Musim Hujan Tiba, Ini 5 Kiat Menjaga Kesehatan Kulit Kepala


Ilustrasi kulit kepala gatal (arganrainproducts.com)

Mulai memasuki musim hujan, penting untuk mempersiapkan dan menjaga kesehatan diri dengan benar. Bukan hanya kesehatan tubuh, tetapi juga menjaga kesehatan kulit kepala agar terhindar dari masalah yang kerap muncul.

Turunnya hujan bisa meningkatkan kelembapan udara tinggi sehingga menyebabkan masalah kulit seperti ketombe membandel yang mengganggu. Untuk itu, yuk lakukan beberapa kiat menjaga kesehatan kulit kepala di saat musim hujan tiba dengan tepat.

1. Rutin eksfoliasi kulit kepala

Jika umumnya eksfoliasi digunakan pada area kulit wajah dan leher, nyatanya eksfoliasi juga bisa menjaga kesehatan kulit kepala lho. Eksfoliasi area kulit kepala bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan menghilangkan penumpukan residu serta sebum yang menempel di lapisan kulit luar kepala.

Ada dua jenis eksfoliasi yang bisa dilakukan, yaitu physical exfoliant dan chemical exfoliant. Physical exfoliant merupakan produk eksfoliasi berbentuk butir-butir kecil dengan tekstur kasar yang berfungsi mengangkat sel kulit mati. Cara menggunakannya yaitu dengan memijat lembut secara perlahan di area kulit kepala.

Sementara, chemical exfoliant merupakan produk eksfoliasi dengan kandungan zat kimia aktif yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acids). Untuk penggunaannya, kamu cukup lumuri kepala dengan menyeluruh menggunakan produk chemical exfoliant agar kulit mati rontok dengan sendirinya.

Baca Juga:

2. Menjaga kesehatan kulit kepala dari dingin dan lembap berlebih

Kelembapan udara yang terjadi karena dinginnya suhu saat hujan, sangat mudah menyebabkan kulit kepala menjadi kering dan mengelupas. Hasilnya, ketombe kering akan muncul dengan mudah dan membuat kepala gatal.

Sementara itu, kepala yang dibiarkan basah terlalu lama tanpa dikeringkan juga dapat memicu ketombe basah muncul. Penyebabnya karena kotoran menumpuk serta minyak berlebih pada kulit. Oleh karenanya, pastikan kulit kepala terjaga dari kelembapan berlebih agar tidak menghasilkan ketombe.

3. Gunakan niacinamide untuk memperkuat scalp barrier

Kulit kepala rentan dengan berbagai masalah dibanding kulit tubuh lainnya, sehingga membutuhkan perawatan ekstra. Produk hair care dengan kandungan niacinamide bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengatasinya.

Niacinamide dapat meningkatkan komponen pelindung kulit kepala atau scalp barrier sehingga perlindungan lebih maksimal. Tak hanya itu, niacinamide juga bisa menutrisi scalp barrier dan membantu meminimalkan peradangan agar ketombe tidak muncul.

4. Rutin membersihkan rambut dan kulit kepala

Salah satu cara tepat dalam mengatasi ketombe adalah rutin melakukan keramas. Cara ini bisa dilakukan dengan menggosokkan kulit kepala hingga rambut sampai bersih agar ketombe hilang dan mencegahnya muncul kembali.

Kamu bisa pilih sampo yang dikhususkan untuk mengatasi ketombe dan mampu mencegahnya datang kembali. Untuk menambah kesegaran rambut, pilihlah sampo beraroma menthol atau lemon yang segar.

Baca Juga:

5. Gunakan kondisioner dan hair mask

Menggunakan sampo khusus ketombe, nyatanya tidak cukup untuk menjaga kulit kepala dari masalah yang muncul saat musim hujan. Diperlukan perlindungan tambahan seperti kondisioner dan hair mask yang benar agar kesehatan kulit kepala terjaga.

Pilihlah kandungan produk kondisioner dan hair mask dengan formula yang pas agar rambut terawat dan ternutrisi dengan baik. Pastikan juga produk yang digunakan sesuai dengan jenis rambutmu agar tidak rusak dan kusam.

Setelah tahu kiat menjaga kesehatan kulit kepala saat musim hujan tiba, jangan lupa untuk langsung dicoba di rumah ya. Dengan pencegahan dan perawatan yang benar, kulit kepala akan tetap sehat dan rambutpun akan terlihat rapi dan juga sehat.

Baca Juga: 7 Penyebab Uban di Usia Muda, Bukan Karena Faktor U

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Senior

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *