. Keindahan yang dimiliki oleh Pantai Mawun tak hanya itu, perbukitan di sekitar bak seperti bingkai yang mengapit dua sisi dari pantai.

Tidak hanya menyajikan pasir putih, pantai ini juga menawarkan gradasi air laut yang indah untuk disaksikan. Hijau di tepian dan biru di tengah menjadi warna yang cantik untuk dipandang.

Jika dilihat dari atas, kamu bisa melihat Pantai Mawun seperti teluk besar yang di kedua sisi kiri dan kanannya terdapat bukit yang menyambung dari daratan. Jika dilihat secara teliti, tampak seperti bekas injakan kuda yang besar. Lengkungan bibir pantai menjadi salah satu tujuan para wisatawan karena pemandangan indahnya.

4. Pantai Sari Goang

Pantai Sari Goang (upiono)

Pantai Sari Goang terletak dalam area Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Tidak ada yang membantah akan keindahan Pantai Sari Goang ini. Selain karena tempatnya tersembunyi dan tak banyak diketahui, pantai Sari Goang ini juga diselubungi oleh gugusan tebing yang sangat memukau. Pesona alam yang indah di sini seperti Twelve Apostles Victoria di Australia. Pemandangan seperti ini jarang sekali ada, itulah yang menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Sari Goang.

Lokasinya yang tersembunyi membuat Pantai Sari Goang ini menjadi sangat istimewa seperti pantai pribadi, hening dan menenangkan. Dari sudut manapun pesonanya tetap indah. Jadi buat kamu yang suka foto tak akan ribet memilih angle manapun.

Selain itu kamu akan dimanjakan oleh birunya laut yang terdapat di pantai ini dan sangat bersih. Pantai ini sangat cocok bagi siapapun yang menginginkan pemandangan alam yang eksotis dan menginginkan ketenangan.

Baca Juga:

5. Pantai Malimbu

Pantai Malimbu (KSMtour)

Pantai Malimbu dikenal dengan ketenangannya, ombak yang kecil, juga pasir yang lembut. Selain itu terdapat deretan bukit-bukit yang indah dan hijau yang menjadi obyek foto favorit para wisatawan. Para wisatawan bisa menghabiskan waktu yang lama untuk memandang suguhan panaroma dari bukit Malimbu.

Pantai Malimbu memang sangat cantik dengan paronama alam yang masih alami. Terdapat bebatuan yang menjadi spot utama berfoto bagi para wisatawan yang datang ke pantai Malimbu ini. Pantai ini menyediakan kano bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi laut untuk menikmati ketenangan air laut di sekitar pantai.

Itulah lima pantai tersembunyi di Lombok. Bicara tentang wisata di Lombok, memang tidak akan ada habis-habisnya.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Lombok Yang Wajib Dikunjungi

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *