5 Tips Diet Untuk Golongan Darah B


Ilustrasi diet golongan darah B (pixabay.com./silviarita)

Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan bagi setiap orang. Mulai dari yang muda hingga tua, semuanya tentu ingin memiliki kondisi tubuh yang baik agar jauh dari penyakit. Apa lagi dengan adanya fakta bahwa biaya pengobatan pada masa kini sangat mahal, maka tidak sedikit tuh, dari mereka yang berusaha keras untuk menerapkan pola hidup sehat.

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, ada banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat. Mulai dari olahraga rutin, yoga, hingga mengatur pola makan (Diet).

Pola diet setiap orang bisa berbeda-beda tergantung kebutuhan tubuhnya dan golongan darah. Sehingga jika pola diet tidak sesuai kebutuhan maka hasil yang didapat kurang sempurna atau malah bisa gagal. Untuk anda yang bergolongan darah B, ada beberapa tips diet untuk golongan darah B yang bisa anda terapkan antara lain;

1. Konsumsi makanan berprotein tinggi

Darah B bisa dikatakan sebagai golongan darah yang diturunkan oleh kelompok pengembara atau nomad yang mencari sumber makanan dari perburuan di alam liar. Sehingga pemilik golongan darah B terbiasa mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti kambing, domba, dan sapi.

Sementara untuk makanan dari laut, golongan darah B sebaiknya makan ikan jenis Salmon, Makarel, Kod, dan Sarden. Selama makanan berprotein tinggi ini dikonsumsi dengan jumlah yang tepat, maka sumber protein ini dapat membantu metabolisme tubuh golongan darah B.

2. Konsumsi sayuran serba hijau

Golongan darah B harus lebih jeli lagi nih dalam mengonsumsi sayuran, supaya asupan vitamin yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi tubuh. Untuk golongan darah B sangat disarankan untuk banyak mengonsumsi sayuran hijau per harinya.

Jenis sayuran hijau yang baik untuk golongan darah B yaitu kubis brussels, kale, sawi-sawian, daun buah bit, dan sawi hijau. Sayuran hijau adalah menu sayur yang tepat untuk diet golongan darah B.

Baca Juga: 

3. Makan kacang-kacangan dan biji-bijian

Jika anda golongan darah B yang sedang diet tapi ingin ngemil di tengah hari, maka sebaiknya makanlah kacang-kacangan seperti kacang mete, kacang almond, dan kacang tanah. Selain itu anda juga bisa makan olahan biji-bijian seperti bubur kacang hijau, bubur gandum, oatmeal, dan kue beras sebagai makanan alternatif.

Namun jika anda tidak menyukai makan kacang secara langsung, anda yang memiliki golongan darah B tetap bisa mengonsumsi produk susu antara lain; susu kedelai, susu oatmeal, dan susu kacang almond.

Baca Juga:

4. Jaga asupan sumber karbohidrat

Anda yang bergolongan darah B tidak perlu khawatir dengan tidak akan mendapatkan sumber karbohidrat. Sumber karbohidrat akan tetap anda dapatkan selama menjalani diet golongan darah B. Sebagaimana kandungan glukosa dalam karbohidrat bermanfaat sebagai sumber energi tubuh Anda.

Sebagai golongan darah B, sumber karbohidrat bisa anda dapatkan dari shirataki, beras merah, beras hitam, pasta, beras putih, kentang, umbi-umbian atau beras basmati. Selama anda bisa menjaga jumlah asupan yang cukup, maka program diet anda akan berhasil.

5. Tetap konsumsi buah-buahan

Sebagai pemilik golongan darah B, ada beberapa jenis buah-buahan yang bisa anda makan saat sedang menjalani diet untuk golongan darah B. Buah-buahan ini dinilai memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan golongan darah B.

Buah-buahan yang bisa golongan darah B konsumsi saat diet yaitu nanas, strawberry, blueberry, anggur, plum, dan pepaya. Buah-buahan jenis ini bisa anda konsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus segar dengan tetap memerhatikan takaran gulanya.

Inilah lima tips diet untuk golongan darah B,  Semoga dengan tips ini bisa membantu program diet anda lebih baik dan sukses.

Baca Juga: 5 Tips Meminimalisir Naiknya Kolesterol dan Tekanan Darah Pasca Liburan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *