5 Trik Sederhana yang Bikin Pekerjaan Cepat Selesai


Ilustrasi menyelesaikan pekerjaan

Banyaknya pekerjaan yang diterima lantas menuntut untuk segera diselesaikan agar tidak semakin menumpuk dan bikin pusing. Namun, terkadang rasa malas kerap menghampiri sehingga diperlukan trik sederhana yang bikin pekerjaan cepat selesai tepat pada waktunya.

Memang, rasa malas ini terkadang berasal dari tubuh dan pikiran yang tengah lelah, bosan atau jenuh dengan tugas yang sekaligus banyak. Tetapi, suka tidak suka kamu harus segera menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan menerapkan beberapa trik sederhana di bawah ini.

1. Jangan membiasakan diri menunda pekerjaan agar pekerjaan cepat selesai

Ilustrasi jangan membiasakan menunda pekerjaan (pexels.com/Antoni Shkraba)

Trik sederhana yang bikin pekerjaan cepat selesai pertama yaitu dengan tidak membiasakan diri untuk menunda-nunda pekerjaan. Lelah boleh, jenuh pun boleh tapi itu tidak serta merta menjadikanmu untuk terus bermalas-malasan hingga terus menunda pekerjaan.

Akan jauh lebih baik, mulailah dengan mengerjakan pekerjaan satu per satu dari pekerjaan yang ringan atau yang bisa dikerjakan lebih dulu. Semakin cepat mulai mengerjakan, maka semakin cepat pula selesainya dan setelahnya kamu bebas bersantai tanpa beban lagi.

Baca Juga:

2.Tentukan jadwal pekerjaan

Ilustrasi tentukan jadwal pekerjaan (pexels.com/Gustavo Fring)

Agar pekerjaan bisa terselesaikan secara tepat dan efisien, maka penting untuk membuat target waktu penyelesaian pekerjaan tersebut. Buatlah jadwal pekerjaan dimulai dari pekerjaan mudah kemudian pekerjaan berat, namun harus ingat pekerjaan berat membutuhkan waktu lebih lama dibanding pekerjaan yang lebih mudah.

Cobalah membuat jadwal secara detail, mana yang sekiranya bisa dikerjakan lebih dulu kemudian baru dari yang cukup sulit dikerjakan. Gunakan jadwal pekerjaan yang telah dibuat sebagai acuan agar pekerjaan cepat terselesaikan dan waktu tidak habis untuk mengerjakan satu pekerjaan saja.

3.Hindari mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus

Ilustrasi hindari beberapa pekerjaan sekaligus (pexels.com/RDNE Stock project)

Banyaknya pekerjaan yang harus dikerjakan, terkadang membuat seseorang ingin segera menyelesaikannya dengan mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus. Padahal, penerapan seperti ini sangatlah berisiko menciptakan kesalahan besar yang berpotensi membuatmu bekerja dua kali.

Mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dapat memperlambat kinerja dan membuat otak merasa kelelahan karena harus berpindah fokus dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Hal ini tentu akan memakan waktu lebih lama, sehingga baiknya fokus saja pada satu pekerjaan dulu hingga selesai barulah berpindah pada pekerjaan lainnya.

4. Jangan pesimis dengan tugas yang menumpuk

Ilustrasi jangan pesimis dengan tugas menumpuk (pexels.com/energepic.com)

Pentingnya untuk menanamkan rasa optimis dalam pikiran agar dapat menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan mudah. Meski pekerjaan terlihat banyak dan terasa tidaklah mudah, cobalah untuk tetap optimis dan percaya bahwa pekerjaan tersebut bisa diselesaikan dengan baik.

Hindari pemikiran yang pesimis ya karena pikiran tersebut bisa saja berubah menjadi kenyataan. Kalau sudah terlanjur menanamkan pikiran dan meyakini pekerjaan tersebut sangat sulit untuk dijalani, akibatnya kamu tidak bisa berpikir jernih dan benar mengalami tantangan sulit.

Baca Juga:

5. Lakukan teknik podomoro untuk beristirahat

Ilustrasi lakukan teknik podomoro (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Trik sederhana yang bikin pekerjaan cepat selesai yang terakhir adalah dengan melakukan teknik podomoro untuk beristirahat. Teknik podomoro yaitu teknik dengan ketentuan bekerja selama 25 menit kemudian mengambil istirahat lima menit dan lakukan teknik ini sebanyak empat sesi.

Setelah empat sesi podomoro selesai, kamu bisa lanjutkan dengan beristirahat lebih lama yaitu selama 20 menit. Memang teknik ini terlihat seperti tengah bermain-main, namun nyatanya teknik ini bisa menjaga konsentrasi tanpa membuat otak kelelahan.

Semoga pembahasan mengenai trik sederhana yang bikin pekerjaan cepat selesai ini dapat kamu terapkan agar pekerjaan bisa segera terselesaikan. Lagipula, pekerjaan yang cepat selesai akan membuatmu memiliki waktu luang untuk menikmati hidup kan?

Baca Juga: 7 Cara Cerdas Mengelola Emosi Negatif

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *