6 Tips Mudik Aman dan Nyaman Bersama Anak Selama Perjalanan dengan Mobil Pribadi

Supaya mudik bersama anak terasa aman dan nyaman dengan mobil pribadi, ini beberapa tips mudik yang wajib diketahui


Ilustrasi mudik (pixabay.com/Ilustrasi atur jam tidur anak (pixabay.com/rhonda_jenkins)

Mudik, menjadi tradisi yang tak pernah terlewat saat menjelang hari raya Idul Fitri tiba. Momentum ini dijadikan sebagai momen berkumpulnya sanak keluarga dan saudara untuk melepas rindu di kampung halaman. Meski terkadang terasa melelahkan karena jarak tempuh yang cukup jauh, namun sungguh dinantikan bagi para perantau yang jauh dari keluarga.

Lantas, bagaimana dengan orang tua yang ingin membawa anaknya yang masih kecil untuk mudik ke kampung halaman? Tentu membutuhkan persiapan matang agar perjalanan mudik terasa aman dan nyaman, khususnya bagi si kecil. Nah buat para orang tua, yuk ikuti 6 tips mudik aman dan nyaman bersama anak selama perjalanan dengan mobil pribadi:

1. Cek Kondisi Mobil Sebelum Berangkat

Tips mudik aman dan nyaman bersama anak yang pertama adalah cek dahulu kondisi mobil sebelum berangkat. Kondisi mobil yang baik dan prima menjadi salah satu faktor kenyamanan dan kelancaran perjalanan mudik bersama anak.

Bawalah segera mobilmu ke bengkel untuk di cek secara keseluruhan dan memastikan mobil layak untuk digunakan jarak jauh. Jangan sampai kamu abai sehingga bisa menimbulkan bahaya di perjalanan nanti. Jadi, jangan lupa untuk segera cek kondisi mobil sebelum berangkat ya.

2. Siapkan Tempat Duduk Khusus yang Nyaman

Setelah memastikan kondisi mobil aman, kamu juga harus memerhatikan tempat duduk khusus yang nyaman untuk anak selama perjalanan mudik. Cobalah untuk menyiapkan car seat yang nyaman untuk anak nanti.

Car seat bisa membuat aman dan nyaman saat digunakan oleh anak selama perjalanan. Selain itu, juga bisa bantu melindungi dari benturan keras. Pastikan car seat sesuai dengan postur tubuh si anak ya.

Baca Juga: 

3. Persiapkan Mainan dan Makanan Kesukaannya

Mengingat perjalanan mudik yang memakan waktu beberapa jam, tentu akan membuat anak mudah bosan selama di perjalanan. Maka, penting untuk mempersiapkan kebutuhan mereka dengan matang. Bawalah mainan dan makanan kesukaan si kecil yang bisa dinikmati saat perjalanan untuk mengalihkan rasa bosan.

Bisa juga menambahkan buku bacaan bergambar serta lagu-lagu anak untuk membuatnya merasa nyaman dan senang. Cobalah untuk membacakan buku tersebut dan bernyanyi bersama selama perjalanan.

4. Cari Tempat untuk Beristirahat

Selain membantu pengemudi untuk mengistirahatkan tubuh sejenak dan mengembalikan stamina seusai berkendara. Mencari tempat untuk beristirahat juga bisa membantu menghilangkan rasa bosan anak selama di dalam mobil.

Dengan beristirahat dan keluar mobil, anak bisa lebih leluasa menggerakkan anggota tubuh mereka agar rileks dan melihat pemandangan. Selain itu, kamu pun bisa mengganti baju serta popok anak yang kotor saat istirahat. Tak lupa, ajak anak untuk makan di sekitar area istirahat.

5. Bawa Peralatan Obat-obatan

Membawa kebutuhan tambahan seperti obat-obatan juga penting untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Perjalanan yang jauh, bisa saja membuat anak mendadak demam atau mengalami mabuk perjalanan.

Bawalah obat demam, thermometer, obat anti mabuk, vitamin anak serta minyak balur untuk berjaga-jaga. Jangan lupakan juga sediakan tempat sampah dan plastik untuk antisipasi jika anak mabuk di perjalanan.

Baca Juga: 

6. Atur Jam Tidur Anak

Terakhir, pastikan jam tidur anak cukup dan teratur selama di perjalanan. Mengingat jam tidur dan suasana tidur yang berubah dari biasanya, tentu bisa membuat anak menjadi rewel nantinya. Maka, pintarlah dalam mengatur jam tidur dan membuatnya senyaman mungkin.

Jangan sampai anak kekurangan waktu tidur, karena itu juga bisa memengaruhi imunitasnya. Jika imunitasnya terganggu, maka anak akan mudah sakit. Jadi, pastikan jam tidurnya cukup dan tidak terganggu ya.

Memang tidak mudah membawa anak ketika perjalanan mudik, tapi bukan berarti tidak bisa dicoba. Jadi, jangan lupa untuk menerapkan 6 tips mudik aman dan nyaman bersama anak selama perjalanan dengan mobil pribadi di atas ya. Selamat mempersiapkan mudik!

Baca Juga: 6 Tips Aman Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *