Kurang Percaya Diri? Ini 7 Tips Menghadapi Lingkungan Yang Tidak Nyaman


Pada umumnya kita terlahir sebagai manusia biasa, namun kita bisa memilih akan hidup seperti apa dan bagaimana masa depan kita itu sendiri. Terkadang mungkin kita terjebak di lingkungani yang tidak nyaman sehingga timbul rasa kurang percaya diri di waktu yang tidak tepat.

Perubahan situasi ini sangat tidak nyaman dan sangat tidak kondusif untuk kamu yang mungkin membutuhkan performa yang harus tetap terjaga, maka kamu perlu berlatih untuk menerapkan tips-tips yang bisa mengurangi hal tersebut. Lingkungan yang tidak nyaman terkadang muncul saat pertama kali masuk sekolah atau kerja, bertemu dengan orang baru, melakukan kesalahan, tidak terbiasa dengan lingkungan baru dan masih banyak lagi.

Padahal kebanyakan orang yang merasa kurang nyaman di suatu ruangan kadang merasa canggung dan kikuk dengan orang sekitar. Kamu perlu mencoba beberapa hal berikut ini untuk menghadapi lingkungan yang tidak nyaman tersebut.

1.Hindari berada di pojok

Ilustrasi ruangan pojok (pixabay.com/ricardorv30)

Saat kamu merasa kamu kurang bisa berkomunikasi dengan baik, kamu bisa duduk atau berdiri dengan orang yang memang pandai berkomunikasi. Orang tersebut kemungkinan akan mengajak kamu untuk sekedar mengobrol kecil yang setidaknya akan mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.

Pilihlah area tengah ketika kamu merasa terpojokkan, karena dengan berada di posisi tengah kamu akan lebih bisa mengontrol diri secara lebih kondusif. Dengarkan dan fokus pada pembahasan yang ada di forum akan membuat perasaan yang tidak nyaman teralihkan.

Baca Juga:

2.Tunjukkan kelebihan

Ilustrasi ide berbobot (pixabay.com/geralt)

Setelah kamu bisa memilih posisi yang nyaman di lingkunganmu, tunjukkan jika kamu juga memiliki kelebihan kepada orang lain. Dengan melakukan hal itu, orang lain akan teralihkan dengan kelebihan yang kamu miliki.

Sebab, lain halnya jika kamu hanya berfokus pada perasaan tidak nyaman itu saja, kamu hanya akan memperparah perasaan yang menjadi gusar dan ingin cepat meninggalkan lingkungan itu.

3.Jangan terlalu overthiking

Ilustrasi overthingking (pixabay.com/johnhain)

Terkadang timbul perasaan tidak nyaman, tidak enak, dan bahkan merasa terancam dikarenakan pikiran yang terlalu overthingking terhadap keadaan. Kamu perlu mengontrolnya untuk tetap berpikit positif dan tenang supaya kamu bisa berbaur dengan lingkungan lebih rilek.

Hindari berkomentar yang tidak seperlunya yang bersifat menghakimi keadaan yang justru akan membuatmu semakin panik. Kamu cukup berdiam beberapa detik untuk membiarkan pikiran positif dalam mencari kenyamanan  saat berada di lingkungan yang tidak kondusif.

4.Cari teman atau orang terdekat

Ilustrasi mencari teman (pixabay.com/geralt)

Teman atau orang terdekat sangat memiliki pengaruh yang kuat ketika kamu merasa tidak nyaman di suatu lingkungan, misalnya ketika kamu akan mengikuti lomba pidato yang membuatmu gugup, kamu bisa mencoba meminta dukungan dari orang terdekat untuk membantu mencaikan suasana.

Kondisi tersebut secara tidak langsung juga mampu meningkatkan rasa percaya diri dan merubah kondisi perasaan pikiran maupun hati.

Baca Juga:

5.Perhatikan seluruh area

Ilustrasi salah satu area di lingkungan (pixabay.com/StartupStockPhotos)

Kamu bisa mengamati seluruh area di lingkunganmu untuk melihat apakah terdapat hal yang nantinya bisa mengalihkan fokus jika perasaan tidak nyaman timbul secara spontan.

Jika dibutuhkan, kamu juga bisa membawa satu barang kecil yang bisa membantu untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Namun, kamu juga harus tetap memperhatikan aturan yang ada di lingkungan tersebut agar tidak menimbulkan masalah baru kedepannya.

Timbul perasaan tidak nyaman tentu bukanlah hal yang bagus apabila dalam situasi yang mendesak, bahkan bisa mengganggu kinerja maupun penampilan. Maka dari itu, kamu bisa mencoba melakukan lima tips untuk menghadapi lingkungan yang tidak nyaman yang sudah dipaparkan diatas agar kamu bisa merasa nyaman di manapun ya.

Baca Juga: Selain Motivasi, Ini 5 Tips Sukses Mencari Pekerjaan Freelance Bagi Pemula

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor

2 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *