Bukan Hanya Sekedar Mainan, Ini 4 Manfaat Bermain Squishy


Mainan squishy (preefik)

Squishy adalah sejenis mainan yang terbuat dari spons dengan sifat kenyal dan lembut. Mainan ini muncul dalam berbagai bentuk dan warna, tetapi kebanyakan pasti dipakai untuk anak kecil. Mainan ini bisa bervariasi mulai dari ukuran kecil hingga besar.

Pada dasarnya squishy memiliki warna cerah dan atraktif, serta hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Seperti namanya, kualitas paling penting terletak pada teksturnya yang sangat memuaskan.

Cara memainkan squishy adalah dengan meremas-remasnya. Meremas squishy seperti meremukkan di sekitar jari-jari Anda akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Squishy yang diremas akan mengembang dan kembali ke bentuk semula.

Mainan licin seperti squishy bisa membawa banyak manfaat jika dimainkan, tidak hanya bisa menimbulkan perasaan menjadi baik kembali. Namun juga membawa kesenangan dan manfaat baik bagi kesehatan mental dan emosional.

Squishy dikenal dengan sebutan bola stres atau mainan gelisah untuk anak-anak. Namun di zaman yang sudah serba modern, squishy telah berkembang melampaui batas. Orang-orang yang memainkan mainan ini menjadi tidak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa.

Kebanyakan orang dewasa memainkan mainan licin ini untuk melepaskan stres. Squishy yang mulanya diciptakan untuk menaikkan perasaan kini berkembang mainan sensorik yang popular untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Di era yang serba modern sekarang ini, mainan licin seperti squishy hadir dengan beragam bentuk, warna, ukuran, dan aroma. Bermain squishy tidak hanya bisa menghibur perasaan, berikut manfaat bermain squishy.

1. Meningkatkan fokus dan memori

Mainan licin seperti squishy dapat digunakan sebagai stimulus latar belakang. Anak-anak cenderung dapat meningkatkan perhatian dengan bermain squishy.

Jenis mainan ini dapat membuat otak Anda terlibat dalam tindakan berulang-ulang yang memungkinkan sisa perhatian menjadi terpusat. Dengan sisa perhatian yang terpusat ini maka penggunanya dapat menjadi fokus untuk melakukan satu kegiatan.

Metro juga mengungkapkan penelitian tahun 2006, menemukan bahwa siswa kelas enam diberi bola stres. Mereka mengalami peningkatan perhatian, sikap, kemampuan menulis, dan interaksi dengan teman sebaya.

Baca Juga:

2. Mengelola kecemasan dan emosional

Bermain squishy membantu Anda melepaskan emosi yang intens, seperti kemarahan, kebahagiaan, dan kesedihan. Ketika Anda membutuhkan dosis untuk ketenangan, Anda bisa menggunakan mainan empuk seperti squishy.

Mainan empuk yang bisa diremas ini dapat mengatur emosi Anda. Squishy bisa digunakan untuk orang berkebutuhan khusus, seperti anak autis atau gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas.

3. Meredakan Stres

Tindakan memegang mainan licin seperti squishy dapat digunakan untuk merangsang produksi dopamine di otak. Anda bisa melakukan tindakan meremas-remas squishy secara berulang-ulang jika ingin merasakan perasaan yang lebih lega.

Jika Anda melakukan kegiatan ini secara berulang dan teratur, maka stres atau kelelahan yang Anda rasakan akan mereda. Anda bisa memegang mainan licin dan entah bagaimana itu bisa menghilangkan stress dan memberi kesenangan.

Baca Juga:

4. Membantu konsentrasi

Bermain squishy dengan gerakan teratur dan berulang dapat membantu anak-anak untuk berkonsentrasi. Mainan-mainan licin seperti ini memberikan banyak kesempatan bagi anak-anak untuk berhenti sejenak agar mereka dapat melihat apa yang sedang dilakukan.

Anak-anak terkadang susah berkonsentrasi sehingga menghalangi mereka untuk belajar dengan fokus. Namun hal ini dapat diatasi dengan melakukan kegiatan yang tepat untuk transisi anak dari hiperaktif agar dapat mengontrol konsentrasi dengan squishy.

Jadi itulah beberapa manfaat bermain squishy atau bola stres untuk anak-anak maupun orang dewasa. Squishy atau mainan empuk dapat dimainkan oleh anak-anak apabila memiliki karakteristik aman, non-toxic, dan menyenangkan untuk dimainkan.

Baca Juga: 5 Cara Berdamai Dengan Inner Child: Sosok ‘Anak’ yang Terluka di Masa Lalu!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.