Lakukan 5 Aktivitas Bermanfaat Ini, Supaya Liburanmu Nggak Sia-sia!

Tidak melulu jalan-jalan ke luar negeri, aktivitas liburanmu dapat diisi dengan berbagai hal yang bermanfaat


2

Liburan adalah hal yang paling dinanti-nanti oleh hampir semua orang. Hal itu dikarenakan liburan adalah sesi dimana kita bisa beristirahat dan jalan-jalan setelah melakukan banyak pekerjaan dan tugas kuliah. Namun, apa jadinya jika liburan semester berdurasi sangat panjang?

Banyak sekali kegiatan yang bisa kalian lakukan untuk mengisi waktu supaya liburan kalian tidak sia-sia. Apa saja sih aktivitas yang dapat diakukan?

1. Membaca Buku

Anak sedang membaca buku (Pexels.com/ Yaroslav Suraev)

Membaca buku adalah salah satu kegiatan yang bermanfaat. Terdapat pepatah yang sangat populer dan sering kali didengar, “Buku adalah jendela ilmu”. Dengan membaca buku, insight kita akan semakin luas. Tidak hanya itu, membaca buku dapat mengurangi stress dan melatih ingatan kita. Membaca buku juga dapat meningkatkan konsentrasi dan memperluas pemikiran seseorang.

Adapun buku yang bisa dibaca adalah buku yang kalian minati, baik itu fiksi maupun non fiksi. Jika ingin membaca tanpa mengeluarkan uang untuk membeli bukunya, kalian dapat mengakses perpustakaan daerah maupun perpustakaan nasional secara offline dengan datang ke perpustakaan langsung ataupun secara online dengan mendownload aplikasi ipusnas.

2. Berkebun

Orang sedang menyirami tanaman (Pexels.com/ Campus Production)

Jika di rumah memiliki lahan, maka berkebun dapat dijadikan sebagai opsi untuk mengisi waktu luang dan liburan. Namun, bagi kalian yang tidak memiliki cukup lahan, masih bisa menggunakan polybag, pot atau berkebun dengan media tanam hidroponik.

Tanaman yang bisa ditanam dapat berupa sayuran maupun buah-buahan. Dengan begitu, disamping waktu yang tidak terbuang sia-sia, kita juga bisa menghemat pengeluaran karena menanam sayuran di rumah sendiri akan lebih murah daripada membeli di pasar maupun supermarket. Sayur dan buah-buahan yang dipanen pun lebih sehat karena merupakan tanaman organik dan bebas dari pestisida. Namun, jika menyukai tanaman hias, menanam jenis tanaman ini juga bisa, lho.

3. Membuat Konten dengan Menjadi Content Creator

Ilustrasi seseorang sedang membuat konten (Pexels.com/ Antoni Skhrba)

Content creator merupakan pembuat konten untuk tujuan edukasi maupun hiburan. Dengan begitu, menjadi content creator tidak hanya bermanfaat untuk diri kita sendiri, namun juga dapat bermanfaat untuk orang lain.

Untuk membuat konten, dapat disesuaikan dengan hobi kalian, lho. Kontennya dapat berupa video, tulisan, foto, dan lain sebagainya. Apabila kalian suka menonton film, maka kalian dapat membuat reviewnya. Jika kalian suka menggambar, maka kalian dapat membagikannya di berbagai sosial media. Jika kalian suka menulis maka kalian dapat membuat blog pribadi. Namun, jika kalian suka memasak, kalian dapat membagikan resepnya.

Baca Juga: 8 Kegiatan Produktif Untuk Menyibukkan Diri di Tengah Pandemi

4. Menambah Skill

Beberapa orang tengah menggunakan laptop (Pexels.com/ Fauxels)

Menambah skill merupakan salah satu pilihan yang dapat dilakukan pada waktu luang. Menambah skill dan keterampilan akan sangat berguna untuk pengembangan potensi diri dan akan berpengaruh pada karir kita ke depan.

Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini, untuk menambah skill serta keterampilan tidak harus dilakukan secara offline. Banyak lembaga yang menyediakan berbagai pelatihan yang dapat diakses secara daring, baik itu yang berbayar maupun gratis. Youtube dan media sosial pun juga dapat digunakan sebagai media belajar.

5. Olahraga

Orang sedang lari pagi (Pexels.com/ Pixabay)

Olahraga seringkali jarang dilakukan karena tidak adanya waktu senggang. Oleh sebab itu, saat liburan dapat dimanfaatkan untuk berolahraga. Olahraga merupakan bagian penting yang seharusnya dilakukan karena hal itu akan mempengaruhi kualitas kesehatan badan kita. Jika sering berolahraga, tubuh akan jauh lebih sehat dan bugar. Tidak harus selalu pergi ke tempat gym, olahraga juga dapat dilakukan di lingkungan rumah, seperti lari pagi, workout ataupun renang.

Jadi, tidak ada lagi alasan bosan di rumah pada waktu liburan, sebab terdapat lima kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang kalian. Siapkah kalian untuk lebih produktif di waktu liburan?

Baca Juga: 5 Tips Agar Kamu Menjadi Orang yang Lebih Produktif

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

2

Senior

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *