5 Fakta Menarik Orang Pendiam yang Sering Kali Salah Dipahami

Bukannya mengobrol dengan orang lain ketika berkumpul dengan teman, orang pendiam justru lebih senang melakukan pengamatan terhadap sekitarnya.


Ilustrasi orang yang pendiam

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita seringkali menjumpai seseorang maupun teman yang memiliki kepribadian pendiam, baik itu di sekolah, di kampus maupun di tempat lainnya. Bahkan sosoknya yang pendiam kadang kala membuatmu merasa kesal, sebab mereka tidak mau menceritakan apapun denganmu. Oleh karena itu, orang pendiam dalam konteks kehidupan sosial maupun masyarakat seringkali dicap sebagai sosok pemalu, minder, tidak sopan, atau bahkan dianggap sombong.

Akan tetapi, realitanya kebanyakan orang pendiam tidak seperti yang dikatakan oleh kebanyakan orang pada umumnya. Menurut  Erwin Parengkuan dalam bukunya yang berjudul “Understannd-INC People 2.0”  bahwa kepribadian pendiam selalu dianggap sebagai kelemahan. Kenyataannya, orang pendiam adalah orang yang diasosiakan memiliki kepribadian baik serta mampu mengendalikan diri sehingga mempunyai kontrol yang baik terhadap hal negatif.

Selain itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Hielmi Anjaini dalam buku berjudul “The World Of Counselor” mengemukakan bahwa seseorang yang mempunyai kepribadian pendiam itu cenderung seperti seorang introvert yang mana akan merasa tidak nyaman pada situasi sosial. Sementara itu, tipe kepribadian ini memiliki keunggulan bisa membuka diri dengan orang sekitarnya.

Pada dasarnya orang pendiam itu mempunyai cara tersendiri dalam hal berkomunikasi. Jadi jangan salah paham dulu, ini 5 fakta menarik dari sosok orang pendiam yang harus kamu tahu!

1. Orang pendiam mempunyai sosok sebagai pengamat yang baik

Bukannya mengobrol dengan orang lain ketika berkumpul dengan teman, orang pendiam justru lebih senang melakukan pengamatan terhadap sekitarnya. Selain itu,  fakta dari orang pendiam adalah ia cenderung menghabiskan waktunya dalam memperhatikan sesuatu yang kecil dan sering kali mempelajari situasi dengan hati-hati, sebelum memutuskan langkah berikutnya.

Sementara itu, orang pendiam juga bisa menjelaskan dengan baik tentang apa yang mereka perhatikan dan orang pendiam juga mempunyai wawasan dan pengetahuan mendalam tentang lingkungan sekitarnya.

Maka tak mengherankan, bila orang pendiam bisa mengambil keputusan yang lebih bijaksana. Jika kamu ingin lebih dekat dengan orang yang pendiam, luangkan waktu lebih banyak bersama mereka.

Baca Juga:

2. Orang pendiam bukan sosok antisosial, justru sebaliknya

Alih-alih mengatakan bahwa orang pendiam merupakan seseorang yang sulit bersosialisasi dengan baik jika bersama dengan teman-teman yang mereka sudah kenali.

Justru sebaliknya, orang pendiam lebih menyukai bersama teman-temannya yang sudah paham dengan karakternya. Sebab, orang pendiam lebih merasa nyaman dan terbuka bila bersama orang-orang yang paham akan dirinya.

3. Orang pendiam suka berpikir sebelum berbicara

Fakta menarik dari orang pendiam adalah mereka suka berpikir sebelum berbicara. Selain itu, orang pendiam bisa dikatakan sebagai seorang pemikir yang berlebihan. Seperti halnya saat ia berbicara, ia justru lebih memikirkan bagaimana pembicaraan akan berjalan dan apa yang akan terjadi selanjutnya. Alhasil, ia menggambarkan “rencana” dari satu topik lain dalam pikiran mereka.

Meskipun ada banyak hal yang ingin disampaikannya, pada kenyatannya orang pendiam hanya berbicara sedikit namun sangat bijaksana dan sesuai dengan topik pembicaraan.

4. Orang pendiam adalah kawan pendengar yang baik

Selanjutnya, fakta menarik dari orang pendiam seperti yang ditulis oleh Dr. Laurie Helgoe, dalam bukunya yang berjudul “Introvert Power: Why Your Inner Is Your Hidden Streght,” bahwa sosok orang pendiam itu seperti halnya seorang introvert yang mempunyai kemampuan memproses informasi secara internal. Dalam hal ini, orang pendiam cenderung mengelolah informasi di dalam diri mereka sendiri.

Selain itu, kemampuan orang pendiam memungkinkan mereka untuk mendengar, mengerti, dan memberikan pemikiran yang matang ketika mereka memberikan tanggapan. Maka tidak mengherankan bila orang pendiam adalah sosok kawan pendengar yang baik.

Baca Juga: 

5. Orang Pendiam juga bisa menjadi sosok terkenal

Menurut Arum Rifda dilansir dari laman resmi gramedia, mengemukakan fakta menarik dari seorang pendiam, bahwa orang pendiam bisa menjadi sosok yang terkenal dan populer. Mengapa bisa demikian? Padahal, orang yang populer maupun terkenal adalah seseorang yang mempunyai karakter ekstrovert.

Namun pada kenyataannya, orang pendiam juga banyak menjadi sosok yang populer dan terkenal, seperti halnya Bill Gates, Mahatma Gandhi, Barack Obama, Frederic Chopin, Albert Einstein, Warren Buffett, dan Michael Jordan.

Pada umumnya orang pendiam memiliki pemikiran yang pendalam. Dalam hal ini, bisa dikatakan bahwa orang pendiam juga bisa sangat kreatif dalam menghabiskan waktu sendirian. Jadi tidak mengherankan bila orang pendiam bisa menciptakan karya yang luar biasa dan menjadi terkenal di mata banyak orang.

Baca Juga: Kenali Kepribadianmu Melalui Tes MBTI

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *