5 Tempat Dimana Kamu Bisa Mendapat Ide Menulis

Sering kesulitan mendapatkan ide menulis? Coba kunjungi tempat-tempat ini!


0
Ilustrasi menulis (pixabay,com/StockSnap)

Menulis merupakan suatu karya dari hasil olah pikir dan olah tangan kamu. Namun kadangkala kamu sebagai penulis merasa buntu, tidak punya ide menulis, atau terlalu banyak ide namun bingung yang mana yang akan ditulis.

Nah, ini rekomendasi 5 tempat dimana kamu bisa mendapat ide menulis. Simak, ya!

1. Warung Tegal (Warteg)

Warteg (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Warung tegal atau yang lebih akrab disebut warteg merupakan salah satu tempat yang paling demokratis. Di situ para pelanggan dapat mengobrol bebas tanpa takut disadap. Warteg biasanya tidak terlalu luas. Hanya ada etalase makanan, dan bangku panjang di depan etalase tersebut. Obrolan dari pengunjung bisa terdengar jelas.

Nah, kamu bisa makan di sana sambil mendengar obrolan para pengunjung. Kamu juga bisa berinteraksi dengan pengunjung warteg lain, atau juga berinteraksi dengan pelayan warteg. Dari situ kamu bisa mendapat ide dari masyarakat level bawah untuk bahan tulisan kamu.

2. Angkutan Umum

Penumpang KRL (ANTARA FOTO/FakhriI Hermansyah)

Dari angkutan umum seperti bus kota, angkot, ataupun KRL kamu juga bisa mendengar atau menguping berbagai obrolan para penumpang. Kamu juga bisa berinteraksi dengan penumpang lain.

Jika kamu sering naik KRL, pasti suasananya lebih ramai dan riuh. Jadi jangan tutup telinga kamu dengan headset, apalagi sambil pura-pura tertidur. Bukalah telinga kamu untuk mendengar keluh kesah para penumpang KRL.

Baca Juga: 5 Langkah Mulai Menulis, Hasilnya Keren dan Eksklusif

3. Pasar Tradisional

Pasar tradisional (dok.pribadi/Sigit)

Pasar merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli. Beda dengan pasar modern, di pasar tradisional banyak terjadi interaksi antara penjual dan pembeli, penjual dengan penjual ataupun antara pembeli dengan pembeli.

Dari situ kamu bisa mendapatkan banyak ide mengenai harga kebutuhan pokok, kebutuhan yang banyak dicari orang, ataupun tentang keluh kesah para pedagang pasar.

4. Pos Ronda

Pos Ronda (sumeks.co)

Pos ronda merupakan tempat nongkrong yang paling santai. Apalagi jika sambil minum kopi atau teh ditambah dengan gorengan, pasti seru. Di pos ronda, orang bebas mengeluarkan unek-unek tentang apa saja. Sambil berbincang ringan, ataupun debat.

Dari situ kamu bisa mendapatkan banyak sekali ide tentang permasalahan politik, sosial, agama, dan lain sebagainya.

5. Tempat Wisata dan Kuliner

Ilustrasi menulis (pixabay.com/StockSnap)

Di tempat wisata kamu bisa mengulas atau menulis tentang keindahan, fasilitas, harga tiket, lokasi, dan lain sebagainya. Jangan lupa foto ya.

Begitu juga jika kamu berkunjung ke tempat yang makan, seperti cafe dan restoran. Kamu bisa menulis dan mengulas beragam makanan yang disediakan. Juga dengan kisaran harganya.

Namun untuk mendapatkan ide tulisan mengenai kawasan wisata dan kuliner, kamu harus mengeluarkan uang terlebih dahulu. Karena kamu harus masuk dan merasakan langsung suasana di tempat tersebut.

Dari 5 tempat tersebut, kamu bisa mendapatkan banyak ide menulis dari berbagai sudut pandang. Tinggal kamu mau mengambil dari sudut pandang yang mana yang akan kamu tuangkan ke dalam tulisan kamu.

Baca juga: 5 Tips Agar Kamu Menjadi Orang yang Lebih Produktif


Like it? Share with your friends!

0
Life is Beautiful

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *