Ketahui, 8 Manfaat Ceramide pada Skincare untuk Kecantikan Kulit Wajah


Ilustrasi ceramide pada skincare (pixabay.com/ AestheticJourney)

Ceramide merupakan komponen penting dalam perawatan kulit yang kini banyak dijumpai di berbagai produk skincare. Ceramide memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Ceramide terletak pada lapisan terluar kulit (skin barrier) yang berfungsi untuk menjaga kelembapan, melindungi kulit dari radikal bebas, dan mencegah iritasi. Seiring bertambahnya usia, produksi ceramide alami ini akan menurun, sehingga menimbulkan berbagai masalah kulit seperti kulit kering, kusam, dan mudah iritasi.

Maka itu, pentingnya menggunakan produk skincare mengandung ceramide ini untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Berikut adalah 8 manfaat ceramide pada skincare untuk kecantikan kulit wajah.

1. Memperkuat skin barrier

Ceramide merupakan komponen utama dalam skin barrier. Ceramide berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit dari berbagai faktor eksternal seperti polusi, radikal bebas, dan sinar UV.

Kekurangan ceramide dapat menyebabkan skin barrier menjadi lemah, sehingga kulit mudah kering, kusam, dan iritasi. Penggunaan produk skincare mengandung ceramide dapat membantu memperkuat skin barrier dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Baca Juga:

2. Menjaga kelembapan kulit

Ceramide memiliki kemampuan untuk menarik dan mengikat air pada kulit, sehingga kulit akan terasa lembap, kenyal, dan tidak mudah kering. Kulit kering dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti kusam, bersisik, dan mudah iritasi.

Oleh sebab itu, diperlukan skincare mengandung ceramide agar kulit tetap lembap, halus, dan kenyal sepanjang hari.

3. Mencegah penuaan dini

Kekurangan ceramide pada kulit bisa menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus, keriput, dan kulit kendur. Menjaga kelembapan dan memperbaiki barrier kulit dengan ceramide, dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan merangsang produksi kolagen.

Alhasil, tanda-tanda penuaan dini tersebut tidak akan muncul dan kulit menjadi lembap, terlihat awet muda dan sehat.

4. Menenangkan kulit iritasi

Ceramide diketahui bersifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit iritasi, gatal, dan kemerahan. Dengan kemampuannya untuk mengembalikan fungsi barrier kulit, ceramide dapat mengurangi iritasi dan rasa gatal, tertutama bagi pemilik kulit sensitif.

Manfaat Ceramide juga dapat mengatasi masalah kulit lainnya, seperti jerawat, eksim, dan rosacea.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Ceramide membantu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit. Hal ini dikarenakan ceramide berperan dalam pembentukan jaringan struktur barrier kulit yang rusak dan membantu melindungi luka dari infeksi.

Alhasil ini akan membuat kulit lebih cepat kembali ke kondisi sehat.

6. Melindungi kulit dari efek buruk sinar UV

Paparan sinar UV berdampak buruk pada kulit, terutama merusak barrier dan mengurangi ceramide alami yang terdapat pada kulit. Pemilihan produk dengan kandungan ceramide ini, dapat mencegah sampai buruk tersebut.

Kulit akan bebas dari kerusakan akibat sinar UV dan terlindungi dari tanda-tanda penuaan dini.

7. Mengatasi kadar produksi minyak

Bagi pemilik kulit berminyak, ceramide membantu mengatasi minyak berlebih. Ceramide bantu menyeimbangkan produksi minyak pada kulit, sehingga kadar minyak berkurang.

Penggunaan secara rutin, tidak hanya mengurangi kadar minyak, tetapi juga mengatasi masalah jerawat.

Baca Juga:

8. Membuat produk skincare lain bekerja secara efektif

Produk skincare mengandung ceramide dapat membantu produk skincare lain yang digunakan bekerja secara efektif. Sebab, ceramide dapat menjaga kelembapan kulit, yang mana ini akan membuat kulit lebih mudah menyerap produk skincare lainnya dan memberikan hasil yang optimal.

Tapi, pastikan juga bahwa produk skincare yang kamu gunakan bisa digabung dengan ceramide ya. Kalau salah, kulit wajah bisa iritasi.

Sudah tahu kan beberapa manfaat ceramide untuk kecantikan kulit wajah kamu. Pastikan untuk menggabungkan ceramide dengan produk yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit wajah kamu, supaya mendapatkan hasil yang optimal.

Baca Juga: Catat! 7 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer