7 Drama Korea Bertema Balas Dendam Dengan Alur Paling Menarik

Drama Korea bertema balas dendam ini sebagian juga sudah ada Netflik


Poster Cafe Minamdang

Kalau sedang nonton film atau drakor, memangnya apa sih yang dicari kalau bukan konflik dan alurnya yang menarik? Selain konflik dan alur, genre dalam film atau drama pun menjadi salah satu pertimbangan ‘kan?

Ngomong-ngomong tentang genre nih, akhir-akhir ini banyak drakor yang mengangkat tema tentang aksi balas dendam. Namun dari berbagai drakor yang sudah tayang tersebut, ada 7 drama Korea bertema balas dendam dengan alur paling menarik yang ingin saya rekomendasikan.

Nah, apa saja sih rekomendasi drama Korea bertema balas dendam dengan alur paling menarik tersebut?

1. Why Her?

Poster Why Her? (viu.com)

Why Her? adalah drama Korea yang dibintangi oleh Seo Hyun Jin dan  Hwang In Youp. Drama ini disutradarai oleh Park Soo Jin dan telah tayang pada 3 Juni 2022.

Secara garis besar drama ini tentang pencarian keadilan Gong Chan yang dijebak telah membunuh adik tirinya. Sehingga dia dipenjara dan meninggalkan masa remaja dengan hidup dikucilkan.

Sampai pada akhirnya dia bebas dari penjara dan mencoba meneruskan studinya di jurusan Hukum. Di jurusan inilah Gong Chan kembali bertemu seseorang yang berhasil menguatkan dan meneguhkan hatinya untuk mencari kebenaran atas kematian adik tirinya. Seseorang itu adalah Oh Soo Jae–dosen sekaligus pengacaranya dulu. Satu-satunya orang yang percaya bila Gong Chan bukanlah pembunuh adik tirinya.

Singkat cerita pertemuan keduanya ternyata membuahkan tali merah dari berbagai konflik dalam negeri. Begitu pun kasus yang sedang Gong Chan tangani. Sebab semua peristiwa yang terjadi karena ulah salah seorang pemimpin firma hukum yang ingin mengambil alih dan menyelamatkan kekuasaannya dengan mengkambinghitamkan orang lain.

Padahal kenyataannya, semua kasus yang terjadi untuk menutupi kasus yang dilakukan oleh anak sulung sang pemimpin firma hukum tersebut. Dia memanfaatkan kekuasaan dan hukum untuk membersihkan nama baik keluarga dan anaknya untuk meneruskan juga mengembangkan perusahaannya.

2. The Glory

Poster The Glory (Netflix.com)

Selanjutnya ada The Glory. Drama yang baru menyelesaikan musim pertamanya ini cukup banyak menarik perhatian pecinta drama Korea. Bahkan, drama ini berhasil mengalahkan drakor Reborn Rich di Netflix loh!

Bagaimana enggak jadi perhatian, bila konflik dalam The Glory juga mengambil kisah nyata dari kasus perundungan (bullying) yang pernah terjadi di salah satu sekolah di Korea Selatan.

The Glory adalah drama Korea tentang balas dendam yang diperankan oleh Song Hye Kyo. Selain Song Hye Kyo drama ini dimeriahkan pula oleh Lee Do Hyun, Lim Ji Yeon, Yeom Hye Ran, Park Sung Hoon dan Jung Sung Il.

Secara garis besar The Glory merupakan aksi balas dendam Moon Dong Eun kepada teman SMA yang pernah merundungnya. Namun tidak hanya teman, tapi orang-orang yang tidak memihak pada korban perundungan pun menjadi incaran Dong Eun.

Untuk melancarkan aksi balas dendamnya tersebut, Dong Eun menunggu hingga bertahun-tahun. Sampai pada akhirnya dia menjadi seorang guru di salah satu sekolah anak teman SMA-nya berada dan memulai aksinya dengan begitu mulus dan kejam.

Dia tidak secara langsung membalas dendam secara fisik, melainkan dengan menyakiti secara mental dan batin. Bahkan tidak hanya itu, dia juga berusaha memecah belah persahabatan teman perundung tersebut agar saling mencurigai.

Secara singkat The Glory pada musim pertama ini, aksi balas dendam Moon Dong Eun menurut saya bisa dikatakan berhasil. Entah ending selanjutnya, kita tunggu saja The Glory di musim kedua pada Maret 2023.

Baca Juga: 5 Drakor Romance-Thriller Yang Menegangkan Namun Tetap Manis Ditonton

3. Eve

Poster Eve (viu.com)

Drama Eve yang dibintangi oleh Seo Yea Ji ini sedikit mirip dengan The Glory. Kendati fokus balas dendamnya berbeda, tapi tokoh utama terlibat langsung dalam aksi balas dendam. Walaupun dalam aksinya tersebut muncul berbagai trauma yang kadang kala melemahkan si tokoh utama.

Eve atau Eve Scandal adalah drama Korea yang disutradarai oleh Park Bong Seop dengan jumlah enam belas episode dan telah tayang dipertengahan 2022.

Secara garis besar Eve Scandal bercerita tentang aksi balas dendam Lee Ra El kepada keluarga konglomerat Han Pan Ro beserta putri, menantu dan bawahannya yang disinyalir sebagai dalang kematian keluarga Ra El. Ra El yang tiga belas tahun lalu berhasil melarikan diri dari kekejian keluarga Han Pan Ro kini mencoba membalas dendam dan ingin mengambil alih kembali kekayaan Han Pan Ro.

Ngomong-ngomong dulu, ayah Ra El merupakan seorang pengusaha. Namun Han Pan Ro dengan paksa mengambil alih perusahaan ayah Ra El dengan berbagai ancaman juga kejahatan. Sehingga pada saat itu yang berhasil selamat hanya Ra El.

Ra El melancarkan aksinya tidak sendiri, dia dibantu orang-orang yang masih setia kepada ayahnya pun keluarga korban dari kekejian keluarga Han Pan Ro. Dalam aksinya tersebut, Ra El bahkan turun langsung dan menjadi orang ketiga dalam rumah tangga putri Han Pan Ro bernama Han So Ra dengan Kang Yeon Gyeom.

Memang Ra El mendekati Yeon Gyeom tak lain karena sudah direncanakan. Namun bagaimana jadinya bila keduanya saling menambatkan hati? Apalagi Ra El dan Yeon Gyeom mempunyai trauma dan masa lalu yang hampir sama. Bahkan mereka saling mengobati.

Kendati mereka saling mengisi, tapi Yeon Gyeom masih merasa bersalah kepada Ra El karena tindakan mertua dan istrinya yang begitu keterlaluan. Yeon Gyeom pada dasarnya tidak tahu apa-apa tentang kekejian Han Pan Ro. Yeon Gyeom dalam sisi ini tidak bersalah, selain dia adalah menantu dari Han Pan Ro yang menjadi incaran Lee Ra El.

Secara singkat Lee Ra El berhasil mengambil alih perusahaan ayahnya. Sebab sebelum memutuskan bunuh diri, Yeon Gyeom mewariskan seluruh hartanya kepada Ra El.

4. Again My Life

Poster Again My Life (viu.com)

Lee Joon Gi adalah tokoh utama dalam drama Korea Again My Life. Drama ini disutradarai oleh Han Chul Soo dengan jumlah enam belas episode. Drama yang diproduksi ulang dari novel web KakaoPage ini bergenre aksi fantasi, balas dendam.

Dalam drama ini Lee Joon Gi  berperan sebagai seorang jaksa bernama Kim Hee Woo. Dia adalah jaksa yang kompeten, gigih dan taat hukum. Suatu ketika dia dibunuh saat menyelidiki sebuah kasus besar seorang konglomerat. Namun beruntung, seolah-olah semesta memberikan satu kesempatan Hee Woo untuk membongkar kejahatan tersebut.

Hee Woo selamat dan terlahir kembali sebagai siswa SMA. Kemudian dia masuk jurusan Hukum, lantas merencanakan balas dendam secara halus dengan pengetahuannya sebagai jaksa. Bahkan tidak tanggung-tanggung, dia mendekati tersangka dengan menyamar sebagai orang yang akan setia dibawah perintahnya tersebut.

Nyatanya langkah yang diambil Hee Woo berhasil mengelabuhi Cho Tae Sub, dalang dari berbagai kasus suap dan kejahatan di Seoul. Hee Woo bahkan sempat menjadi orang kepercayaannya. Walau pada akhirnya, Hee Woo tidak bisa menangkap Cho Tae Sub dengan hukum karena kurangnya bukti. Namun Cho Tae Sub dapat dihukum dengan hukuman sosial karena kebejatannya menjadi sampah masyarakat.

5. Itaewon Class

Poster Itaewon Class (ig: @jtbcdrama)

Itaewon Class adalah drama dengan aksi balas dendam yang cukup berbeda dari drama-drama sebelumnya. Sebab drama kali ini lebih fokus pada pengembangan usaha individu yang mencoba menyaingi usaha waralaba. Itaewon Class dibintangi oleh Park Soe Joon sebagai Park Sae Roy.

Saya kira aksi balas dendam di Itaewon Class cukup sehat dan manusiawi, relevan pula dengan temanya tidak banyak menyorot tindakan kriminal yang terlalu kejam. Kendati demikian, namanya balas dendam ya tetap saja balas dendam ya ‘kan?

Aksi balas dendam dalam drama ini dikarenakan karena strata sosial. Park Sae Roy yang kala itu tidak terima karena kasus kecelakaan ayahnya ditutup pihak kepolisian, akhirnya memukuli Jang Geun Won putra dari CEO Grup Janggang. Alhasil Sae Roy dipenjara.

Tahu sendirilah, CEO Jang pemilik usaha waralaba kuliner nomor satu di Korea saat itu, sedangkan anaknya menambrak ayah Sae Roy. Akan tetapi bisa bebas begitu saja. Akhirnya setelah keluar dari penjara, Sae Roy bertekad ingin membuka usaha dan menyaingi usaha waralaba Janggang.

Sae Roy dengan tekadnya tersebut memang terdengar mustahil. Namun pada kenyataannya  usaha kuliner yang dia namakan Itaewon Class berhasil mengalahkan Janggang.

Dalam hal ini perlu diketahui pula, bila cara Park Sae Roy membalas dendam menurut saya dengan cara yang begitu elegan. Dia tidak melakukannya secara fisik, tapi dengan kemampuan mengembangkan usaha.

Baca Juga: Review The Glory: Drama Korea yang Wajib Ditonton Ditahun 2023

6. My Name

Poster My Name (Netflix.com)

Drama My Name diperankan oleh Han So Hee sebagai Yoon Ji Woo. Drama ini disutradarai oleh Kim Jin Min dan berjumlah delapan episode. My Name telah tayang pada 15 Oktober 2021 dan dapat pula ditonton di Netflix.

Secara garis besar My Name bercerita tentang Yoon Ji Woo yang ingin membalas dendam atas kematian ayahnya. Dia akhirnya bergabung dalam sebuah geng dan diutus sang bos menyamar sebagai polisi.

Ngomong-ngomong dalam kepolisian dia dijadikan mata-mata. Sebab sang bos salah satu orang yang cukup diincar polisi karena usahanya dalam jual beli obat-obatan terlarang. Disisi lain menjadi mata-mata, Ji Woo mencari tahu dalang dibalik kematian sang ayah. Hal tersebut dilakukan karena dia dihasut sang bos bila pembunuh ayahnya salah satu orang di kepolisian.

Namun nahasnya, Ji Woo yang tidak mengerti situasi itu percaya dengan pernyataan sang bos. Padahal ayah Ji Woo adalah anggota polisi yang sedang menyamar dalam geng bos Ji Woo.

Setelah mengetahui fakta tersebut, Ji Woo akhirnya memerangi sang bos. Dia juga berhasil mengalahkan sang bos dalam duel yang begitu menegangkan.

7. Cafe Minamdang

Poster Cafe Minamdang (ig:@kbsdrama)

Cafe Minamdang menurut saya menjadi drakor balas dendam dengan alur paling menarik. Sebab Cafe Minamdang mempunyai plot twist yang tidak pernah saya duga. Selain masalah alur, konflik dan penyelesaiannya pun cukup memuaskan.

Berbeda dari kasus balas dendam sebelumnya, Cafe Minamdang memiliki sisi komedi. Sehingga kendati dalam konflik drama begitu serius dan menegangkan, Cafe Minamdang masih memberikan sisi yang ceria.

Secara garis besar Cafe Minamdang bercerita tentang seorang profiler bernama Nam Han Joon (diperan oleh Seo In Guk) yang memutuskan berhenti dari profesinya karena rasa bersalah. Dia bersalah karena tidak bisa menangkap pembunuh berantai yang kala itu membunuh temannya di depan matanya sendiri.

Akibat rasa bersalah tersebut, dia memutuskan mencari tersangka dengan membuka kafe bernama Minamdang. Namun kafe itu bukanlah kafe biasa. Sebab dia membuka jasa sebagai dukun untuk mencari dalang dan tersangka dari kasus pembunuhan tersebut.

Ngomong-ngomong tentu saja Nam Han Joon tidak bisa menggunakan kekuatan supranatural seperti dukun pada umumnya. Dia hanya mengandalkan kemampuannya sebagai mantan profiler dan bantuan sang adik untuk mengetahui semua identitas para tamunya.

Namun siapa sangka bila tersangka yang dicarinya selama ini adalah seseorang yang begitu dekat pula dengan Nam Han Joon? Bahkan nih, si tersangka adalah seorang jaksa muda yang memang mempunyai sifat psikopat sejak kecil.

Asli, jangankan para detektif dan Nam Han Joon. Saya sebagai penonton begitu tertipu dengan penampilan tersangka yang begitu pandai menampilkan berbagai tipu muslihat dan upaya menutupi jati dirinya yang psikopat.

Nah, itulah 7 drama Korea bertema balas dendam dengan alur paling menarik. Lantas drama korea yang paling menarik bagi kalian?

Baca Juga: Sudah Tayang, Ini 5 Fakta Menarik dan Sinopsis Drama Reborn Rich

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *