Merasa Stres? Coba ikuti 5 Cara Mengurangi Stres Berikut!

Suasana dan pikiran yang tidak baik bisa menjadi pemicu stres yang paling besar loh!


Ilustrasi stres (pixabay.com/geralt)

Hai, kawan apakah kalian mampir ke sini karena merasa pikiran sedang suntuk? Atau barangkali stres melanda?

Sini, gabung yuk. Kalau kalian sedang merasa demikian. Alangkah baiknya kalau kalian simak bagaimana cara saya menghilangkan, ah lebih tepatnya mengurangi stres. Mungkin sedikit tips ini bisa membantu. Berikut saya bagikan!

1. Menangis

Ilustrasi orang menangis. (pixabay.com/Victoria_Watercolor)

Aneh bukan, kenapa saya bilang menangis? Karena dengan menangis, kalian bisa meluapkan emosi yang mungkin kalian tahan. Entah marah, kecewa, sedih, atau bahkan cemas. Saya berpikir, ketika sedang stress pikiran serta isi kepala kita benar-benar campur aduk. Saya bahkan sampai bingung saya kenapa dan apa yang sedang saya pikirkan.

Sampai akhirnya saya hanya bisa menangis. Menangis itu tidak memandang gender. Siapa bilang laki-laki tidak boleh menangis? No, gais. Baik laki-laki atau perempuan semuanya berhak untuk menangis. Jangan batasi luapan emosi kalian. Coba sekali-kali menangis agar hati dan pikiran kalian lebih lega.

2. Ibadah

Ilustrasi orang beribadah. (pexels.com/Thirdman)

Sebagai orang yang beragama, coba kalian lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Kalian tahu ketika kalian memiliki keluarga, teman, sahabat bahkan pacar namun kalian merasa tidak bisa curhat dengan mereka? Rasanya sangat menyesakkan. Meski begitu, kita butuh tempat untuk bercerita.

Nah, yang paling manjur bagi saya adalah dengan salat karena saya seorang muslim. Coba ceritakan keluh kesah kalian. Rasanya benar-benar seperti beban itu terangkat begitu saja. Meski kita tahu tidak mungkin.

Baca Juga: 5 Cara Mindfulness Untuk Meredakan Stress

3. Menonton film dan mendengarkan musik

Ilustrasi Orang Mendengarkan Musik. (pexels.com/Vlada Karpovich)

Cobalah untuk menonton film sedih atau mendengarkan musik galau. Mendengarkan musik kadang menjadi salah satu perantara untuk mengekspresikan bagaimana perasaan yang kita rasakan. Musik yang lebih lembut dan menenangkan bisa menjadi opsi terbaik. Tidak jarang, musik galau pun menjadi objek yang sering dijadikan teman ketika kita sedang stres. Dengan begitu, kita benar-benar akan menangis sembari meluapkan emosi yang kita tahan.

Ini akan balik ke poin satu, ya. Begitu juga dengan menonton film, bahkan adegan yang ada di film tersebut mungkin sedikit banyak memiliki persamaan dengan yang kita alami. Bagaimana sang tokoh melampiaskan emosinya, serta bagaimana menanganinya. Emosi yang dibuat campur aduk justru akan membuat kalian bisa lebih realistis.

4. Tidur

Ilustrasi orang tidur. (pexels/Andrea Piacquadio)

Saya yakin ketika kalian merasa stres pasti kebanyakan tidak bisa tidur. Namun, bagi saya tidur juga hal yang penting. Oleh karena itu, saya tetap memaksa untuk tidur. Dengan tidur tubuh akan merasa lebih fresh sehingga kita dapat berpikir jernih dan lebih fokus mengenai masalah yang kita hadapi.

Tips agar bisa tidur dengan baik adalah dengan melupakan masalah yang kalian miliki. Sejenak saja, buatlah otak kalian kosong lalu pejamkan mata. Bisa juga dibantu alunan musik yang menenangkan.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Untuk Atasi Gangguan Tidur di Malam Hari

5. Curhat

Ilustrasi orang curhat. (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Ini opsional, bisa ‘ya’ atau ‘tidak’ itu terserah kalian. Coba curhat dengan orang yang kalian percayai. Ingat, yang benar-benar kalian percayai. Saya bilang begini karena saya tahu orang itu bermacam-macam. Ada yang hanya sekedar ingin tahu namun sedikit yang benar-benar peduli.

Curhat dengan orang lain memang memiliki risiko. Namun, bercerita dengan mereka walaupun tidak memiliki solusi terbaik, setidaknya beban yang kalian tanggung bisa lebih berkurang. Seolah ada sesuatu yang membuat kalian lega.

Ditambah, di saat seperti ini pula kalian akan bisa menemukan orang yang benar-benar peduli dengan kalian dan mana yang tidak. Bisa digunakan sebagai seleksi alamiah. Karena tidak sedikit orang yang ingin bersama kita hanya waktu senang. Dan ketika kita sedih atau dalam masalah, mereka seolah lenyap. Hilang begitu saja.

Semoga bermanfaat, ya, tipsnya. Saya harap kalian bisa lebih kuat menjalani kehidupan yang mungkin kalian pikir sangat berat. Pesan saya, sekali-kali ikuti apa mau tubuh kalian. Kalau tubuh kalian lelah, ya istirahat jangan dipaksa. Yang bisa mengerti keadaan kalian adalah diri kalian sendiri.

Baca Juga: 5 Jenis Gangguan Cemas yang Jarang Diketahui

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *