Penggunaan Kartu Biru Dalam Sepak Bola, Akhir Dari Segala Drama?

Penggunaan kartu biru dalam sepak bola akan membuat sepak bola menjadi menarik? atau justru menganggap sebagai gangguan dalam sepak bola


Kartu biru dalam sepak bola

Dewan Asosiasi Sepak bola Internasional (IFAB) tengah merencanakan aturan baru penggunakaan kartu biru dalam sepak bola.

Sebelumnya dalam sepak bola sudah aturan tentang kartu merah dan kartu kuning yang sudah diterapkan sejak Piala Dunia tahun 1970. Kartu kuning berarti peringatan, sedangkan kartu merah berarti diusir dari lapangan. Jika seorang pemain mendapatkan dua kartu kuning dalam satu pertandingan, maka ia juga akan mendapatkan kartu merah dan harus meninggalkan lapangan pertandingan.

Apa itu kartu biru dalam sepak bola? dan bagaimana pengaruhnya terhadap permainan di sepak bola modern? Mari kita simak bersama.

Apa itu kartu biru dalam sepak bola

Kartu biru dalam sepak bola adalah sebuah sanksi yang diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran yang sengaja ataupun tidak setuju dengan keputusan wasit, seperti menarik baju lawan, melanggar aturan lemparan ke dalam, atau melakukan protes berlebihan kepada wasit. Kartu biru berbeda dengan kartu kuning atau merah, karena pemain yang mendapat kartu biru tidak harus meninggalkan lapangan secara permanen, melainkan hanya untuk sementara waktu.

Pemain yang terkena kartu biru, kemudian akan diisolasi masuk ke bilik “pengakuan dosa” atau (sin bins). Lama waktu yang harus dijalani pemain yang mendapat kartu biru adalah 10 menit. Selama itu, timnya harus bermain dengan 10 orang atau kurang, tergantung apakah ada pemain lain yang juga mendapat kartu kuning atau merah.

Setelah 10 menit berlalu, pemain yang mendapat kartu biru boleh kembali ke lapangan dan melanjutkan permainan, atas persetujuan dari wasit.

Baca Juga:

Tujuan dari kartu biru untuk meningkatkan sportivitas pemain

Tujuan dari aturan kartu biru dalam sepak bola adalah untuk mengurangi jumlah pelanggaran dan meningkatkan sportivitas pemain di lapangan. Dengan adanya kartu biru, pemain akan lebih berhati-hati dalam bertindak dan lebih menghormati setiap keputusan wasit. Selain itu, kartu biru juga memberikan kesempatan bagi pemain untuk meredakan emosi dan menenangkan diri sebelum kembali bermain.

Aturan kartu biru pertama kali diterapkan di kompetisi sepakbola pantai pada tahun 2005. Kemudian, aturan ini juga diadopsi oleh beberapa liga amatir dan profesional di beberapa negara, seperti Italia, Prancis, Belanda, dan Australia. FIFA sendiri berencana untuk mengkaji kembali aturan kartu biru ini, sebelum di uji coba di beberapa turnamen internasional.

Baca Juga:

Dampak terhadap permainan sepak bola modern

Jika penggunaan kartu biru dalam sepak bola jadi diterapkan, akan memiliki dampak yang signifikan pada sepak bola modern, baik dari segi teknis maupun psikologis. Dari segi teknis, kartu biru membuat tim yang kehilangan pemain harus bermain dengan 10 orang atau bahkan 9 orang jika sudah mendapat kartu merah sebelumnya. Hal ini tentu saja mengurangi kekuatan dan keseimbangan tim tersebut, serta memberi keuntungan bagi tim lawan untuk menyerang lebih leluasa. Kartu biru juga bisa mengganggu alur permainan dan mengurangi daya tarik sepak bola sebagai olahraga yang dinamis dan menarik.

Dari sisi psikologis, kartu biru bisa mempengaruhi mental dan motivasi pemain yang menerima, juga rekan-rekan timnya. Hal ini bisa menurunkan semangat dan konsentrasi tim tersebut dalam melanjutkan pertandingan.

Jika kartu biru jadi diterapkan, ada hal lain yang mungkin tidak akan kita lihat lagi di layar-layar televisi, yaitu drama dalam sepak bola. Sepak bola adalah olahraga yang penuh dengan emosi dan drama. Tidak ada pemain yang sengaja melakukan diving di kotak pinalti lawan, guling-gulingan karena kesakitan, kiper yang sengaja mengulur-ngulur waktu dalam memegang bola, pemain yang berdebat dengan wasit atau pemain lawan, dan lain sebagainya.

Semua drama-drama dalam sepak bola tersebut akan hilang, karena setiap gerak-gerik pemain tidak luput dari pantauan VAR (Video Assistant Referee/Asisten Wasit Virtual). Di masa depan, sepak bola seperti tontonan tanpa greget, karena kehilangan banyak drama yang membuat emosional penonton menjadi hambar.

Bagaimana pendapat kamu tentang penggunaan kartu biru dalam sepak bola? Apakah kamu setuju dengan aturan ini atau justru menganggap sebagai gangguan dalam permainan sepak bola?

Baca Juga: Membedah 3 Fakta Tentang Strategi Parkir Bus, Seni Bertahan Dalam Sepakbola!


Like it? Share with your friends!

Emperor