7 Trik Jitu Tak Kalap Belanja Karena Diskon Lebaran


Meski lebaran Idulfitri masih dalam hitungan minggu, namun promo-promo lebaran yang menggiurkan sudah mulai bermunculan. Tak tanggung-tanggung, diskon yang ditawarkan biasanya bisa mencapai 80%. Hal ini tentu mengundang perhatian untuk membelinya, baik secara online maupun offline.

Rasanya sulit sekali untuk melewatkan promo begitu saja, sehingga tanpa sadar kalap untuk membeli berbagai macam. Padahal, barang yang dibeli belum tentu diperlukan. Lantas bagaimana cara agar dan tidak kalap saat belanja? Nah berikut 7 trik jitu tak kalap belanja karena diskon lebaran!

1. Tetapkan Anggaran Belanja

Trik jitu tak kalap belanja karena diskon lebaran yang pertama adalah pastikan kamu sudah tetapkan anggaran untuk belanja. Mencatat anggaran ini bertujuan agar kamu bisa menekan pengeluaran dan tidak kalap saat berbelanja. Sehingga kamu bisa mengalokasikan dana untuk kebutuhan terpenting saja.

Pastikan kamu mencatat anggaran-anggaran tersebut dengan benar. Dengan catatan yang benar, kamu bisa mengetahui limit pengeluaran belanja yang harus dikeluarkan dan terhindar dari belanja berlebih.

2. Catat Daftar Barang yang Perlu Dibelanjakan

Jika sudah menetapkan anggaran belanja, selanjutnya adalah catat barang apa saja yang perlu dibelanjakan. Catatan daftar belanjaan ini bisa membantumu membeli barang yang dibutuhkan dan terhindar dari godaan diskon barang-barang yang tak ada di dalam daftar.

Cukup membeli barang-barang prioritas untuk kebutuhan lebaran yang ada dalam daftar barang belanjaan. Tekan diri untuk tidak melihat serta membeli barang-barang diskon lainnya.

Baca Juga: Lakukan 5 Aktivitas Bermanfaat Ini, Supaya Liburanmu Nggak Sia-sia!

3. Jangan Langsung Membeli, Tunggu 2-3 Hari

Setelah kamu mencatat daftar barang yang ingin dibeli, cobalah untuk menahan diri dulu dari diskon-diskon yang telah kamu lihat sebelumnya. Kamu bisa menunggu dalam jangka waktu 2-3 hari ke depan.

Tujuannya adalah agar kamu punya waktu untuk memastikan apakah barang tersebut memang barang yang kamu butuhkan atau hanya sekadar keinginan. Jika setelah 3 hari barang tersebut ternyata masih dibutuhkan, kamu bisa membelinya.

Baca Juga: 5 Tips Irit Buat Anak Kos

4. Manfaatkan Voucer yang Ada

Trik jitu agar tak kalap belanja selanjutnya adalah memanfaatkan voucer yang diberikan oleh toko. Baik online atau offline biasanya menyediakan voucer tambahan untuk pembelinya. Kamu bisa banget memanfaatkan voucer-voucer tersebut untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Manfaatkan dengan baik voucer dari toko untuk membeli barang-barang yang kamu butuhkan. Namun, perlu diingat jangan karena ada voucer, kamu jadi kebablasan membeli barang-barang yang lainnya ya.

5. Usahakan Berbelanja dengan Tunai

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengusahakan berbelanja menggunakan uang tunai. Sebab, jika kamu berbelanja menggunakan ATM atau kartu kredit, akan membuatmu semakin boros.

Kamu bisa mengambil uang secukupnya, sesuai perkiraan harga yang ada dalam daftar belanjaan kamu.Lalu berbelanja dengan uang tunai. Dengan begitu, kamu akan berpikir dua kali untuk belanja tambahan jika uangmu pas-pasan.

Baca Juga: Suka Memberi Meskipun Hidup Pas-pasan? 5 Hal Inilah yang Menjadi Alasannya!

6. Membandingkan Harga Barang Dari Beberapa Toko

Membandingkan harga barang dari beberapa toko juga bisa membantu menekan pengeluaran kamu. Sebab, biasanya ada toko yang menawarkan harga serta diskon lebih murah dengan barang yang sama. Kamu bisa banget memanfaatkan ini.

Cobalah cek dengan teliti barang-barang yang ingin kamu beli dari beberapa toko yang tersedia. Kalau sudah menemukan barang sama dengan harga yang paling miring, kamu bisa langsung membelinya.

7. Cek Kembali Barang-Barang yang Ada di Rumah

Terakhir, pastikan kembali barang-barang yang ada di rumah. Jangan sampai, kamu membeli barang yang sebelumnya masih banyak atau masih baik untuk digunakan. Seperti makanan atau pakaian, misalnya.

Jika kamu masih memiliki baju yang masih layak pakai atau bahkan belum pernah dipakai sebelumnya, jangan mencoba untuk membeli baju baru lagi. Kamu bisa memodifikasi baju yang ada dengan menambahkan aksesoris seperti scarf atau belt agar tetap terlihat modern dan modis.

Belanja untuk lebaran itu boleh kok. Tetapi pastikan kamu sudah tahu tujuh trik jitu tak kalap belanja karena diskon lebaran agar pengeluaran kamu nantinya tidak membengkak. Yuk, jadi pembeli yang cerdas agar keuangan tetap aman.

Baca Juga: Kamu Sandwich Generation? Atasi dengan 4 hal ini yuk!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *