Ingin Berkarir Menjadi PNS? Ini 7 Tips Lolos Seleksi CPNS

Ingatlah bahwa persiapan yang matang, doa, dan usaha yang maksimal merupakan kunci utama dalam tips lolos seleksi CPNS


Ilustrasi PNS (goodnewsfromindonesia)

Bagi sebagian orang, menjadi PNS adalah pekerjaan elit dan menjanjikan. Apalagi di tengah krisis ekonomi, profesi PNS merupakan profesi yang paling aman.

Profesi menjadi PNS, akhir-akhir ini merupakan profesi yang menjadi incaran para pencari kerja. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pelamar yang mencoba keberuntungan untuk mengikuti seleksi CPNS, walaupun jumlah kebutuhan PNS yang dibutuhkan sedikit.

Memang sangat sulit untuk dapat lolos dalam seleksi CPNS, dibutuhkan usaha yang keras dan disertai kemampuan yang cukup untuk lolos seleksi CPNS.

Jika kamu ingin mencoba keberuntungan kamu dengan mengikuti seleksi CPNS, berikut beberapa tips lolos Seleksi CPNS yang bisa kamu coba.

1. Belajar materi ujian tes CPNS

Menguasai materi ujian merupakan hal yang sangat penting. Kamu wajib memahami struktur dan jenis soal yang akan diujikan dalam seleksi CPNS. Belajarlah secara konsisten dengan memanfaatkan buku referensi, modul tes CPNS, dan sumber pembelajaran lainnya.

Kamu juga bisa melakukan latihan soal-soal ujian CPNS tahun-tahun sebelumnya. Latihan ini membantu kamu untuk mengenali pola dan gaya soal yang sering muncul serta meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal.

Jika memungkinkan, ikuti bimbingan atau kursus khusus yang menawarkan persiapan untuk seleksi CPNS. Pelatihan ini dapat memberikan tips, trik, dan panduan yang berguna untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam seleksi nantinya.

Baca Juga:

2. Penuhi syarat-syarat dan berkas untuk mengikuti seleksi CPNS

Untuk mengikuti seleksi CPNS, banyak syarat-syarat yang harus dipenuhi. Baca kembali syarat dan ketentuan tersebut dengan teliti, sebelum kamu memutuskan mengikut seleksi CPNS.

Adapun persyaratan umum untuk mendaftar menjadi CPNS, seperti:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun saat mendaftar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN)
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan (yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana dengan penjara 2 tahun atau lebih)
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, anggota kepolisian, atau pegawai swasta.
  • Tidak sedang menjabat sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota kepolisian
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia

Selain syarat diatas, ada juga berkas atau dokumen yang harus kamu siapkan untuk mendaftar seleksi CPNS, Secara umum, dokumen persyaratan untuk peserta CPNS, di antaranya:

  • Fotokopi ijazah terakhir dan transkip nilai dari pihak instansi pendidikan
  • Fotokopi atau scan KTP elektronik
  • Salinan akta kelahiran
  • Salinan surat keterangan
  • Pas foto formal
  • CV atau daftar riwayat hidup
  • Surat pernyataan penempatan di mana pun

Jika dirasa syarat-syarat dan dokumen kamu sudah terpenuhi, kamu dapat mendaftar menjadi CPNS. Namun jangan coba-coba untuk melamar, jika syarat dan berkas seperti di atas tidak bisa terpenuhi, usaha kamu akan sia-sia. Karena seleksi adminstrasi untuk mendaftar menjadi CPNS, sangat ketat. Hanya pelamar yang memenuhi semua syarat saja yang dapat mengikuti seleksi selanjutnya.

3. Survey lokasi ujian dan perhatikan waktu pelaksanaan tes CPNS

Setelah kamu lolos tes administrasi, langkah selanjutnya kamu akan menghadapi ujian tertulis. Pada kartu ujian atau surat lolos seleksi untuk mengikuti ujian tertulis, tertera jadwal, materi, dan lokasi ujian.

Baca kembali dengan seksama jadwal, materi, dan lokasi ujian. Pastikan kamu mengetahui lokasi dan ruang tempat ujian. Kalau belum tahu, kamu bisa survei lokasi sebelum tes, agar kamu paham benar berapa waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke lokasi ujian dari tempat tinggal kamu. Saat pelaksanaan ujian, datang lebih awal, Jangan sampai kamu terlambat 1 detik pun

Perhatikan baik-baik waktu dalam mengerjakan soal ujian. Selama ujian, kamu harus tetap fokus pada soal-soal ujian. Jika ada soal yang sulit, lewati dulu dan lanjutkan ke soal lain yang lebih mudah. Usahakan agar kamu menjawab semua soal dengan baik, sebelum waktunya habis.

4. Membawa perlengkapan ujian dengan lengkap

Pada saat ujian, bawa semua perlengkapan yang diperlukan seperti kartu ujian, identitas diri, pulpen, pensil, penghapus, dan kalkulator (jika diperbolehkan). Hal ini sangat penting agar kamu merasa tenang dan fokus selama ujian berlangsung.

Baca dengan teliti persyaratan dan peraturan ujian dari pihak penyelenggara. Janganlah membawa barang-barang yang dilarang atau tidak diizinkan ke dalam ruangan ujian.

5. Membaca dengan teliti petunjuk pengisian jawaban

Saat mengikuti ujian, kamu harus membaca petunjuk dengan cermat sebelum memulai. Baca dengan teliti dan pahami format dan aturan dalam menjawab setiap jenis soal.

Kamu juga dilarang menggunakan cara curang seperti mencontek ataupun bertanya. Tindakan tersebut bisa mengakibatkan kamu terkena diskualifikasi dan dilarang mengikuti tes di masa mendatang.

6. Tidak gugup saat tes wawancara

Setelah lulus saat ujian tertulis, pelamar akan melajutkan ke jenjang berikutnya, yaitu wawancara. Wawancara dalam proses seleksi CPNS merupakan suatu proses yang sangat penting. Wawancara merupakan salah satu tes yang masuk dalam Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS.

Tidak jauh berbeda dengan wawancara kerja pada perusahaan-perusahaan tertentu yang mungkin pernah kamu hadapi, wawancara pada seleksi CPNS ini juga mengacu pada pertanyaan seputar tugas jabatan.

Dalam wawancara, pihak panitia seleksi dari Kementrian atau Lembaga negara berusaha menggali jati diri kita sedalam-dalamnya. Pihak dari Kementrian atau Lembaga Negara juga ingin mengetahui potensi pelamar dan target kerja pelamar jika sudah menjadi CPNS atau PNS.

Hal yang paling penting saat wawancara ini adalah ketenangan kamu. Berbeda dengan tes wawancara di perusahaan swasta, biasanya dalam tes wawancara di Kementerian atau Lembaga Negara, kamu akan menghadapi tim wawancara yang terdiri dari 3-5 orang.

Bahasa tubuh kamu juga mencerminkan ketenangan dan percaya diri. Pertama kali saat masuk ruangan wawancara, ucapkan salam terlebih dahulu, kemudian berjabat tangan, tunjukkan senyuman ramah, dan jaga kontak mata kamu saat berbicara dengan tim pewawancara. Jangan grogi ataupun takut untuk berhadapan dengan tim yang akan mewawancarai kamu. Tetaplah tenang saat menjawab semua pertanyaan dalam wawancara tersebut. Jika ditanya target setelah menjadi CPNS atau PNS, jangan menjawab hal-hal yang terlalu muluk.

Kamu tidak perlu menjawab seperti  “Jika saya diterima di Kementerian ini, saya yakin Kementerian ini akan mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat”. Jawablah dengan kalimat seperti “jika saya diterima bekerja di Kementerian ini saya akan bekerja semaksimal mungkin. Sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada saya”.

Setiap jawaban yang kamu berikan, akan direkam, kemudian akan dievaluasi oleh tim penilai. Jadi jawablah pertanyaan wawancara dengan tenang. lancar, dan sewajarnya.

Baca Juga:

7. Meminta doa dari orang tua

Sebelum memulai proses seleksi CPNS, sangat dianjurkan kamu meminta doa restu dari orang tua. Setiap orang tua, pasti menginginkan anaknya menjadi sukses dengan masa depan yang cerah. Dalam agama Islam, doa yang diberikan orang tua kepada anak, sangatlah mustajab.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yang bepergian (safar) dan doa orang yang dizholimi.” (HR. Abu Daud no. 1536. Syaikh Al Albani katakan bahwa hadis ini hasan).

Rida Allah tergantung pada rida orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua.” (HR. Hasan At-Tirmidzi)

Tidak hanya meminta doa dan restu dari orang tua, sebelum mengikuti tes CPNS, kamu juga wajib berdoa sendiri. Kegiatan apa pun yang dilakukan oleh kamu akan terasa mudah dan lancar jika diiringi oleh doa sebelum memulainya.

Itulah beberapa tips lolos seleksi CPNS. Semoga tips lolos seleksi CPNS di atas bermanfaat dan membantu kamu untuk lolos seleksi CPNS. Selamat mencoba!

Baca Juga: Gugup saat Wawancara Kerja, Perhatikan 5 Tips Sukses Berikut

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Legend

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *