Kalahkan Brunei Darussalam, Timnas Indonesia Lolos ke Round 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026


BekelSegoTim Nasional (Timnas) Indonesia telah menjalani laga leg pertama melawan Brunei Darussalam pada Kamis malam (12/10) di Stadion Gelora Bung Karno. Pada laga tersebut Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan telak dengan skor 6-0.

Total keenam gol tersebut dicetak oleh tiga orang berbeda, diantaranya oleh Dimas Drajad, Rizky Ridho, dan Ramadhan Sananta. Pada laga ini Dimas Drajad sukses mencetak gol hattrick pada menit ke-7, 72 dan 90.

Jika dilihat dari statistik di laga leg pertama, skuad Garuda unggul jauh dari skuad asuhan Mario Rivera. Timnas Indonesia sukses menguasai posession sampai 85%, dan berhasil menciptakan 26 tendangan, dengan rincian 12 tendagan ke arah gawang.

Untuk laga leg kedua, Timnas Indonesia dijadwalkan melakukan away ke Stadion Sultan Hassanal Bolkiah di Brunei Darussalam yang diselenggarakan pada Selasa malam (17/10).

Sebelumnya pada sesi press conference, Shin Tae Yong (STY) selaku sang juru latih Timnas Indonesia memberikan penjelasan mengenai pendapatnya soal laga leg kedua melawan Brunei Darussalam.

”Besok kami akan melakukan yang terbaik, tetapi sebenarnya kami fokus di pertandingan grub di bulan November nanti. Kita akan melakukan pertandingan yang kita inginkan besok. Ada rotasi pemain dan taktik yang tidak begitu banyak untuk laga besok.” Tuturnya.

Baca Juga:

Sesuai dengan pernyataan yang dia lontarkan, STY langsung memainkan skuad terbaiknya di laga kedua melawan Brunei Darussalam, pada laga ini pelatih asal Korea Selatan itu juga merotasi beberapa pemain asuhannya.

Kesebelasan utama Timnas Indonesia diantaranya diisi oleh Ernando Ari, Sandy Walsh, Rizky Ridho, Fachruddin, Shayne Pattynama, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Dendy Sulistiawan dan Hokky Caraka.

Sejak menit pertama pertandingan Timnas Indonesia sudah aktif melakukan serangan. Tak butuh waktu lama, baru 5 menit berjalannya laga, striker muda Timnas Indonesia bernama Hokky Caraka sukses membobol gawang Brunei Darussalam.

Setelah gol pertama tercipta, Timnas Indonesia tetap aktif melakukan serangan, terbukti beberapa peluang berbahaya terjadi, salah duanya lewat tendangan dari Dendy Sulistiawan dan Shayne Pattynama, akan tetapi kedua peluang itu masih bisa diselamatkan oleh kiper Brunei Darussalam.

Gol kedua baru tercetak pada menit ke-41 lewat tendangan Egy Maulana Vikri. Tiga menit setelah itu, Hokky Caraka kembali berhasil membobol gawang tim lawan pada menit ke-44. Skor 3-0 bertahan sampai menit akhir babak pertama pertandingan.

Babak kedua pertandingan berjalan relatif sama, Timnas Indonesia tetap menguasai pertandingan, pundi-pundi gol juga kembali sukses dicetak oleh Timnas Indonesia.

Witan Sulaiman menorehkan gol  pada menit ke-47 melalui titik pinalti. Setelah itu, bek Persija bernama Rizky Ridho kembali berhasil menorehkan gol pada menit ke-64.

Baca Juga:

Sekitar 20 menit setelahnya, Ramadhan Sananta sukses mencetak gol pada menit ke-82, gol tersebut merubah skor menjadi 6-0 bagi keunggulan Timnas Indonesia.

Dengan hasil ini berarti Timnas Indonesia meraih kemenangan dengan skor yang sama seperti pada leg pertama, kabar baiknya poin Timnas Indonesia bertambah sekitar 17 poin, dan rank Indonesia untuk sementara naik ke rank ke-145 FIFA.

Kemenangan 12-0 Timnas Indonesia atas Brunei Darussalam memastikan Indonesia lolos ke babak round 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pada babak selanjutnya Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam, Irak dan Filipina.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tentang Sepak Bola Eropa


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *