8 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Bikin Perut Buncit. Nomor 4 Sering Tak Disadari!

Hati-hati kebiasaan sehari-hari kamu ini bisa bikin perut buncit lho. Yuk ketahui apa saja


Ilustrasi Perut buncit (unsplash.com/towfiqu-barbhuiya)

Perut buncit menjadi salah satu masalah umum yang dihadapi banyak orang. Penyebabnya pun beragam, dan salah satunya berasal dari kebiasaan sehari-sehari yang bikin perut buncit tanpa disadari.

Perut buncit tidak sekadar mengganggu penampilan, tetapi juga bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Agar terhindar dari perut buncit, yuk mulai ketahui dan hindari delapan kebiasaan-kebiasaannya berikut ini.

1. Stres

Ilustrasi stres (unsplash.com/Carolina Heza)

Tahu nggak sih, stres juga bisa jadi salah satu kebiasaan sehari-sehari yang bikin perut buncit tanpa disadari lho. Jadi, ketika stres melanda, tubuhmu akan menghasilkan hormon kortisol berlebih.

Nah, hormon ini akhirnya memicu lemak yang seharusnya menyebar ke seluruh tubuh, malah tersimpan pada perut saja. Maka itu, mulai sekarang yuk kelola stres agar tubuh dan pikiranmu bisa sehat dan tenang. Penampilan pun lebih terjaga.

Baca Juga:

2. Terlalu banyak makan junk food

Ilustrasi terlalu banyak makan junk food (unsplash.com/Pixzolo Photography)

Keripik singkong, keripik pisang, sosis, kentang goreng kemasan, soda ataupun makanan cepat saji lainnya adalah makanan enak, praktis dan mudah didapatkan. Tapi, makanan ini juga termasuk makanan berbahaya untuk dikonsumsi lho.

Junk food mengandung banyak lemak jenuh, kalori, gula hingga rendah gizi. Kandungan-kandungan ini dapat menyebabkan resiko berbagai jenis penyakit, seperti obesitas dan juga bikin perut buncit.

Nah, sekarang kamu harus lebih sadar dengan makanan apa saja yang dikonsumsi. Pilihlah makanan yang lebih sehat, agar tidak hanya terhindar dari perut buncit, tetapi tubuh sehat sepanjang hari.

3. Kurang olahraga

Ilustrasi kurang olahraga (unsplash.com/Rinke Dohmen)

Buat kamu yang lebih banyak duduk, rebahan dan enggan olahraga, siap-siap aja perutmu bakalan buncit. Kurang olahraga dapat mengakibatkan kalori yang masuk ke dalam tubuh tersimpan menjadi lemak.

Nah, kalau kamu nggak membakar lemak yang ada di dalam tubuhmu, maka lemak akan terus menumpuk dan bikin perut membuncit. Makanya, jangan lupa untuk sering-sering berolahraga ya.

4. Makan diiringi aktivitas lain

Ilustrasi makan diiringi aktivitas lain (unsplash.com/Jeshoots.com)

Mungkin kebiasaan satu ini menjadi salah satu kebiasaan yang banyak tidak disadari. Iya, kalau kamu makan tapi diiringi aktivitas lain seperti memainkan ponsel, menonton tv atau sambil bekerja bisa bikin perut buncit. Kok bisa ya?

Jadi, saat kamu makan sambil melakukan aktivitas lainnya, kamu tidak akan fokus pada makanan dan akhirnya tubuh akan terus memberikan sinyal masih lapar. Hasilnya, kamu jadi terus menambah porsi. Entah porsi dengan makanan berat atau bahkan camilan.

Baca Juga:

5. Kurang tidur atau banyak tidur

Ilustrasi kurang tidur atau banyak tidur (unsplash.com/Adrian Swancar)

Tahukah kamu, kalau kurang tidur atau banyak tidur juga berpotensi menyebabkan perut buncit lho. Hal ini dikarenakan, keduanya sama-sama berpotensi menimbun lemak terlalu banyak akibat metabolisme untuk meluruhkan lemak tidak berfungsi secara optimal.

Akibatnya, berat badan terutama area perut akan meningkat dan bikin perut buncit. Jadi, upayakan tidur yang cukup ya sekitar 7 hingga 8 jam tiap harinya.

6. Makan menjelang tidur

Ilustrasi makan menjelang tidur (unsplash.com/Farhad Ibrahimzade)

Siapa nih yang masih suka makan menjelang tidur karena tiba-tiba lapar? Mulai sekarang stop kebiasaan ini yuk kalau ingin memiliki badan yang bagus.

Pada malam hari, tubuhmu sudah pasti merasa lelah dan ingin istirahat, sehingga produksi insulin yang berfungsi mengolah kalori bekerja lebih rendah. Kalau kamu tetap makan tengah malam atau menjelang tidur, maka kalori yang masih utuh akan tersimpan menjadi lemak dan menumpuk di bagian perut.

7. Kurang minum

Ilustrasi kurang minum (unsplash.com/Emgin Akyurt)

Saat tubuh mengalami dehidrasi, maka fungsi pembakaran lemak menjadi energi akan mengalami penurunan. Selain itu organ-organ tubuh juga tidak akan bekerja maksimal.

Akibatnya, lemak yang tidak terbakar akan tersimpan dalam tubuh, terutama area perut dan membuat perut buncit.

Baca Juga:

8. Konsumsi gula berlebih

Ilustrasi konsumsi gula berlebih (unsplash.com/Toa Heftiba)

Terakhir, konsumsi gula berlebih pada makanan dan minuman juga bisa bikin perut buncit. Seperti roti, kue, kopi kemasan, jus kemasan, buah-buahan dan makanan atau minuman manis lainnya.

Gula dapat menaikkan kadar insulin serta trigliserida dalam darah sehingga menyebabkan banyaknya lemak yang tersimpan dalam perut. Untuk menghindari ini, kamu dianjurkan mengonsumsi gula sebanyak 10 persen dari keseluruhan energi sekitar 200 kkal saja.

Jadi, mulai sekarang yuk hindari kebiasaan sehari-sehari yang bikin perut buncit ini. Supaya penampilanmu terjaga, kamu pun terhindari dari obesitas nantinya.

Baca Juga: 9 Cara Sehat Mengecilkan Perut Buncit Bagi Pria

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor