Destinasi Wisata Dusun Semilir Eco Park Semarang, Berkeliling Sambil Kulineran


Destinasi wisata Dusun Semilir

Apakah kalian sudah pernah mendengar atau melewati daerah Bawen? Jika belum pernah mendengar atau melewati daerah tersebut, simak penjelasan ini baik-baik ya.

Bawen adalah sebuah daerah di Kabupaten Semarang dan merupakan salah satu daerah yang sering dilewati bila ingin pergi ke Semarang atau Ungaran jika tidak melewati jalan tol. Nah, di Bawen ada salah satu destinasi wisata yang instagramable dan paling populer di Jawa Tengah. Tempat tersebut adalah Destinasi wisata Dusun Semilir Eco Park Semarang.

Lokasi dan Profil Singkat

Dusun Semilir Eco Park, Bawen, Jawa Tengah. Sumber: Facebook (Dusun Semilir Official)

Destniasi wisata Dusun Semilir Eco Park Semarang, berlokasi di Jl. Soekarno Hatta No. 49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dusun Semilir ini sebenarnya sudah buka pada 28 Mei 2019, namun grand openingnya baru dilakukan tahun ini, yaitu pada 8 Januari 2023.

Pada saat baru dibuka 4 tahun yang lalu, Dusun Semilir baru memiliki beberapa objek destinasi dan beberapa pusat kuliner. Namun, setelah pembangunan selesai, akhirnya semua wahana dan objek di Dusun Semilir bisa dikunjungi dan dinikmati oleh para wisatawan. Dusun Semilir ini mengusung tema one stop destination, jadi bagi kalian yang berkunjung ke sini, dijamin puas dan bebas memilih objek mana yang akan dikunjungi.

Baca Juga:

Keindahan dan sejuknya dusun semilir

Dusun Semilir saat malam hari. Sumber: Facebok (Dusun Semilir Official)

Namanya saja Dusun Semilir, pasti saat berada disini berharapnya kena semilir angin atau mendapatkan kesejukan, bukan? Tentu saja. Saat berada disini dan mengelilingi berbagai objek, kalian tidak akan kepanasan dan akan selalu mendapatkan hembusan angin yang sejuk dan segar.

Selain itu, saat kalian keluar dari jalur suvenir (jalur utama saat memasuki pintu masuk), kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa dari beberapa objek dan spot yang ada di Dusun Semilir. Baik di pagi hari maupun malam hari, keindahan semua objek dan spot tersebut tidak pernah luntur dan selalu cantik. Jadi, Dusun Semilir ini istimewa sekali deh buat kalian.

Beberapa spot menarik dan wahana permainan yang seru

Ada berbagai wahana permainan yang seru dan juga berbagai spot foto yang menarik dan instagramable yang wajib kalian kunjungi dan kalian coba. Berikut wahana dan spot foto tersebut.

1. Perosotan Pelangi

Perosotan pelangi, salah satu wahana yang menjadi icon Dusun Semilir. (Facebook/Dusun Semilir official)

Wahana yang satu ini wajib banget untuk kalian coba bagi yang suka tantangan. Perosotan pelangi ini tingginya 30 meter, cocoklah bagi kalian yang suka tantangan yang memacu adrenalin. Saat kalian meluncur di perosotan ini, kalian akan merasakan sensasi yang luar biasa dan atmosfer yang berbeda dengan meluncur di seluncuran lain pada umumnya.

 

2. Alun Eropa

Alun Eropa Dusun Semilir. (acebook /Dusun Semilir official)

Spot yang satu ini menghadirkan miniatur dan pemandangan bak negeri Eropa. Di sini, kalian disuguhkan dengan bangunan-bangunan khas Eropa yang desainnya terinspirasi dari negara Prancis, Italia, dan Inggris.

Jika kalian malas berjalan kaki untuk berkeliling dan berfoto di Alun Eropa ini, kalian bisa berkeliling menggunakan perahu gondola atau trem yang sudah disediakan. Sepanjang kalian menyusuri, kalian juga akan melihat rumah-rumah ala Eropa yang megah dan berwarna cerah. Jika kalian menggunakan trem, kalian juga akan melihat beberapa pot dengan bunga yang indah di sepanjang jalan.

3. Alas Tirta

Alas Tirta. (Facebook/Dusun Semilir official)

Spot yang satu ini mengusung tema hutan hujan tropis. Saat kalian mengunjungi Alas Tirta, kalian juga akan melihat patung orang dengan dua tangan menengadah yang sangat ikonik. Memang tampilan dari Alas Tirta ini mirip seperti hutan Amazon yang ada di Brazil. Tapi jangan khawatir, tidak ada hewan berbahaya kok di Alas Tirta ini.

4. Banyu Biru

Banyu Biru (Facebook/Dusun Semilir official)

Spot ini adalah pantai buatan dengan patung wanita yang mirip seperti di film Moana. Air yang ada di Banyu Biru ini sangatlah jernih dan bersih sekali. Di sini kalian bisa bersantai layaknya seperti di pantai sungguhan. Dan di tepi pantai buatan ini ada beberapa pohon kelapa yang megah dan menjulang.

Kulineran di Dusun Semilir

Beberapa stand kuliner di Dusun Semilir (Facebook/Dusun Semilir official)

Jika kalian lelah dan sudah bosan berkeliling di beberapa objek dan sudah merasa lapar, jangan khawatir. Di sepanjang jalur terdapat berbagai stan makanan dan minuman beraneka ragam yang bisa kalian beli. Ada boba, ice cream, kebab, dll.

Jika kalian masih belum kenyang dan masih merasa haus, kalian bisa mengunjungi Sepoi-Sepoi Food Court. Di Sepoi-Sepoi Food Court, kalian bisa bebas memesan dan memilih makanan apa saja yang kalian inginkan. Kedai maupun warung makan yang ada di food court ini sebagian besar adalah outlet dari beberapa cabang yang ada di berbagai wilayah Jawa Tengah, seperti misalnya Super Penyet, Soto Kudus Mbak Lin, dan beberapa warung lainnya.

Harganya pun beragam dan makanan serta minumannya pun juga beraneka macam. Rasanya juga pasti lezat dan mengenyangkan. Kalian bakalan puas dan bingung deh kalau makan di sini. Stan makanan dan minuman yang ada di Dusun Semilir tak hanya terletak di jalur setelah pintu masuk saja, namun juga tersedia dia setiap sudut area yang berdekatan dengan wahana permainan dan juga jalur kereta wisata.

Baca Juga:

Berbagai event, harga tiket masuk, dan fasilitas lainnya

Salah satu event dan festival yang digelar di Dusun Semilir. (Facebook/Dusun Semilir official)

Selain sebagai tempat wisata dan kulineran, Dusun Semilir ini juga sering dipakai untuk berbagai event-event besar seperti konser, festival, dan juga event prewedding hingga acara pernikahan.

Selain itu, jika kalian belum puas mengunjungi dan ingin bermalam di Dusun Semilir, kalian bisa menginap di The Villas. The Villas ini lokasinya ada di dalam Dusun Semilir. Harga tempat penginapan ini berkisar antara Rp. 250.000 hingga Rp. 800.000, tergantung tipe kamar yang dipesan.

Fasilitas dari The Villas ini cukup lengkap, dari AC hingga kolam renang pun ada. Sedangkan, untuk harga tiket masuk Dusun Semilir adalah kisaran Rp. 30.000 hingga Rp. 40.000. Jam operasionalnya adalah dari jam 09.00 hingga 21.00.

Fasilitas-fasilitas lainnya yang ada di Dusun Semilir adalah:

  • Area Parkir
  • Pusat Perbelanjaan Oleh-Oleh & Souvenir
  • ATM
  • Klinik
  • Musholla
  • Toilet

Yah, begitulah informasi seputar destinasi wisata Dusun Semilir Eco Park Semarang. Wajib banget bagi kalian untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini. Apalagi destinasi wisata Dusun Semilir Eco Park Semarang ini juga destinasi yang ramah keluarga.

Jadi, alangkah baiknya bila kalian datang ke sini bersama dengan keluarga besar. Pasti dijamin seru, asyik, dan menyenangkan.

Baca Juga: Tempat Wisata Murah Meriah di Jakarta, Hemat dan Berkesan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Legend

5 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Health for life 
    Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it. Look advanced to more added agreeable from you! By the way, how can we communicate?

  2. Thank you for the auspicious writeup. It in fact used to
    be a entertainment account it. Look complicated to far delivered agreeable from
    you! By the way, how could we be in contact?

  3. Wow, awesome blog format! How lengthy have you ever been blogging for?
    you made running a blog look easy. The entire look of your site is fantastic,
    as well as the content material!

  4. I’m impressed, I must say. Rarely do I encounter a blog that’s both educative and interesting, and without a doubt, you’ve hit the nail on the head.
    The problem is an issue that too few folks are speaking intelligently about.
    Now i’m very happy I found this in my hunt for something concerning this.