10 Ragam Jenis Masakan Khas Ethiopia


Ethiopia, merupakan salah satu Negara di Afrika yang berbatasan dengan Eritrea di Somalia bagian timur, Kenya di bagian Selatan, dan Sudan Selatan di bagian barat. Selain destinasi wisata, negara ini ternyata juga memiliki ragam kuliner khas Ethiopia yang lezat dan belum banyak orang mengenalnya.

Makanan khas Ethiopia umumnya terdiri dari berbagai macam sayuran serta olahan daging yang pedas. Mulai dari sup kuah kental, tumisan, daging panggang atau bakar dan sebagainya. Selain itu, kuliner Ethiopia ini juga terpengaruh oleh berbagai etnis yang ada di Ethiopia dan negara tetangganya. Salah satunya adalah injera yang merupakan roti berbentuk bundar dan pipih.

Kira-kira apa saja makanan khas Ethiopia?, Yuk simak!

1. Injera

Injera (hedonism-eats.com)

Injera adalah makanan pokok di Eritrea dan Ethiopia, maka dari itu Injera kerap disajikan dengan hidangan lain. Injera terbuat dari tepung teff, tepung self-rising, garam, air hangat, dan ragi aktif kering.

2. Kifto

Kifto (depositphotos.com)

Kifto adalah makanan khas kawasan Gurage di Ethiopia. Hidangan ini kerap disajikan bersama Injera saat acara perayaan tahunan dan acara keluarga. Kifto terbuat dari daging mentah tanpa lemak yang dicincang hingga berukuran kecil. Daging tersebut dicampurkan dengan kibbeh, sejenis rempah khas Ethiopia berisi mitmita (campuran rempah khas Ethiopia), kapulaga hitam, bubuk koseret, garam, dan lada hitam.

3. Genfo

Genfo (idntimes.com)

Genfo merupakan salah satu menu sarapan khas Ethiopia berupa bubur. Hidangan ini merupakan bubur yang terbuat dari tepung jelai yang direbus dalam air mendidih yang telah diberi garam. Campuran ini harus terus diaduk untuk mendapatkan konsistensi yang kental seperti bubur. Saat disajikan di atas piring, bagian tengah genfo dikosongkan dan diisi dengan campuran berbere dan mentega yang telah dijernihkan, serta diberi rempah atau nitter kibbeh.

4. Doro Wat

Doro Wat (searchingforspice.com)

Doro Wat adalah stew khas Ethiopia dari daging ayam yang dimasak dengan air dan perasan lemon serta disajikan bersama telur rebus. Doro Wat dibuat dengan berbagai bumbu dan rempah, seperti jahe, bawang putih, garam, garam masalah, kaldu ayam, dan berbere. Berbere merupakan campuran rempah yang umum digunakan dalam masakan Ethiopia dan Eritrea. Doro Wat umumnya dihidangkan bersama Injera saat perayaan besar seperti Natal.

Baca Juga: 4 Kuliner Enak dan Unik dari Kulon Progo

5. Fatira

Fatira (morningcoffee.travellerspoint.com)

Fatira merupakan street food khas Ethiopia. Fatira terbuat dari tepung terigu, garam dan air. Hidangan ini dibuat dengan melebarkan adonan dari campuran bahan-bahan tersebut hingga tipis. Kemudian dilipat menjadi persegi empat dan dimasak di atas panggangan yang telah diberi minyak.

6. Sambusa

Sambusa (demandafrica.com)

Sambusa juga merupakan salah satu street food khas Ethiopia. Hidangan ini berupa pastry goreng ala Ethiopia yang berisi daging. Berbeda dengan Samosa yang berisi kentang dan kacang-kacangan.

7. Beyainatu

Beyainatu (idntimes.com)

Beyainatu adalah jenis vegetarian food khas Ethiopia karena berupa roti dengan aneka sayuran seperti kentang, kari, lentil, dan lainnya. Beyainatu dinikmati dengan merobek roti tersebut menggunakan tangan sebelum mengambil lauk dan mengoleskan saus di sampingnya.

8. Tibs

Tibs (cookingchanneltv.com)

Tibs merupakan daging sapi atau kambing yang ditumis dengan bawang putih dan bawang bombay. Tibs yang banyak digemari adalah yang dimasak langsung di meja restoran dengan kompor tanah liat tradisional dan kayu bakar sebagai bahan bakarnya. Tibs juga biasa dihidangkan dengan Injera.

9. Tere Siga

Tere Siga (tasteatlas.com)

Tere Siga adalah makanan Ethiopia berupa daging mentah yang diiris menjadi kecil-kecil dan disajikan bersama dengan bumbu pedas.

10. Fassolia

Fassolia (cookingwithalisa.com)

Fassolia juga merupakan salah satu vegetarian food khas Ethiopia yang terdiri dari kacang panjang, wortel dan bawang bombay yang ditumis.

Itulah berbagai macam jenis makanan khas Ethiopia, tertarik untuk mencoba salah satunya?

Baca Juga: Ragam Jenis Pasta Italia yang Perlu Diketahui

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *