5 Tips Mencintai Diri Sendiri, Sudah Pernah Coba Belum?


Ilustrasi mencintai diri sendiri (pexels.com/ouajbir)

Tahukah kamu, sebelum kita mencintai orang lain, kita terlebih dahulu harus mencintai diri sendiri dulu, lho. Karena dengan mencintai diri sendiri kita bisa lebih memahami dan menghargai diri kita sehingga kita bisa membentuk diri menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Setelah diri menjadi lebih baik, barulah kita bisa mencintai orang lain. Selain itu, dengan mencintai diri sendiri kita bisa lebih memahami dan memperlakukan orang lain dengan lebih baik. Penulis punya beberapa tips untuk mencintai diri sendiri nih, disimak yuk tipsnya :

1. Cari tahu kelebihan dan kelemahan kita

Ilustrasi analisa strength dan weakness (pixabay.com/athree23

Jika kita ingin mencintai diri sendiri, kita harus mengetahui kelebihan dan kelemahan yang kita punya. Petakan kelebihan dan kelemahan kita lalu berfokus untuk mengasah kelebihan dan mengurangi kelemahan yang kita punya. Misalnya, kamu mempunyai kelebihan di bidang akuntansi namun mempunyai kelemahan ceroboh, maka kamu harus bisa mensiasati kecerobahan tersebut dengan mengerjakan sesuatu dengan teliti, tidak terburu-buru.

2. Tingkatkan kemampuan

Ilustrasi meningkatkan kemampuan (pixabay,com/geralt)

Berprogres tentunya sangat penting, jika ingin diri sendiri bisa beradaptasi dengan teknologi yang semakin maju maka kita pun harus meningkatkan kemampuan kita agar tidak tertinggal. Kemampuan apapun itu, bila ditekuni akan membuat diri kita menguasai kemampuan tersebut.

Baca Juga:

3.Dekatkan diri dengan Tuhan

Ilustrasi berdoa (pixabay.com/ Artadya Gumelar)

Mendekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa dengan cara beribadah dan menghindari laranganNya juga merupakan suatu bentuk mencintai diri sendiri. Kita tahu bahwa kita merupakan manusia lemah yang tidak ada apa-apanya, kita membutuhkan pertolongan dan petunjuk Yang Maha Kuasa untuk menuntut kita mencapai tujuan yang kita inginkan. Oleh karena itu, dekatkanlah dirimu dengan Tuhan, maka urusanmu akan dipermudah.

4. Menerapkan pola hidup sehat

Ilustrasi pola hidup sehat (pixabay.com/RyanMcGuire)

Selanjutnya adalah pola hidup sehat, mulai dari ruti berolahraga, makan makanan yang sehat, minum air putih setiap hari, bermeditasi juga merupakan salah satu bentuk mencintai tubuh sendiri sehingga penyakit pun terhindar dan badan menjadi lebih fit untuk beraktivitas menghadapi kegiatan sehari-hari.

Baca Juga:

5. Lakukan kegiatan positif

Ilustrasi menjadi relawan (pixabay.com/tdam94)

Kemudian yang terakhir adalah dengan melakukan kegiatan positif, misalnya menjadi relawan bencana alam, relawan kegiatan sosial, dan lain sebagainya, yang bisa membawa pengaruh positif ke dalam kehidupan kita. Hal ini akan membuat diri kita semakin bersyukur, mencintai diri serta keadaan yang terjadi di dalam hidup kita.

6. Kumpul dengan orang yang “positif vibes”

Iliustrasi berkumpul dengan orang yang positif (pixabay.com/geralt)

Berkumpul dengan orang-orang yang positif juga dapat meningkatkan kecintaan terhadap diri sendiri. Orang yang positif cenderung mencintai diri sendiri dan hidupnya, selalu bersyukur dan terus berprogres setiap harinya. Sehingga kamu harus banget nih kumpul dan bergaul dengan orang-orang yang positif vibes agar kamu ikut terbawa positif.

7. Terus berpikiran positif

IIlustrasi berfikir positif (pixabay.com/sweetlouise)

Berpikir positif merupakan suatu sikap menerima keadaan kita apapun itu, lalu mengambil sisi positif nya, hal ini dapat meningkatkan self love kita karna dengan melihat suatu keadaan secara positif, kita dapat meningkatkan rasa cinta terhadap diri sendiri serta meningkatkan rasa percaya diri.

Baca Juga:

8. Mencari sumber informasi yang dapat meningkatkan self love

Ilustrasi mencari sumber informasi (pixabay.com/congerdesign)

Salah satunya dengan cara menonton video-video youtube yang memperlihatkan bagaimana cara produktif, bagaimana kita harus berperilaku, dan lain-lain yang dapat meningkatkan self love. Selain itu, bisa juga menonton film yang bertemakan self love sehingga kita dapat mengambil nilai yang ada di film tersebut, cara lainnya bisa dengan membaca buku-buku bertemakan self love ataupun self improvement.

9. Selalu berterima kasih kepada diri sendiri

Ilustrasi berterimakasih (pixabay.com/GingerQuip)

Cara lain untuk mencintai diri sendiri adalah dengan selalu berterima kasih kepada diri sendiri sudah bertahan dan mampu menghadapi keadaan yang diluar ekspetasi kita. Cara ini bisa dengan merenungkan diri sendiri sambil mengingat apa saja hal yang sudah dilalui. Cara lain berterima kasih dengan diri sendiri adalah dengan “self reward” yang dimana kita bisa membeli barang yang kita inginkan dari dulu atau pergi ke suatu tempat yang kita inginkan.

Itulah beberapa tips untuk mencintai diri sendiri, sudahkah dirimu mencobanya? Kalau belum, wajib dicoba yaa.
Selamat Menerapkan. Thanks for reading.

Baca Juga: Jangan Kaget! Salah Satu Dari 4 Tipe Kepribadian ini Akan Menyingkap Tabir Diri Sendiri!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Hero

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *