6 Tanda Kamu Telah Jahat Pada Diri Sendiri

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang jahat pada diri sendiri? Coba cek faktanya di sini


Ilustrasi jahat pada diri sendiri

Mungkin kamu sudah merasa bahwa apa yang sudah dilakukan selama ini adalah hal terbaik untuk dirimu dan kamu merasa nyaman dengan itu. Padahal, bisa saja itu tanda kamu telah jahat pada diri sendiri tanpa disadari.

Mengapa demikian? Karena kamu hanya melihat sesuatu yang baik dari kedua matamu, bukan dari sisi terdalam dirimu. Sehingga kamu tidak menyadari bahwa itu tidak baik untuk untuk dirimu. Lantas, apa saja bentuk kejahatan pada diri sendiri? Yuk cek penjelasan lengkapnya di sini.

1. Selalu mengiyakan permintaan orang lain

Tanda kamu telah jahat pada diri sendiri yang pertama adalah selalu mengiyakan permintaan orang lain dan susah untuk menolaknya. Memang menjadi orang baik itu tidak buruk, tetapi selalu mengiyakan permintaan orang lain juga bisa berdampak buruk untuk diri sendiri.

Kebiasaan menjadi seorang people pleaser akan terus membuatmu tidak enak menolak karena rasa sungkan atau tidak tega. Alhasil, lama-lama akan ada beban yang terus menumpuk dan menyiksa dalam hati yang tak bisa diungkapkan. Jadi, nggak masalah kok kalau sesekali menolak permintaan orang lain demi kesehatan dalam dirimu.

2. Tidak yakin pada kemampuan sendiri

Sering tidak yakin pada kemampuan diri sendiri juga menunjukkan bahwa kamu telah jahat pada diri sendiri. Suka meremehkan bahkan membandingkan kemampuanmu dengan orang lain akan membuatmu kehilangan kepercayaan diri dan berakhir minder.

Padahal setiap orang punya kemampuan yang tidak sama, begitu pula dengan kamu. Jadi, cobalah untuk yakin pada kemampuanmu sendiri dan beranilah untuk menunjukkannya dengan percaya diri tanpa minder ataupun takut dinilai jelek.

Baca Juga:

3. Abai dengan kesehatan tubuh

Melakukan banyak aktivitas memang baik, namun jangan terlalu diporsir karena tubuh juga butuh beristirahat. Jangan sampai tunggu tumbang dahulu baru beristirahat. Ingatlah, tubuhmu bukan robot yang tidak mengenal lelah.

Kamu harus tahu kapan waktu untuk beraktivitas dan kapan waktunya untuk beristirahat. Beraktivitas secukupnya, dan beristirahatlah jika tubuh sudah menunjukkan kelelahan atau sinyal negatif lainnya. Dengan cukup istirahat, tentunya tubuh bisa kembali segar dan aktivitas lebih semangat dan lancar.

4. Malas merawat diri

Selain abai dengan kesehatan tubuh, mungkin tak sedikit juga yang malas merawat diri. Padahal merawat diri itu penting banget lho, seperti perawatan kecantikan hingga kebersihan tubuh. Ini berlaku tidak hanya untuk wanita, tetapi juga pria.

Misalnya nih, malas menggunakan skincare padahal penggunaannya bisa untuk menyehatkan kulit dan terhindar dari berbagai masalah kulit seperti jerawat, wajah kusam, penuaan dini dan masalah lainnya. Kamu tentu nggak mau kan ketemu orang lain tapi kulitmu terlihat kusam atau wajah terlihat lebih tua dari umurmu? Jadi, jangan lupa merawat diri ya.

Baca Juga:

5. Anti kritik atau tidak mau mendengar masukan orang lain

Orang yang anti kritik, tidak mau mendengar masukan orang lain juga termasuk ke dalam kejahatan pada diri sendiri lho. Sebab, biasanya orang yang seperti itu enggan untuk berbenah diri dan merasa dirinya selalu benar dalam hal apapun.

Padahal, manusia itu tempatnya salah dan tidak ada yang mutlak benar. Jadi, nggak ada salahnya untuk memperbaiki diri dengan mendengar kritik dan masukan orang lain selama itu untuk kebaikanmu sendiri ya.

6. Suka menyalahkan diri sendiri

Ketika mengalami kegagalan atau berbuat salah cobalah untuk tidak menyalahkan diri sendiri. Sebab, terkadang ada beberapa faktor pendukung yang menyebabkannya terjadi dan nggak melulu karena kesalahanmu sendiri.

Terus menyalahkan diri tidak akan bisa mengubah apapun yang sudah terjadi. Jadi, yuk coba hilangkan kebiasaan menyalahkan diri sendiri lalu coba untuk move on dan memperbaiki diri lebih baik agar kejadian tersebut tidak terjadi lagi.

Dari enam tanda jahat pada diri sendiri ini, apakah salah satunya ada padamu? Jika iya, yuk mulai perbaiki dari sekarang. Sayangi dirimu ya.

Baca Juga: 5 Manfaat Curhat Untuk Kesehatan Mental, Dari Mengurangi Beban Hingga Menjalin Silaturahmi

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *