5 Tips Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Bangun Siang


Ada orang yang mudah sekali bangun pagi, tetapi ada sebagian lainnya justru bangun kesiangan. Nah, buat kamu yang termasuk sulit bangun pagi alias kesiangan, kamu harus tahu lima tips ampuh menghilangkan kebiasaan bangun siang ini karena ada banyak manfaat yang bisa didapat ketika bangun pagi.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, bangun pagi juga bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dan tentunya menghindarkanmu dari keterlambatan dalam bekerja, sekolah, atau kuliah. Lantas, apa saja tips-tips untuk menghilangkan kebiasaan ini? Baca selengkapnya di bawah yuk.

1. Buat jadwal tidur tetap

Tips ampuh menghilangkan kebiasaan bangun siang yang pertama adalah pastikan kamu sudah membuat jadwal tidur tetap. Pasalnya, jam tidur yang tidak teratur, seperti tidur larut malam menjadi pemicu seringnya bangun kesiangan, sehingga kamu harus mengatur jam tidur.

Cobalah untuk membuat jam tidur tetap yang dirutinkan setiap harinya, misalnya di jam 9 atau 10 malam. Lakukan dengan konsisten hingga menjadi kebiasaan. Jam tidur yang cukup, tidak hanya menghindarimu dari kesiangan, tetapi juga menyehatkan tubuh.

Baca Juga:

2. Hindari gadget menjelang tidur

Menghindari gadget menjelang tidur menjadi tips ampuh kedua agar tidak lagi bangun kesiangan. Pasalnya, paparan sinar biru yang terdapat pada gadget bisa memengaruhi jam tidur yang telah ditetapkan, bahkan mengganggu kesehatan tubuh.

Cobalah membiasakan diri untuk berhenti main gadget satu atau dua jam sebelum tidur. Gantilah dengan olahraga ringan seperti yoga atau meditasi agar tubuh rileks. Sebab, kondisi rileks bisa mempercepat rasa kantuk dan membuatmu cepat tertidur.

Baca Juga:

3. Jauhkan alarm dari tempat tidur

Ketika alarm berbunyi tepat dekat dengan posisi tidur, biasanya secara otomatis orang akan memencet tombol tunda berkali-kali atau bahkan mematikannya. Nah kebiasaan satu ini tentu bisa membuatmu tertidur kembali dan berakhir bangun kesiangan.

Untuk menyiasatinya, letakkan alarm di tempat yang cukup jauh dari tempat tidur namun masih bisa kamu dengar. Cara ini akan membuatmu terpaksa beranjak dari kasur untuk mematikan alarm. Kalau sudah begini, biasanya kamu akan sulit untuk tidur kembali.

4. Pastikan mendapatkan sinar matahari pagi

Sinar matahari pagi juga mampu membantu menghilangkan kebiasaan bangun siang. Sebab, sinar matahari di pagi hari bisa bantu memengaruhi ritme sirkadian, yaitu proses yang bisa mengatur siklus tidur dan bangun.

Sebelum tidur, kamu bisa mengatur tirai jendela kamar agar sedikit terbuka. Sehingga, saat pagi datang sinar matahari bisa langsung menerobos melalui tirai dan membuatmu untuk segera bangun dan beranjak dari tempat tidur.

Baca Juga:

5. Batasi asupan kafein untuk menghilangkan kebiasaan bangun siang

Terakhir, batasi asupan minuman dan makanan yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dark chocolate, dan suplemen diet. Sebab, banyak mengonsumsi kafein bisa membuat tubuhmu terjaga lebih lama sehingga tidur pun bisa larut dan berakhir bangun kesiangan.

Konsumsi kafein secukupnya saja dan hindari mengonsumsinya di sore hari atau menjelang tidur agar kamu bisa tidur sesuai jam yang telah diatur sebelumnya. Ganti dengan asupan yang lebih sehat seperti air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Kamu juga bisa mengatur pola makan dengan lebih sehat dan perbanyak aktivitas fisik seperti olahraga dengan rutin.

Sekarang sudah tahu kan tips ampuh menghilangkan kebiasaan bangun siang agar tidak telat lagi untuk beraktivitas. Yuk mulai sekarang kamu bisa terapkan tips-tips di atas agar tidak kesiangan dan tetap bisa beraktivitas secara produktif. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Untuk Atasi Gangguan Tidur di Malam Hari

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *