7 Tips Simpel Mencegah Kulit Belang Untuk Hijabers


Ilustrasi kulit belang hijabers (pexels.com/artem podrez)

Kulit belang menjadi salah satu masalah yang kerap terjadi pada hijabers, khususnya bagian wajah yang terkena paparan sinar matahari. Tapi tenang aja, ada kok cara simpel mencegah kulit belang untuk hijabers jadi kulit belang perlahan bisa memudar.

Tips simple ini bisa banget kamu coba di rumah dan luar ruangan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Yuk hijabers, intip tujuh tips simpel mencegah kulit belang di bawah ini.

1. Hindari penggunaan hijab terlalu ketat

Tips simple mencegah kulit belang untuk hijabers yang pertama, kamu wajib hindari penggunaan hijab terlalu ketat pada wajah. Usahakan, selalu memberikan rongga di bawah dagu agar tidak menekan kulit.

Penggunaan hijab seperti ini, berlaku untuk semua jenis hijab ya. Baik hijab segi empat, hijab instan, maupun pashmina, tetap sisakan rongga di bawah dagu.

Baca Juga:

2. Pilih bahan hijab yang ringan dan menyerap keringat

Penting untuk memilih bahan hijab yang benar karena akan memengaruhi kenyamananmu berhijab. Agar tetap nyaman beraktivitas, pilihlah hijab dengan bahan yang ringan dan juga mudah menyerap keringat.

Hindari menggunakan hijab yang terlalu tebal karena akan membuat kulitmu terasa panas dan mudah keringat berlebih. Hasilnya, wajahmu bisa terlihat kusam dan tak jarang akan menimbulkan iritasi.

3. Rutin membersihkan wajah

Pastikan kamu rutin membersihkan wajah sebelum dan sesudah beraktivitas menggunakan pembersih wajah sesuai dengan jenis kulitmu. Tujuannya untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel setelah beraktivitas seharian di dalam dan luar ruangan.

Bersihkan wajah dua kali sehari dengan teknik double cleansing akan membantu wajah lebih bersih menyeluruh. Jika kamu malas melakukannya, wajahmu nggak cuma kotor dan kusam lho, tetapi juga berjerawat dan belang.

4. Gunakan pelembap untuk mencerahkan

Setelah membersihkan wajah, jangan lupa gunakan pelembap atau moisturizer secara merata di kulit. Pelembap berfungsi untuk menghidrasi serta melembapkan wajah secara maksimal.

Kamu bisa pilih pelembap yang mengandung vitamin c karena bisa mengurangi hiperpigmentasi dan juga dark spots. Vitamin c juga bisa menjaga kecerahan kulit jika dipakai rutin, sehingga belang tidak akan nampak.

5. Pakai sunscreen

Penggunaan sunscreen atau tabir surya akan membantu kulit terhindar dari paparan sinar matahari langsung yang bisa menyebabkan kulit belang. Gunakan sunscreen tidak hanya di luar ruangan, tetapi juga di dalam ruangan karena sinar matahari bisa masuk di antara sela-sela pintu atau jendela.

Pilih sunscreen yang disesuaikan jenis kulitmu dan pastikan kamu memakainya sebanyak dua ruas jari. Lebih praktis, kamu bisa membawa sunscreen spray, lalu lakukan reapply sunscreen agar kulit tetap terjaga dari sinar matahari.

6. Rutin memakai masker susu

Susu dikenal sebagai salah satu bahan bagus untuk eksfoliasi kulit yang dapat membuat kulit lebih halus dan cerah. Bagi hijaber, penggunaan masker susu bisa dicoba secara rutin.

Kamu bisa buat sendiri masker susu dengan menggunakan susu UHT yang dicampur madu asli alami, lalu oleskan merata ke seluruh wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Jika malas membuatnya, bisa beli langsung masker susu yang sudah banyak dijual di pasaran.

Baca Juga:

7. Pakai scrub wajah

Scrub wajah berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit menjadi belang. Kamu bisa gunakan scrub wajah sebagai rangkaian skincare terakhir untuk mencegah kulit belang pada hijabers

Gunakan scrub wajah kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Penggunaan scrub, tidak hanya membuat kulit merata, tetapi juga membuatnya lebih fresh karena meregenerasi lapisan kulit baru dan mengencangkan wajah.

Mudah bukan menghindari kulit belang dengan mengikuti cara simpel mencegah kulit belang untuk hijabers di atas? Nah, mulai sekarang jangan takut lagi kulit wajahmu bakal belang ya. Semangat mengikuti tipsnya!

Baca Juga: 6 Bahaya Paparan Sinar Ultraviolet Bagi Kulit Wajah

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Senior

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *