6 Menu Sarapan Yang Sebaiknya Dihindari, Jauhkan Dari Meja Makan!


Ilustrasi sarapan (pexels.com/marcus_aurelius)

Sarapan termasuk aktivitas penting untuk memberi energi pada tubuh sebelum mengawali hari dengan rangkaian aktivitas. Memilih menu sarapan yang tepat dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan metabolisme, menjaga berat badan ideal, mencukupi cairan tubuh, dan meningkatkan konsentrasi.

Namun, tidak semua makanan cocok untuk dikonsumsi saat sarapan. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sarapan agar tubuh tetap bugar, pikiran fokus, dan terhindar dari efek negatif. Berikut beberapa di antara menu sarapan yang harus dihindari.

1. Makanan yang tinggi gula

Makanan yang tinggi gula seperti donat, kue kering, atau sereal dengan gula tambahan sebaiknya dihindari saat sarapan. Meski terlihat menggoda karena praktis dan mudah didapatkan, tetapi makanan tersebut dapat menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat, dan berisiko diabetes.

Alhasil, kamu akan mudah lemas dan lapar beberapa jam setelahnya. Kalau sudah begini, konsentrasipun akan buyar dan beberapa aktivitas pentingmu tidak bisa dikerjakan dengan maksimal.

Baca Juga:

2. Makanan yang berlemak tinggi

Hindari makanan seperti gorengan, burger, sosis dan makanan berlemak tinggi lainnya. Sebab, makanan berlemak tinggi ini bisa mengganggu pencernaan, berisiko terkenal penyakit jantung, dan membuatmu sulit fokus pada aktivitas pagi hari.

Pilihlah sumber lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, atau minyak zaitun sebagai alternatif yang lebih baik untuk sarapan pagi hari.

3. Makanan yang berbasis karbohidrat sederhana

Kalau kamu terbiasa sarapan dengan roti putih, kue, atau kue kering, sebaliknya mulai dihindari dari sekarang ya. Jenis makanan tersebut biasanya tinggi karbohidrat sederhana yang cepat dicerna.

Memang, jenis makanannya bisa membuatmu cepat kenyang, tetapi kamu juga bisa merasa lapar lebih cepat dan kekurangan energi. Apalagi makanan-makanan tersebut biasanya mengandung gula yang cukup tinggi, yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.

4. Makanan yang tinggi garam

Makanan dengan tinggi garam seperti daging olahan, roti mentega, sup kaleng atau keju proses sebaiknya dihindari dari sekarang. Sebab dapat menyebabkan tubuh mudah dehidrasi dan perut kembung.

Bukan hanya itu, mengonsumsi garam berlebih juga dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, ginjal dan masalah kesehatan lainnya yang bisa mengganggu aktivitasmu.

5. Minuman yang bersoda dan berkafein

Kamu juga wajib menghindari minuman bersoda dan berkafein seperti kopi, teh atau minuman energi. Mereka memang bisa membantumu terjaga hingga pagi hari, akan tetapi mengonsumsi secara berlebihan justru menyebabkan pola tidur terganggu, sehingga terjadi penurunan energi setelah efek stimulannya hilang.

Kamu juga akan mudah merasa cemas, dan mengalami gangguan pencernaan. Jadi, sebaiknya batasi konsumsi kafein dan minuman bersoda, kemudian pilihlah minuman yang lebih menyegarkan seperti air putih, jus buah segar, atau teh herbal.

Baca Juga:

6. Menu sarapan dari makanan olahan

Sosis, nugget, burger, kentang kemasan, serta makanan olahan lainnya biasanya tinggi lemak jenuh, natrium, dan pengawet. Mengonsumsinya secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan obesitas.

Akan lebih baik jika kamu menghindari mengonsumsi daftar makanan tersebut. Pilihlah menu sarapan lebih sehat dengan protein tanpa lemak seperti telur rebus, dada ayam panggang, atau kacang-kacangan sebagai alternatif yang lebih sehat.

Dengan memilih menu sarapan yang tepat, kamu dapat memberikan energi dan nutrisi pada tubuh untuk memulai hari dengan penuh semangat dan produktif. Jadi, jangan lupa untuk mengingat beberapa daftar makanan yang sebaiknya dihindari saat sarapan di atas ya. Sebagai tambahan, jangan lupa juga berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga: 7 Sajian Nasi Khas Dari Berbagai Daerah di Indonesia, Lezat Untuk Sarapan!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Novice