6 Manfaat Memelihara Kucing di Rumah, Pencinta Hewan Jinak Perlu Tahu!


Pencinta hewan jinak tentu sangat mengenal kucing. Hewan berbulu lembut dan sangat manja apabila dibelai ini memang dikenal bisa dipelihara. Kucing memiliki sifat mandiri dan senang bermain-main.

Saking gemasnya melihat kelakuan kucing bermain, banyak orang yang ingin mempunyai hewan ini di rumah. Ternyata memelihara kucing di rumah memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Memiliki kucing di rumah bisa mendatangkan cinta dan persahabatan tanpa syarat di dalam hidup Anda. Dengan memelihara kucing, Anda dapat merasa terhibur dan kembali gembira setelah lelah seharian beraktivitas.

Adapun beberapa manfaat memelihara kucing di rumah antaranya adalah sebagai berikut.

1. Menurunkan tingkat stres

Memelihara kucing di rumah bisa menurunkan tingkat stress karena aktivitas yang padat sehari-hari. Membelai bulu kucing bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menenangkan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Allen pada tahun 2001 menunjukkan bahwa menghabiskan waktu bersama kucing bisa menurunkan tingkat stres dan mengurangi kecemasan.

Baca Juga:

2. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

Memiliki kucing di rumah ternyata dapat meningkatkan kemampuan berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Memelihara dan merawat kucing dengan baik ternyata dapat meningkatkan rasa empati terhadap sekitar.

Dengan memelihara kucing, rasa empati dan kepekaan kita akan menjadi terlatih. Sebab kucing merupakan hewan jinak yang membutuhkan ikatan batin yang kuat dengan si pemiliknya.

Sehingga si pemilik akan menjadi pribadi yang lebih sosial dan peka terhadap lingkungan sekitar. Beberapa pemilik kucing menunjukkan perubahan yang tidak biasa ketika dirinya mempunyai kucing di dalam rumah.

Beberapa pemilik kucing menjadi lebih sering menghadiri pertunjukan kucing atau sekedar bercakap-cakap dengan pemilik kucing lain. Sehingga keterlibatannya dengan masyarakat sekitar menjadi lebih terasah.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berinteraksi dengan kucing dapat membantu Anda meningkatkan kebahagiaan dan keceriaan dalam diri. Dengan meningkatnya rasa bahagia, maka sistem kekebalan tubuh menjadi meningkat semakin baik.

Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, maka risiko terhadap alergi dapat berkurang. Begitupula dengan tingkat risiko permasalahan kesehatan yang berkaitan dengan kekebalan tubuh menjadi rendah.

4. Mengurangi rasa kesepian

Manfaat memelihara kucing di rumah adalah dapat mengurangi rasa kesepian. Adanya kehadiran kucing di sekitar kita dapat mengurangi perasaan kesepian di dalam rumah. Berinteraksi dengan kucing dapat mengubah perasaan menjadi nyaman dan damai.

Bahkan beberapa pemilik kucing mengakui bahwa peliharaannya dapat menjadi teman yang setia. Selain anjing, kucing memang dikenal sebagai hewan jinak yang bisa dijadikan sebagai teman setia ketika di rumah.

5. Memperbaiki kesehatan mental

Berinteraksi dengan kucing bisa memberikan sejumlah manfaat positif pada Kesehatan mental Anda. Tidak hanya mengurangi kecemasan, merawat kucing dengan benar dapat meningkatkan perasaan bahagia yang memuaskan.

Beberapa pemilik kucing mengakui bahwa setelah mereka memelihara kucing di rumah, mereka memiliki kesehatan mental yang cukup baik. Dari yang semula mudah marah, setelah memelihara kucing, mereka menjadi pribadi yang lebih penyabar.

Baca Juga:

6. Menambah perasaan bahagia

Mempunyai kucing di rumah tentu kita akan memiliki banyak kesempatan untuk bermain dengan hewan jinak tersebut. Mengamati dan ikut bermain bersama kucing dapat menambah perasaan bahagia di dalam hati.

Jadi itulah sejumlah manfaat memelihara kucing yang baik bagi kesehatan. Tidak hanya dapat mengurangi rasa kesepian, memiliki kucing juga dapat membuat si pemilik menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab dengan memperhatikan kebutuhan hewan peliharaannya.

Baca Juga: 6 Alasan Kucing Suka Menggosokkan Badan Ke Pemiliknya

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.