6 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia, Mana Sajakah?


Ilustrasi kampus di Indonesia (jabar.jpnn.com)

Mau kuliah masih bingung kemana? Banyak sekali perguruan tinggi di Indonesia. Entah perguruan tinggi negeri atau swasta. Atau mungkin perguruan tinggi keagamaan. Semua ada di Indonesia. Bagi kamu yang sekarang menempuh jenjang pendidikan SMA/SMK/MA perlulah mengerti dan mengetahui perguruan tinggi dan jenisnya.

Karena banyaknya perguruan tinggi, kadang calon mahasiswa asal pilih perguruan tinggi. Mereka tidak memperhatikan akreditasi program studi dan juga akreditasi perguruan tinggi. Misalnya saja mau daftar CPNS, ada persyaratan akreditasi program studi yang minimal B. Bahkan untuk karir ke depan juga mensyaratkan akreditasi minimal B. Ini artinya kita kalau memilih perguruan tinggi harus selektif.

Pilihlah perguruan tinggi negeri yang bagus dengan akreditasi yang baik pula. Ini dapat meningkatkan gengsi diri dengan mencoba memasuki perguruan tinggi negeri favorit yang terakreditasi baik, syukur akreditasinya A. Bagi kamu-kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, perlulah mengetahui perguruan tinggi tujuanmu. Mau yang terbaik atau biasa saja.

Dilansir dari laman webometrics, sebuah lembaga pemeringkatan internasional asal Spanyol ada 6 perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang mungkin bisa menjadi tujuan studi lanjut kalian. Mau tahu? Berikut daftar 6 perguruan tinggi terbaik Indonesia.

1. Institut Pertanian Bogor

Logo IPB Bogor (pikiran rakyat.com)

Institut Pertanian Bogor atau dikenal sebagai IPB merupakan salah satu perguruan favorit dan ada di peringkat 4 di Indonesia. IPB yang berdiri sejak jaman penjajahan ini telah menghasilkan lulusan terbaik. Lulusannya tersebar di seantero nusantara bahkan bekerja di berbagai instansi dan perusahaan besar dunia. Kampusnya yang representatif menjadikan iklim pembelajaran demokratis dan banyak melakukan penelitian yang berguna bagi masyarakat. Salah satunya berupa pemuliaan bahan makanan yang sangat membantu ketahanan pangan nasional.

2. Universitas Indonesia

Logo UI (familinia.com)

Universitas Indonesia atau dikenal sebagai UI ini berada di Jakarta. UI berada di peringkat pertama. Sebagai salah satu universitas tertua di Indonesia, UI telah menghasilkan lulusan yang melanglang buana dan menghiasi pemerintahan di Indonesia. Alumninya banyak menjadi peneliti, dosen, direktur bahkan menteri.

Dengan iklim penelitian dan pembelajaran yang demokratis menjadikan perguruan tinggi ini jadi sorotan. Yang jelas UI menampung calon mahasiswa yang brilian. Mungkin kalian berminat kuliah di sana, cobalah cari info tentang biaya dan juga program studinya. Yang jelas persaingan untuk masuk ke UI ketat banget.

Baca Juga: Kuliah Sambil Kerja?, Ini Manfaat dan Resikonya!

3. Universitas Gadjah Mada

Logo UGM (i.pinimg.com)

Universitas Gadjah Mada atau dikenal sebagai UGM ini berada di kota gudeg, Yogyakarta. UGM berada di peringkat 2. Sebagai perguruan tinggi tertua sebagaimana UI, UGM juga memiliki lulusan yang banyak dan menghiasi kancah kehidupan negeri ini.

Salah satu lulusannya, yaitu Joko Widodo yang saat ini menjadi presiden RI. Banyak program studi yang ditawarkan dan banyak mahasiswa dari nusantara yang masuk dan kuliah di UGM. Mau juga jadi mahasiswa UGM? Carilah informasi penting tetang akomodasi dan biaya hidup di sana. Siapa tahu jadi mahasiswa UGM. Keren kan?

Baca Juga: 8 Pekerjaan Sampingan yang Cocok Dilakukan Mahasiswa

4. Universitas Airlangga

Logo Unair (fk.unair.ac.id)

Universitas Airlangga atau dikenal sebagai  UNAIR ini ada di kota Surabaya. UNAIR ada di peringkat 5 di Indonesia. UNAIR juga  dicari calon mahasiswa dan memiliki banyak lulusan yang jadi pejabat dan pimpinan perusahaan nasional.

Program studi yang ada juga terakreditasi baik. Surabaya sebagai kota pahlawan tempat UNAIR ini juga representatif dalam iklim ilmiah dan pendidikan. Banyak mahasiswa dari berbagai kota di Indonesia yang jadi mahasiswa di sini.

5. Institut Teknologi Bandung

Logo ITB (cendananews.com)

Institut Teknologi Bandung atau dikenal sebagai ITB ini berdiri sejak jaman penjajahan. ITB berada di peringkat 10 sebagai perguruan terbaik di Indonesia. Bahkan presiden RI pertama, Ir. Soekarno termasuk alumnusnya.

Dengan berbasis teknologi sesuai namanya, jurusan dan program studi yang ditawarkan juga tidak jauh dari kata teknologi. Jika kalian ingin kuliah dan belajar teknologi di perguruan tinggi favorit, ITB solusinya.

6. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya berdiri tahun 1963 di Kota Malang Jawa Timur.  Universitas Brawijaya berada di peringkat 5 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Pemberian nama Universitas Brawijaya oleh Presiden Soekarno sebagai harapan kampus ini bisa menjadi kawah candradimuka bagi generasi muda.

Sebagai perguruan tinggi di Jawa Timur wilayah timur, UNIBRAW sangat favorit dan menghasilkan lulusan yang lebih baik. Lulusannya juga tersebar di pemerintahan dan lembaga swasta. Jurusan yang ditawarkan pun banyak sekali. Cocok untuk kalian yang ingin kuliah.

Demikian 6 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Jadi, Kamu mau kuliah di mana nih?

Baca Juga: 5 Hal Tentang Pengetahuan dan Riset yang Bisa Dilakukan di Kebun Raya Bogor

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *