6 Cara Menggunakan Body Lotion Yang Benar, Jangan Asal-asalan!


Ilustrasi menggunakan body loiton (pexels.com/moose)

Body lotion merupakan jenis produk perawatan kulit khusus tubuh yang berfungsi untuk mencerahkan, menyehatkan dan menjaga agar kulit tetap lembap. Penggunaannya terlihat mudah, tetapi jika ingin mendapatkan hasil optimal, diperlukan beberapa cara menggunakan body lotion yang benar, jangan asal-asalan.

Lantas, apa saja ya cara menggunakan body lotion yang benar itu? Supaya nggak salah, yuk perhatikan beberapa cara yang benar di bawah ini agar hasilnya optimal.

1. Gunakan body lotion saat kulit bersih

Sebelum menggunakan Body lotion, pastikan kulit tubuhmu dalam kondisi yang bersih, terutama setelah mandi. Sebab, kulit memiliki kelembapan yang tinggi sehingga penyerapan Body lotion akan lebih maksimal.

Berbeda halnya ketika kulit dalam kondisi kering atau kotor, fungsi Body lotion akan terhalang dan tidak bekerja maksimal. Maka itu, pastikan kulitmu benar-benar bersih agar Body lotion yang sudah dioleskan keseluruh tubuh dapat bekerja dengan baik dan memberikan hasil optimal.

Baca Juga:

2. Aplikasikan menyeluruh ke tubuh

Kemudian, aplikasikan Body lotion secara menyeluruh ke bagian tubuhmu ya agar mendapatkan semua mendapatkan nutrisi yang sama. Sebab, tak jarang beberapa orang hanya mengoleskan Body lotion ke beberapa bagian tubuh saja seperti tangan dan kaki.

Padahal, bagian tubuh yang tidak terolesi bisa terlihat kusam, mengendur dan terdapat garis-garis halus lho. Jadi, mulai sekarang yuk olesi Body lotion kamu ke seluruh bagian tubuh ya agar nutrisi dan kelembapannya terjaga.

3. Oleskan secara tipis

Banyaknya body lotion yang dioleskan ke seluruh tubuh juga ada aturannya juga lho, nggak bisa sesuka hati. Salah satunya yaitu dengan mengoleskannya secara tipis di seluruh bagian kulit tubuh.

Penggunaan body lotion terlalu banyak tidak hanya pemborosan body lotion, tetapi juga membuat kulit menjadi licin, lengket, dan membuat manfaatnya nggak maksimal. Jadi, pastikan body lotion yang digunakan tipis saja ya tapi merata ke seluruh bagian kulit tubuh.

Baca Juga:

4. Aplikasikan sambil dipijat perlahan

Nah, kalau biasanya body lotion hanya diolesi saja ke bagian tubuhmu, mulai sekarang yuk sambil dipijat-pijat perlahan dengan lembut. Beri sedikit tekanan saat diolesi, tujuannya agar lotion tersebut mudah meresap ke dalam kulit dan kandungannya bisa bekerja lebih efektif.

Selain mudah menyerap, pijatan lembut ini juga akan membuat sirkulasi udara dan oksigen berjalan lancar lho. Sehingga kondisi kulit akan terlihat lebih cerah dan sehat.

5. Gunakan secara rutin

Untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih maksimal gunakan body lotion secara rutin. Kamu bisa gunakan sehari sekali atau lebih bagus dua kali sehari pada pagi hari dan sore hari.

Pemakaian rutin ini tentu akan bekerja optimal dalam melembapkan kulit tubuh dan terhindar dari kulit kusam akibat kering. Tetapi, kamu bisa menggunakan secara berulang ketika berada di bawah sinar matahari, sebab kulit bisa lebih cepat kering dan kasar.

Baca Juga:

6. Pilih jenis body lotion yang cocok untuk kulit

Terakhir, kamu juga harus perhatikan kondisi kulitmu sebelum memakai body lotion ya. Ada beberapa kondisi kulit tertentu yang tidak bisa sembarangan menggunakan body lotion karena bisa menyebabkan iritasi dan masalah kulit lainnya.

Jadi tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter kulit untuk cek kondisi kulit kamu agar bisa tahu jenis body lotion yang cocok untuk kulit kamu. Kalau sudah tahu, kamu lebih mudah mendapatkannya sesuai kebutuhanmu.

Sekarang kamu sudah tahu kan cara menggunakan body lotion yang benar agar hasilnya optimal? Ternyata, memang ada aturannya sendiri ya nggak bisa asal-asalan agar body lotion yang sudah digunakan bisa bekerja secara maksimal. Kalau salah, sayang kan body lotion kamu?

Baca Juga: 6 Antioksidan Alami, Ampuh Bikin Kulit Wajah Glowing

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor