4 Hal ini Bantu Turunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Sehat

Berat badan berlebih seringkali menjadi bumerang. Simak tips turunkan berat badan dengan cepat untuk lebih sehat dan percaya diri!


Ilustrasi menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat

Memiliki berat badan yang berlebih atau kegemukan menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam menurunkan tingkat kepercayaan diri. Tak hanya itu saja, kegemukan atau obesitas juga berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Menjalani diet cepat dan sehat menjadi salah satu upaya dalam menghadapi obesitas dan mengembalikan rasa percaya diri. Sebelum memulai diet ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa sukses dan tetap sehat dalam menurunkan berat badan.

Diet menjadi salah satu cara untuk dapat menurunkan berat badan. Menjalankan diet cepat dan sehat menjadi bagian yang penting sehingga dalam proses turunkan berat badan dengan cepat tidak akan berdampak bagi kesehatan tubuh.

Berikut merupakan 4 tips yang dapat dilakukan agar diet untuk turunkan berat badan dengan cepat yang anda jalankan tidak membahayakan bagi kesehatan tubuh.

1. Defisit Kalori

Menu defisit kalori/Pixabay

Defisit kalori menjadi salah satu cara ampuh untuk memulai sebuah diet ketat. Meskipun demikian, Anda tidak boleh mengurangi makanan yang masuk ke dalam tubuh terlalu ekstrim. Cobalah untuk sedikit demi sedikit mengurangi porsi makan sehingga tubuh tidak kaget dengan perubahan porsi makan secara tiba-tiba.

Agar lebih akurat dalam melakukan defisit kalori Anda dapat menghitung kalori harian yang masuk. Pastikan untuk tidak makan dibawah Basal Metabolic Rate (BMR).

Konsumsi makanan diet dengan kandungan gizi yang seimbang. Usahakan untuk mengonsumsi lebih banyak protein dan serat untuk memperlancar metabolisme tubuh.

Baca Juga:

2. Hindari konsumsi gula

Ilustrasi mengukur kadar gula darah (pixabay.com/ liberatori)

Gula menjadi karbohidrat sederhana yang menjadi salah satu penyumbang kenaikan berat dalam apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Makanan dengan kandungan yang tinggi biasanya juga memiliki kalori tinggi.

Gula yang masuk dalam tubuh dan tidak digunakan oleh sel tubuh akan  disimpan dalam bentuk lemak. Hindari makanan dengan kandungan gula agar dapat mendorong penggunaan cadangan lemak untuk digunakan sebagai energi. Hal tersebut dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan lebih cepat.

Konsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi juga membuat anda terus merasa lapar. Hal tersebut tentu akan menyumbang lebih banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

3. Banyak mengonsumsi air putih

Air putih berperan penting (Pixabay.com/cocoparisienne)

Pada saat melakukan diet jangan lupa untuk perbanyak konsumsi air putih. Air putih memiliki banyak manfaat terutama pada saat anda sedang menjalankan program diet. Air putih bisa membantu dalam proses metabolisme tubuh, mengurangi rasa lapar dan membantu membakar kalori lebih banyak.

Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup sesuai kebutuhan tubuh dapat membantu untuk mewujudkan diet cepat dan sehat anda.

Baca Juga:

4. Barengi dengan olahraga rutin

Ilustrasi berolahraga (pixabay.com/Fotorech)

Selain melakukan 3 hal diatas, ada juga yang tak kalah penting untuk dilakukan untuk membantu turunkan berat badan dengan cepat. Olahraga secara rutin akan membantu Anda untuk turun berat badan secara maksimal.

Olahraga seperti jalan kaki selama 30 menit setiap harinya akan membantu untuk membakar kalori. Tidak hanya membantu untuk menurunkan berat badan, jalan kaki juga membantu dalam mengatasi berbagai masalah pada tubuh.

Agar hasilnya dapat maksimal Anda bisa melakukan olahraga ini minimal 3-4 kali dalam satu minggu. Bahkan akan lebih baik jika Anda melakukannya setiap hari, sehingga proses penurunan berat badan akan lebih maksimal.

Itulah beberapa tips yang harus diperhatikan untuk dapat turunkan berat badan dengan cepat tetapi tidak membahayakan kesehatan. Perlu diingat dalam melakukan diet membutuhkan proses yang panjang. Meskipun cepat tetapi membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan. Konsisten menjadi kunci utama dalam menjalankan diet.

Baca Juga: 5 Tips Diet Untuk Golongan Darah B

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!