Tempat Wisata di Penang? 6 Spot Kece ini Wajib Kamu Kunjungi

Jika kamu mengunjungi berbagai tempat wisata di Penang, akan disuguhkan beragam pesona wisata yang sangat menarik, mulai dari wisata alam, seni, budaya, hingga kuliner.


Mau traveling ke luar negeri, namun destinasinya hanya ingin yang dekat-dekat saja? Negeri jiran Malaysia bisa menjadi pilihanmu. Ada sebuah pulau  yang menyuguhkan beragam pesona wisata yang sangat menarik, mulai dari wisata alam, seni, budaya, hingga kuliner.

Pulau itu bernama pulau Pinang atau sering  dikenal dengan sebutan Penang. Destinasi wisata mana saja yang recommended di Penang?

Berikut tempat wisata di Penang paling hits yang wajib kamu kunjungi ketika traveling di sana.

1. Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si Temple (dok. pribadi/desy)

Terletak di Air Itam, Kek Lok Si Temple menjadi kuil Buddha terbesar dan termegah se-Asia Tenggara. Kuil ini dibangun pada tahun 1891 dengan arsitektur yang spektakuler serta didominasi ornamen warna merah.

Kek Lok Si Temple bukan hanya pusat budaya Tiongkok dan ajaran Buddha, tetapi juga merupakan khazanah warisan leluhur. Kuil Buddha Mahayana ini memiliki ritual tradisional Tiongkok. Kuil ini memiliki tempat untuk melakukan pemujaan sehari-hari. Desainnya arsitektur kuil yang sangat  harmonis tidak bisa dilewatkan ketika kita mengunjungi Penang. Karena areanya yang sangat luas, pastikan kamu membawa bekal air minum yang cukup.

Baca Juga:

2. Wonderfood Museum

Berpose bersama miniatur makanan berukuran jumbo (dok. pribadi/desy)

Berlokasi di Lebuh Pantai kawasan George Town, Wonderfood Museum menawarkan wisata kuliner visual yang memanjakan mata para pengunjungnya. Selain menampilkan miniatur budaya gastronomi masyarakat lokal, museum ini juga menyuguhkan replika makanan yang sangat informatif dan edukatif.

Di museum ini, kamu bisa menemukan sederet replika makanan khas lokal. Replika makanannya dibingkai dalam sebuah kotak kaca, ditempel di dinding atau didesain di dalam sebuah ruangan. Hal menarik yang bisa kamu lakukan adalah berfoto dan berpose bersama replika berbagai jenis makanan berukuran jumbo, sehingga menghasilkan foto yang estetik dan instagramable.

3. Penang Street Art

Salah satu mural yang ada di Penang Street Art (dok. pribadi/desy)

Satu lagi spot favorit yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Penang, yaitu Penang Street Art. Terletak di sebuah kawasan kecil di George Town yang dipenuhi oleh lukisan-lukisan mural yang sangat indah sekaligus artistik. Mural-mural indah tersebut hasil goresan tangan seniman asal Lithuania yaitu Ernest Zacharevic.

Hasil karyanya bisa kamu jumpai pada tembok-tembok di sepanjang jalan dan gang kawasan tersebut. Nilai plusnya kita bisa menikmati keindahannya tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

4. Clan Jetties

Pintu masuk menuju Dushan Lee Jetty, salah satu kampung terapung Clan Jetties.(dok. pribadi/desy)

Clan Jetties adalah sebuah pemukiman tradisional di atas air yang didirikan oleh imigran Tiongkok yang datang ke Malaysia sekitar dua abad silam lalu, dan masih bertahan hingga sekarang. Berlokasi di Pangkalan Weld, George Town, pemukiman ini dinobatkan sebagai situs warisan dunia kategori living heritage oleh UNESCO pada 2008.

Kamu bisa berkeliling secara gratis di desa terapung ini, untuk melihat-lihat rumah papan tempo dulu yang unik dan khas. Untuk mendapatkan pemandangan paling indah, datanglah ke sini pada sore hari menjelang petang. Gemerlap lampu-lampu di setiap rumah akan menambah kesan dramatis suasana petangmu sambil berswafoto di dermaga.

5. Penang Peranakan Mansion

Penang Peranakan Mansion.(dok. pribadi/desy)

Bagi penggemar wisata sejarah, destinasi yang berada di Lebuh Gereja kawasan George Town ini wajib dikunjungi. Bangunan yang pernah dijadikan lokasi syuting filmCrazy Rich Asian’ ini awalnya merupakan rumah mewah milik orang kaya peranakan, Kapitan Chung Keng Wee, yang dibangun sekitar akhir abad 19. Oleh pemerintah Malaysia, bangunan tua dua lantai tersebut kemudian direnovasi dan dijadikan destinasi wisata.

Memasuki ruang demi ruang bangunan Penang Peranakan Mansion, kamu seolah-olah sedang dibawa ke masa ketika sang kapitan masih hidup dengan segala kemewahannya. Ada lebih dari seribu barang berharga di dalamnya, di antaranya mesin jahit warna emas, guci-guci antik, keramik-keramik kristal, serta koleksi pakaian keluarga besar sang kapitan.

Baca Juga:

6. Penang Peranakan Mansion Gurney Drive

Salah satu penjaja makanan di pusat kuliner Gurney Drive. (dok. pribadi/desy)

Tak lengkap rasanya berwisata ke Penang tanpa mencicipi kuliner khasnya. Salah satu pusat kuliner yang cukup terkenal di sana adalah kawasan Gurney Drive. Di kawasan ini kamu tak perlu khawatir, karena kompleks penjaja makanan halal dan nonhalal dibuat secara terpisah.

Kamu bisa mencoba berbagai jenis makanan lokal, seperti pasembur, asam laksa, char koay teow, wanton mee, fried oyster, rojak, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa spot kece tempat wisata di Penang yang wajib kamu kunjungi, jika kamu travelling ke Penang, Malaysia. 

Baca Juga: Kebun Raya Cibinong, Destinasi Eduwisata Tersembunyi di Bogor

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Explorer

Suka menulis dan jalan-jalan

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *