Diet Aja Gak Cukup? Ini 7 Rahasia Langsing Tahan Lama yang Wajib Kamu Tahu!


Ilustrasi diet (pexels.com/ketut-subiyanto)

Pernah merasa frustrasi karena diet yang dijalani tidak membuahkan hasil maksimal? Atau mungkin berat badan yang tidak kunjung turun, padahal sudah menahan makan ini itu? Mungkin ada yang salah dengan program dietmu.

Seringkali, kita terlalu fokus pada apa yang kita makan, padahal banyak sekali faktor penting yang memengaruhi penurunan badan, dan diet hanyalah salah satunya saja. Supaya bisa mendapatkan tubuh ideal yang maksimal, yuk, simak 7 rahasia langsing tahan lama berikut ini.

1. Rutin berolahraga

Salah satu rahasia tubuh langsing tahan lama, adalah berolahraga secara rutin. Olahraga tidak hanya membakar kalori, tetapi juga membantu kamu membangun otot.

Otot yang lebih banyak ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kamu bisa membakar kalori lebih banyak, bahkan ketika tengah beristirahat. Nah, carilah jenis olahraga yang kamu suka atau disesuaikan dengan kondisi tubuh kamu ya.

Baca Juga:

2. Tidur cukup 

Ketika tidur, tubuh melakukan proses perbaikan, regenerasi, dan mengatur metabolisme. Sementara, ketika kamu kurang tidur, tentunya proses-proses tersebut akan terganggu.

Gangguan ini menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lebih lambat dan pembakaran kalori pun berkurang. Alhasil kamu mudah lapar, dan cenderung mengonsumsi makanan tidak sehat.

3. Kelola stres

Stres memang tidak pernah bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, tapi kita bisa mebgelola stres ini dengan baik. Sebab, terlalu stres hanya akan meningkatkan nafsu makan dan menyimpan lemak.

Coba deh atur stres dengan meditasi, yoga, atau deep breathing. Kamu bisa melakukan ini sekitar dua kali seminggu agar lebih rileks.

4. Nutrisi yang seimbang

Selain membatasi kalori harian, perhatikan juga asupan nutrisi yang kamu konsumsi. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya serat, protein, dan vitamin.

Batasi konsumsi makanan olahan, minuman dan makanan manis, serta makanan tinggi lemak jenuh. Lebih aman, cobalah untuk masak sendiri dengan bahan-bahan yang mencukupi nutrisimu, dan sehat.

5. Cukupi cairan tubuh

Minum air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh tetap optimal. Sementara, ketika kekurangan cairan, tubuh mudah lemah, lapar, dan mengonsumsi lebih banyak kalori dari kebutuhan aslinya.

Jadi, pastikan kamu mencukupi cairan tubuh setiap harinya dengan minim air putih minimal 8 gelas, dan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung air.

6. Dapatkan lingkungan yang mendukung

Terkadang, salah satu godaan terberat ketika proses penurunan berat badan adalah lingkungan sekitar. Kamu sudah niat dengan effort yang besar, tapi lingkungan menggodamu dengan makanan dan gaya hidup yang tidak sehat. Hasilnya, kamu tergoda dan usahamu gagal.

Jadi, pastikan kamu mendapatkan lingkungan rumah dan tempat kerja mendukung gaya hidup sehat. Tak ada salahnya juga mengikuti komunitas khusus yang menerapkan gaya hidup sehat agar semakin termotivasi.

Baca Juga:

7. Konsultasi dengan ahlinya

Jika kamu masih kesulitan mencapai penurunan berat badan yang diinginkan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter. Mereka dapat memberikan saran dan panduan yang lebih lengkap dan sesuai dengan kondisi tubuhmu.

Memang sih, kamu akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit tetapi demi tujuan body goals yang diinginkan, tak ada salahnya kan mencoba?

Penurunan berat badan yang sehat membutuhkan waktu dan kesabaran yang tidak sebentar. Jangan terpaku pada angka di timbangan, fokuslah pada perubahan positif dalam tubuh dan kesehatanmu. Dengan menerapkan 7 rahasia langsing di atas secara konsisten, kamu bisa mendapatkan body goals dan menjalani hidup yang lebih sehat.

Baca Juga: 5 Tips Diet Untuk Golongan Darah B

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor