6 Cara Menghilangkan Sikap People Pleaser


Ilustrasi people pleaser (highlysensitiverefuge.com)

People Pleaser merupakan sebutan bagi mereka yang selalu merasa tidak enakan terhadap orang lain, selalu lebih mementingkan orang lain dibandingkan diri sendiri bahkan seringkali meminta maaf atas ketidaksalahan yang ia buat.

Selain itu, menurut Psikolog UGM, Smita Dinakaramani, S.Psi., M.Psi., Psikolog., menjelaskan bahwa people pleaser merupakan pelabelan informal bagi individu yang memiliki keinginan kuat untuk menyenangkan orang lain.

Tipe-tipe people pleaser ini juga tak jarang diremehkan serta dimanfaatkan oleh orang lain. Oleh karena itu sebagai bentuk rasa sayang kita terhadap diri sendiri, sebaiknya kita hindari people pleaser ini. Berikut penulis rangkum beberapa cara untuk menghilangkan sikap people pleaser.

1. Berani berkata tidak

Mungkin untuk orang bertipe people pleaser ini sangat sulit untuk mengatakan tidak kepada orang lain, namun hal ini tidak baik lho untuk kamu.

Terus menerus menyetujui apa yang orang lain katakan atau lakukan juga tidaklah baik, kamu harus berani mengatakan tidak disaat kamu tidak suka atau tidak menyetujui hal tersebut sehingga orang lain pun bisa lebih menghargai dirimu, karena kamu jujur terhadap sesuatu.

Baca Juga:

2. Hindari merasa bersalah kepada orang lain secara berlebihan

Perasaan bersalah yang dirasakan orang people pleaser terkadang membuatnya sampai overthinking. Ketika ia melakukan kesalahan, maka kesalahannya akan terus diingat hingga menimbulkan rasa tidak enak kepada orang lain.

Hal ini tentunya tidak baik ya, karena kesalahan yang kita lakukan bukan harus terus dipirkan namun ambil pelajaran yang bisa diambil, sehingga kamu tidak akan mengulangi kesalahan tersebut. Boleh merasa bersalah kepada orang lain atas kesalahan yang kita buat, namun tetap pada batasnya, jangan sampai kesalahan kita di masa lalu bisa membuat kita lebih menderita.

3. Mulai katakan keinginan dirimu sendiri

Karakter people pleaser seringkali memendam keinginannya demi orang lain, mulai dari sekarang coba katakan dengan berani keinginan dirimu sebenarnya apa dan bagaimana. Hal ini juga akan berguna untuk dirimu, agar lebih berani mengekspresikan diri.

4. Jangan terus mengalah dengan orang lain

Sebagai people pleaser, pasti dirimu seringkali mengalah dengan orang lain. Mulai dari sekarang coba ya, untuk mengurangi sikap mengalahnya, karena keinginanmu juga berhak diperjuangkan. Selain itu, jika kita terus mengalah maka orang lain pun akan merendahkan kita.

Baca Juga:

5. Hindari meminta maaf padahal tahu itu bukan kesalahanmu

People pleaser juga seringkali meminta maaf atas ketidaksalahan yang ia buat, padahal tidak seharusnya dirimu melakukan hal itu. Kurangi rasa tidak enakan yang membuat dirimu harus meminta maaf terhadap ketidaksalahan yang kamu buat.

Kamu harus bisa mengontrol dirimu sendiri, kapan saatnya minta maaf atas kesalahanmu dan kapan saatnya kamu bisa mengurangi rasa bersalah atas ketidaksalahanmu.

6. Berhenti untuk menyenangkan orang lain

Tak selamanya kita harus menyenangkan orang lain dengan menyetujui suatu hal, ada kalanya orang lain tidak sejalan dan sepaham dengan kita, oleh karena itu tidak apa untuk tidak selalu menyenangkan orang lain karena pada dasarnya setiap orang punya pendapat serta pemahamannya masing-masing.

Menjadi people pleaser bukanlah suatu kesalahan, namun sebaiknya hal tersebut harus dikurangi agar kamu dapat memperjuangkan keinginanmu dan berani mengekspresikan dirimu.

Itulah beberapa cara menghilangkan sikap people pleaser. Jika kita terus menerus menjadi people pleaser maka dampaknya pun kita akan direndahkan dan dimanfaatkan orang lain. Jangan sampai hal ini terjadi padamu ya.

Thank’s for reading

Baca Juga: 8 Kebiasaan Buruk yang Harus Sanguinis Ubah, Cenderung Kekanakan!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Hero

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *