Film Unlocked: Kejahatan Teknologi yang Creepy dan Bikin Parno!


Film Unlocked

Bagi kalian para pecinta film maupun drama korea, pasti udah gak asing dengan film persembahan dari Netflix yang berjudul Unlocked? Film ini adalah film yang bergenre thriller-mistery dan dirilis pada tanggal 17 Februari 2023 lalu. Film Unlocked ini berkisah tentang kehidupan seorang wanita biasa yang menjadi korban stalking oleh seorang pria.

Walaupun negara ginseng sering mengangkat banyak film maupun drama bergenre thriller namun ternyata film unlocked berusaha menyuguhkan sesuatu isu yang sedikit berbeda daripada genre thriller pada umumnnya. Tentu saja walaupun sedikit unik dan berbeda daripada biasanya namun bagiku film ini dapat menyajikan isu menarik khususnya terkait pemanfaatan teknologi pada zaman ini, budaya perundungan ataupun tentang kepercayaan kepada orang-orang disekitar kita.

Sebagai seorang pecinta film maupun drama korea pada awalnya saya memang sedikit ragu untuk menonton film persembahan Netflix yang satu ini. Hal ini dikarenakan alasan klise saya takut film ini sama saja dengan film-film korea thriller pada umumnya yang berputar dicerita itu-itu saja.

Namun pada akhirnya setelah melihat berbagai banyak ulasan di media sosial akhirnya walau sedikit terlambat saya tetap memberanikan diri untuk menonton film thriller yang satu ini.

Sinopsis Film Unlocked

Pada dasarnya seperti kebanyakan film pada umumnya, film Unlocked mengisahkan kehidupan pemeran utamanya. Dalam film ini secara detail membahas kehidupan seorang wanita bernama Lee Na Mi. Dia adalah seorang pegawai di salah satu perusahaan kecil yang baru mulai merintis.

Lee Na Mi sendiri adalah seorang wanita yang pekerja keras dan sibuk, namun dibalik kerja kerasnya ia juga punya sifat ceroboh. Kecerobohannya bermula saat handphone nya tertinggal di dalam bus saat perjalanan pulang. Ketika ia merasa senang karena berhasil menemukan ponselnya, ia justru terjebak dan perlahan-lahan hidupnya mulai terancam karena ada seseorang yang mencoba mengontrolnya lewat spyware yang dipasang lewat handphone Nami dan terhubung dengan semua data pribadi dan bahkan ke akunnya media sosialnya.

Di saat itulah membuat Na Mi seolah mulai memposting atau mengirim sesuatu yang membuatnya dibenci rekan kerja, teman-teman bahkan sahabat terdekatnya. Saat hidupnya mulai berantakan, Na Mi akhirnya mulai tersadar bahwa seorang pria bernama Jun Yeong yang mulai mendekatinya baru-baru ini, adalah dalang dibalik semua teror yang dialaminya.

Cukup menarik bukan? Langsung saja kalau begitu ini ulasan-ulasan yang akan saya berikan untuk film ini!

Baca Juga:

Diperankan oleh bintang ternama asal Korea Selatan

Sebagai seorang pecinta drama, tak munafik bila saya terlebih dahulu melihat bintang yang beradu skill akting dalam film ini. Aktor Im Si Wan yang dikenal dengan aktingnya sebagai spesialis psikopat, membuat saya semakin mantap untuk menonton film ini. Menurut saya, akting Im Si Wan sebagai Jun Yeong sangat bagus. Im Si Wan dengan sukses mampu membawakan peran sebagai laki-laki misterius yang tak punya banyak ekspresi. Bahkan Im Si Wan berhasil menampilkan suasana creepy yang bikin merinding saya sebagai seorang penonton.

Sedangkan, Chun Won Hee, yang berperan sebagai Na Mi, mampu menampilkan suasana yang relate dengan karakternya sebagai seorang perempuan biasa yang tak banyak mengerti tentang teknologi namun harus menghadapi Jun Yeong si stalking yang berusaha menghancurkan hidupnya. Tak mengherankan apabila saya menyebut salah satu hal yang menarik dari film ini adalah karena diperankan oleh bintang ternama, yang mampu membawakan setiap karakter dengan baik.

Dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi

Seperti yang sudah saya bahas, dalam film ini penonton akan diajak mengambil banyak nilai positif maupun negatif dari adanya kemajuan teknologi. Hal ini berusaha ditampilkan oleh film ini ketika sang peran utama yakni, Na Mi yang berprofesi sebagai markerter, banyak menggunakan social media dan kecanggihan teknologi untuk bekerja.

Sebaliknya, Jun Yeong yang sangat mumpuni dalam bidang kemajuan teknologi, justru menggunakannya untuk stalking, menjebak para korbannya, dan memanfaatkannya dalam kejahatan.

Dalam film Unlocked ini, kita bisa belajar agar lebih aware untuk menggunakan kemajuan teknologi serta lebih jeli untuk melindungi data pribadi kita.

Baca Juga:

Berani melawan kejahatan

Dalam film Unlocked ini, banyak isu yang diangkat seperti fenomena paket palsu, revenge porn, peretasan penyimpanan pribadi, peretasan handphone dan social media, dan masih banyak lagi yang dikumpulkan menjadi satu. Namun dari semua bahaya teknologi yang menyebabkan berbagai macam kejahatan, kita bisa mengambil sebuah pesan moril bahwa semua itu bisa dilawan.

Hal itu yang menjadi salah satu ulasan menarik yang bisa dipetik dari film fenomenal ini. Cara karakter Na Mi yang penuh ketakutan namun punya tekad kuat untuk menghadapi Jun Yeong juga menjadikan film ini semakin menarik.

Dari film Unlocked ini, kita bisa belajar bahwa kita harus lebih aware untuk menghadapi kemajuan teknologi. Tak lupa kita juga harus lebih aktif untuk melindungi hal-hal yang penting bagi kita seperti data pribadi, akun sosial media yang menjadi banyak incaran para penjahat di luar. Selain itu, film ini juga mengajarkan kita untuk tak mudah percaya pada orang lain, karena pada akhirnya hanya diri sendirilah yang bisa kita andalkan.

Ulasan-ulasan diatas adalah hal-hal yang saya dapatkan ketika menonton film Unlocked yang creepy dan bikin parno ini. Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk menontonnya? Bagi kalian yang tertarik menontonnya bisa nonton lewat aplikasi Netflix!

Baca Juga: Jalan-jalan ke Vietnam, Review Film A Tourist’s Guide to Love (2023)

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *