Hasil Survey Ticketgum; Indonesia di Luar 10 Besar Negara Fanatik Sepak Bola, Netizennya Tidak Dihitung?


Daftar Negara Fanatik Sepak Bola

Ticketgum telah merilis indeks negara-negara fanatik sepak bola. Hasil survei yang dirilis diunggah akun Instagram Seasiagoal pada Minggu (22/9/2024).

Ticketgum menyusun indeks ini dengan berbagai indikator penilaian, yakni jumlah stadion sepak bola dan kapasitasnya, tingkat kehadiran penonton di pertandingan, valuasi pasar pemain, minat warga terhadap Piala Dunia, serta nilai kontrak siaran sepak bola domestik.

Mengutip Soccer Blade, sebanyak lebih dari 3,5 miliar orang di dunia mengaku sebagai penggemar olahraga sepak bola. Para penggemar atau suporter sepak bola akan memberikan dukungan dan semangat bagi tim favoritnya.

Sepuluh besar negara fanatik sepak bola

Inggris meraih peringkat puncak negara fanatik sepak bola dengan skor indeks 8,37 dari 10 poin, mencerminkan tingkat fanatisme yang tinggi. Inggris dijuluki sebagai negara dengan suporter paling fanatik di dunia. Bahkan di tingkat negara, Hooligan Inggris dikenal sebagai suporter paling fanatik.

Mereka adalah fans garis keras yang dikenal kerap membuat onar, baik saat pertandingan di level klub maupun pertandingan tim nasional. Salah satu kasusnya adalah pada Euro 2016 lalu dimana para pendukung Timnas Inggris atau yang sering disebut hooligan ini terlibat bentrok dengan suporter Rusia di Marseille. Atas hal ini, salah seorang hooligan dijatuhi hukuman berupa larangan menghadiri pertandingan sepak bola selama lima tahun.

Lebih jauh lagi, ingat tragedi Heysel di Belgia tahun 1985. Tragedi di mana terjadi kerusuhan suporter pada partai final Piala Champions antara Liverpool vs Juventus. Kerusuhan ini mengakibatkan 39 orang meninggal dan sekitar 600 orang cedera.

Ditempat kedua negara paling fanatik sepak bola adalah Spanyol. Basis suporter terbesar ada di klub Real Madrid dan Barcelona. Juga partai yang paling ditunggu adalah el clasico, antara Real Madrid vs Barcelona. Bahkan seorang Jose Maurinho pernah berkata, “jika el clasico digelar, dunia terasa berhenti’

Di bawah Spanyol, berturut-turut adalah Jerman, Brasil, Italia, Argentina. Meksiko, Amerika Serikat, Perancis dan Arab Saudi.

Baca Juga:

Indonesia di peringkat 15 negara fanatik sepak bola

Sementara itu, posisi Indonesia sendiri berada di peringkat 15. Hal ini tentu saja mengejutkan, mengingat animo besar masyarakat Indonesia terhadap olahraga sepak bola.

Apalagi jika Timnas Indonesia yang bertanding, seluruh rakyat akan riuh dan ramai mendukung Timnas bertanding, baik itu secara langsung maupun dari televisi. Di level klub, kita bisa lihat betapa antusiasme penonton. Masih ingat kasus Kanjuruhan Malang tahun 2022 lalu, Di mana puluhan ribu suporter terkena gak air mata, terjebak dalam stadion, dan menewaskan ratusan suporter. Terakhir adalah pertandingan antara Persib vs Persija, yang berujung penyerangan suporter terhadap steward yang bertugas.

Baca Juga:

Justin Hubner, Bek Timnas Indonesia mengungkapkan ia tak terima Indonesia hanya ditempatkan di luar 10 besar dunia, ia memiliki penilaian tersendiri. Menurutnya, Indonesia adalah negara paling gila soal sepak bola dan harusnya berada di peringkat pertama alias nomor satu.

Meski begitu, akun Seasiagoal juga menyertakan penjelasan mengapa laman Ticketgum hanya menempatkan Indonesia di peringkat tersebut. “Indonesia Masuk dalam daftar Negara Paling Gila Sepak Bola di Dunia: Peringkat ke-15 di Dunia dan ke-4 di Asia!”

Penilaian berdasarkan beberapa data yang dikumpulkan dan dari hasil data itu kemudian diakumulasikan menjadi skor yang diterima.

Baca Juga: Penggunaan Kartu Biru Dalam Sepak Bola, Akhir Dari Segala Drama?


Emperor