5 Hal Ganjil dari Film Malum (2023), Remake Lebih Baik dari Pendahulunya

Film Malum (2023) adalah film horror yang menawarkan keganjilan pikiran


Halo, sinepil. Kalian suka dengan film horor? Apalagi kalau film horor tersebut mengangkat tema pemujaan setan (cult) dan sekte aneh?

Film yang akan saya review ini bisa jadi cocok untuk kalian tonton. Kali ini saya akan memberikan alasan dan ulasan untuk film Malum (2023). Sebuah film horor supranatural tentang pemuja setan dan film ini adalah remake dari film berjudul Last Shift yang rilis tahun 2014.

1. Simbol aneh yang muncul di banyak tempat

cuplikan film Malum (dok. Welcome Villain Films/Malum)

Malum (2023) adalah film horor tentang sekelompok orang yang memuja sebuah sosok misterius. Sosok misterius ini adalah sosok iblis yang merasuki seorang karakter bernama John Malum (diperankan oleh Chaney Marrow).

Iblis ini memiliki sebuah simbol sebagai identitas. Simbol tersebut seperti sebuah pasak dengan gambar bintang terbalik di puncaknya atau pentagram terbalik. Kemudian, diketahui simbol tersebut memiliki nama The Temple Baron.

Simbol ini muncul di sepanjang film. Penonton bisa menemukannya di beberapa adegan seperti di punggung seekor babi, di dinding bangunan, di kertas, di foto, ukiran kayu, dalam bentuk patung, dan lainnya.

2. Gadis-gadis yang hilang secara misterius

cuplikan film Malum (dok. Welcome Villain Films/Malum)

Alur cerita film Malum (2023) berkisah tentang seorang wanita bernama Jessica Loren (diperankan oleh Jessica Sula). Jessica adalah seorang polisi baru di kota tersebut. Dia menjadi polisi dengan motivasi untuk mencari tahu penyebab dari peristiwa berdarah yang terjadi di kantor polisi setempat di mana ayahnya juga terlibat.

Peristiwa itu berawal dari sebuah kasus wanita yang hilang. Awalnya laporan yang masuk hanya satu, tetapi bertambah hingga lebih dari tiga orang. Will Loren (diperankan oleh Eric Olson), ayahnya Jessica, adalah kapten di kantor polisi tersebut dan menangani kasus misterius wanita yang hilang.

Penyelidikan Will mengarah pada sebuah kelompok ganjil yang dipimpin oleh John Malum. Kelompok tersebut bernama The Flock.

The Flock menculik wanita-wanita untuk dijadikan korban ritual. Wanita tersebut akan diikutkan dalam sebuah ritual aneh sebagai tumbal untuk iblis Malum. Tidak hanya itu, tubuh wanita tersebut kemudian dijadilan pakan babi sebagai bentuk akhir ritual.

Will berhasil menemukan para wanita yang diculik, namun dia tidak berhasil menyelamatkan semuanya. Karena merasa bersalah dan mengalami depresi, Will melakukan sebuah tindakan mengerikan. Dia membunuh orang-orang di kantor polisi dalam sebuah kegilaan sebelum akhirnya Will mengakhiri hidupnya.

Jessica merasa ada yang ganjil dengan insiden ayahnya, dia kemudian memutuskan untuk menjadi polisi dan mencoba mencari tahu apa yang terjadi pada ayahnya.

Sebagai penonton, saya dibuat ngeri dengan ritual yang dilakukan oleh kelompok The Flock. Terutama bagian menyiksa wanita yang dijadikan tumbal dan kemudian dijadikan pakan babi. Itu gila sih. Serem.

Baca Juga:

3. Rapalan aneh oleh orang-orang

cuplikan film Malum (dok. Welcome Villain Films/Malum)

Selain melakukan ritual, kelompok The Flock juga memiliki semacam nyanyian dan semacam mantra aneh. Para anggota The Flock yang muncul di dalam film selalu merapalkan atau mengutip mantra tersebut. Bahkan, beberapa kali terdengar melalui radio.

Bagian adegan para anggota kelompok The Flock yang merapal semacam mantra menambah keseraman film ini. Atmosfer film menjadi lebih mencekam dan mengerikan. Saya yang menonton merinding setiap kali bagian rapalan mantra yang ditambah adegan mengerikan di film berlangsung.

4. Hewan babi yang muncul secara misterius

Babi hadir di film Malum. (dok. Welcome Villain Films/Malum)

Di film Malum (2023) selalu muncul hal-hal seputar babi. Sosok hewan babi, suara babi, atau panggilan oleh para anggota kelompok The Flock kepada korban mereka dengan julukan babi.

Saya sendiri masih bingung makna babi di film dan kenapa film ini menggunakan babi dan menjadi bagian dari film. Tetapi, babi memiliki banyak makna di berbagai kebudayaan.

Dalam mitologi, secara negatif babi merupakan simbol kerakusan dan kekotoran. Babi mewakili sifat negatif manusia yaitu rakus dan selalu berbuat dosa. Namun, ada juga simbol dari sisi positif. Babi dalam arti positif sebagai simbol makmur, sejahtera, dan panjang umur.

Di film ini, hewan babi di adegankan memangsa korban ritual. Ibaratnya, babi karena kerakusannya akan melahap dosa yang diperbuat manusia untuk dijadikan sebagai kekuatannya. Kekuatan iblis yang hadir dalam film ini.

Baca Juga:

5. Suara dan penampakan yang sulit dijelaskan

cuplikan film Malum (dok. Welcome Villain Films/Malum)

Malum (2023) adalah tipe film yang membuat atmosfer cerita menjadi mengerikan, mencekam, dan aneh melalui adegan-adegan ganjil yang ada. Terutama yang dilakukan oleh kelompok The Flock.

Tetapi, film tidak meninggalkan hal dasar dalam sebuah film horor. Musik latar, efek suara, dan penampakan berupa jump-scare masih ada di film ini.

Mungkin untuk sebagian orang, sebuah film yang menakuti penonton dengan cara dikagetkan oleh kemunculan dadakan suatu objek adalah sebuah film yang buruk karena tidak ada kreatifitas. Tetapi, film ini menggunakan elemen tersebut sebagai ‘bumbu penyedap’ yang meningkatkan nuansa horor yang telah tercipta, bukan elemen utama film. Sutradara sukses memanfaatkan elemen tersebut sebagai pendukung cerita.

Dalam cerita, bangunan kantor polisi tersebut sudah tua dan akan ditinggalkan. Bangunan tersebut sudah tidak ada aktivitas. Jessica bekerja di sana sebagai polisi yang menjaga gedung tersebut dalam masa perpindahan ke kantor baru dan gedung tersebut sudah mulai berjamur.

Dari penyataan salah satu rekan polisi Jessica, jamur tersebut dapat menyebabkan halusinasi dari spora yang dikeluarkan. Korban akan melihat hal-hal aneh dari halusinasi tersebut.

Di cerita, Jessica akhirnya pergi ke bagian gedung yang telah berjamur sangat parah. Mulai setelah itu, Jessica mulai mengalami hal ganjil seperti melihat sesuatu dan mendengar sesuatu. Sutradara memanfaatkan elemen musik latar, efek suara, dan jump-scare untuk menciptakan adegan cerita Jessica yang melihat dan mendengar hal ganjil. Hal ini membuat penonton mempertanyakan kejadian tersebut nyata atau tidak.

Meski ini bukanlah hal baru. Sutradara berhasil memanfaatkannya dengan baik sehingga film ini menjadi unik dengan caranya sendiri. Rating dari saya untuk film Malum (2023) adalah 6/10 ekor babi mengerikan yang memakan manusia. Sakian, kalian bisa coba tonton dan rasakan sendiri pengalaman mengerikan nan ganjil dari film ini.

Baca Juga: 5 Hal Menarik dari Film Sisu (2023), Diharapkan Jadi Penerus John Wick

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *