Mengenal 5 Makanan Khas Timur Tengah yang Menggugah Selera


Ilustrasi makanan khas Timur Tengah

Siapa yang tak mengenal makanan-makanan ala Timur Tengah? Pasti hampir rata-rata sudah tak asing dengan berbagai hidangan dengan bumbu rempah-rempah khas Timur Tengah. Perpaduan bumbu dengan protein seperti ayam atau kambing kerap kali menjadi sajian yang istimewa dan menggoyang lidah. Tak heran, jika banyak masyarakat kita yang juga bisa menerima rasa dari aneka masakan ala Arabian Night yang identik dengan bumbu yang kuat.

Makanan Timur Tengah yang dimasak dengan teknik ditambah bumbu tertentu pasti menghasilkan cita rasa yang berbeda daripada masakan nusantara. Penggunaan rempah pilihan dan penggunaan protein hewani juga salah satu faktor penentu dari rasa masakan Timur Tengah.

Beberapa jenis makanan khas Timur Tengah seperti daging kebab atau nasi kebuli mungkin sudah tidak asing di telinga, tetapi ada juga beberapa yang jarang diketahui.

Yuk, kita simak beberapa informasi menarik tentang makanan khas Timur Tengah yang menggugah selera dan tak kalah enaknya.

1.Sambosa Ayam Cincang

Sambosa isi ayam cincang, salah satu makanan khas timur tengah yang menggugah selera (pixabay.com/andics)

Sambosa sendiri mirip dengan pastel yang memiliki kulit renyah dan krispi dipadukan dengan isian di dalamnya. Sambosa berisi ayam cincang dengan bumbu khas Timur Tengah, juga dengan tambahan beberapa sayuran seperti daun bawang, bawang bombai, kentang, dan lain sebagainya. Biasanya sambosa dihidangkan untuk cemilan pagi atau malam sebelum menjelang makan pagi atau makan malam.

Baca Juga:

2.Tahini

Ilustrasi tahini dari wijen hitam (pixabay.com/malgorzatahaggu)

Tahini merupakan salah satu hidangan yang selalu ada di jamuan makanan khas Timur Tengah. Terbuat dari biji wijen yang haluskan kemudian disangrai, biasanya dibuat seperti selai atau saos.

Tahini atau tahina dimakan bersama dengan roti lafa atau roti maryam, tergantung selera masing-masing. Rasa tahini gurih dan sedikit sensasi pedas yang tipis. Tahini digunakan untuk olesan roti, bisa juga ditambahkan dengan keju olesan khas Timur Tengah.

3. Ful Medames

Ilustrasi ful dari kacang merah (pixabay.com/roymungez1)

Orang Timur Tengah khususnya di daerah Mesir dan sekitarnya sering menyebutnya “Ful” atau “Ful Medames”. Terbuat dari kacang merah yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah Timur Tengah yang pekat. Dimakan bersama dengan roti lafa atau roti maryam sebagai teman minum teh atau kopi. Ful biasanya disajikan sebagai opsi jika idak terlalu menyukai kudapan manis, karena ful memiliki rasa asin dan gurih.

4. Shakshouka

Ilustrasi shakshuka dengan topping keju (pixabay.com/Dustytoes)

Shaksouka atau orang lebih familiar dengan shakshuka adalah salah satu sajian yang selalu ada di hidangan khas Timur Tengah. Shaksouka dimasak dari telur yang ditumis orak-arik bersama bumbu lainnya, seperti bawang bombay, cabai, daun bawang, jintan putih dan tomat. Rasa masakan ini mirip dengan masakan Indonesia, hanya berbeda sedikit karena ada tambahan penggunaan jintan putih.

Baca Juga:

5. Hummus

Hummus dengan wijen (pixabay.com/Ajale)

Jika singgah ke negara seperti Turki, Arab, hingga Afrika pasti akan mengenal makanan hummus. Hummus terbuat dari tahini dicampur dengan kacang arab dan minyak zaitun. Biasanya humus disajikan dengan kentang yang sudah dikukus atau dipanggang sebelumnya. Rasa hummus cenderung tawar dan sedikit gurih, teksturnya mirip dengan bubur.

Beberapa informasi tentang makanan khas Timur Tengah yang menggugah selera di atas, bisa menjadi salah satu opsi ketika kamu berkunjung ke negara-negara Timur Tengah. Kamu bisa mencoba beberapa rekomendasi makanan Timur Tengah seperti yang ada di informasi di atas.

Makanan-makanan tersebut biasanya disajikan untuk para tamu atau sekedar jamuan makan sehari-hari sebagai pendamping makanan utama yang biasanya disajikan seperti nasi kebuli, nasi mandhi dan lain sebagainya.

Baca Juga: Lezatnya Nasi Goreng Mas Zaenal, Ada Bahasa Cinta di Setiap Suapan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *