Jangan Takut Makan Daging Kambing, Aman Kok!

Kandungan kolesterol daging kambing lebih rendah dibanding daging sapi maupun daging ayam


0
Sate Kambing (Shutter stock)

Makanan olahan dari daging kambing merupakan makanan yang disukai banyak orang. Meski digadang-gadang bisa memicu kolesterol, daging kambing ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. Daging kambing  memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang rendah daripada daging sapi. Dalam 100 gram daging kambing mengandung sekitar 109 kalori dan 20,6 gram protein. Sementara itu, kandungan lemaknya hanya mencapai dua gram saja. Daging kambing juga rendah kolesterol dan tidak mengandung karbohidrat.

Nutrisi daging kambing

Dibandingkan jenis daging merah lainnya, daging kambing mengandung lemak dan kolesterol yang lebih rendah. Daging kambing juga mengandung zat besi bermanfaat dan potassium penstabil jantung dalam jumlah besar. Kadar natrium dalam daging kambing juga tergolong rendah sehingga bermanfaat bagi penderita gangguan tekanan darah.

Untuk meminimalisir sejumlah patogen yang berbahaya pada daging kambing, diperlukan proses pengolahan yang tepat untuk meminimalisir risiko kesehatan saat mengonsumsi daging kambing.

Manfaat daging kambing

Dengan teknik pengolahan yang tepat daging kambing akan memberikan sejumlah manfaat kesehatan berikut:

1. Mencegah kanker

Daging kambing mengandung CLA (Conjugated Linoleic Acid) atau asam lemak yang dikenal mampu mencegah kanker dan meminimalisir risiko peradangan. Selain itu, kandungan selenium dan klorin dalam daging kambing juga membantu meminimalisir risiko terkena penyakit kronis ini.

2. Anti inflamasi

Daging kambing mengandung zat anti-inflamasi. Oleh karena itu, mengonsumsinya bisa menghambat peradangan di pembuluh darah dan menstabilkan detak jantung.

3. Membakar lemak

Daging kambing kaya akan vitamin B yang membantu tubuh membakar lemak. Selain itu, daging kambing juga rendah lemak jenuh dan tinggi protein sehingga cocok dikonsumsi saat diet.

Tidak seperti daging sapi yang banyak lemak, daging kambing justru membantu membakar lemak dalam tubuh

4. Mencegah anemia

Mengonsumsi daging kambing membantu mencegah anemia, khususnya untuk ibu hamil dan wanita menstruasi. Daging kambing juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah bayi cacat lahir.

5. Meningkatkan kesehatan mental

Kandungan vitamin B12 dalam daging kambing membantu meredakan stres dan depresi.

6. Mencegah stroke dan gangguan ginjal

Daging kambing juga tinggi asam lemak Omega 3 namun rendah kalium dan natrium. Itu sebabnya, mengonsumsi daging kambing membantu mencegah penyakit ginjal dan stroke.

7. Menjaga kesehatan tulang

Daging kambing mengandung kadar kalsium yang tinggi yang membantu mendukung pertumbuhan tulang.

Efek Samping

Mitos mengenai daging kambing sebagai penyebab kolesterol dan tekanan darah memang ada benarnya juga. Namun, hal itu hanya terjadi jika dikonsumsi berlebihan. Hal ini berlaku juga untuk jenis daging hewan lain seperti sapi, kerbau, ataupun unta.

Mengonsumsi daging kambing bila dimakan dalam jumlah normal tidak akan mengganggu kesehatan. Apalagi bagi mereka yang jarang makan daging kambing dan tidak mempunyai masalah kesehatan yang serius, ini  tidak akan menjadi masalah.

Hanya akan menjadi masalah bila mengonsumsi daging kambing dalam jumlah banyak. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi jeroan, otak, usus, paru-paru, limfa, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Pada saat memasak, pemberian bumbu yang berlebihan, seperti garam, mentega, minyak, juga dapat membuat konsumsi daging kambing menjadi berbahaya. Hal ini juga termasuk dalam pengolahan daging sapi ya.

Jadi kalau ada yang mengatakan konsumsi daging kambing bisa menaikkan tekanan darah, Itu adalah anggapan yang salah. Bukan karena dagingnya, melainkan pada pengolahan dan pemberian bumbu seperti garam yang terlalu banyak atau mengombinasikan dengan makanan berlemak lainnya..

Jadi kesimpulannya, makan daging kambing aman kok. Asal jangan berlebihan.

Sumber :

Nutritive Value of Goat Meat. (2016). Alabama A&M and Auburn University. Retrieved 1 September 2021, from https://ssl.acesag.auburn.edu/pubs/docs/U/UNP-0061/UNP-0061-archive.pdf

Carbohydrates, Proteins, Fats, and Blood Sugar. (2020). Michigan Medicine. Retrieved 1 September 2021, from https://www.uofmhealth.org/health-library/uq1238abc

Goat Meat: A Healthy Choice. (2018). Prairie View A&M University. Retrieved 1 September 2021, from https://www.pvamu.edu/cahs/wp-content/uploads/sites/27/goatmeat_approved.pdf

Baca Juga: 7 Manfaat Kurban Bagi Umat Islam, Yuk Berkurban!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *