5 Kota Berawalan M yang Pernah Juara Liga Champion Eropa

Pemegang gelar terbanyak ada di kota Madrid


0

Menonton sepak bola khususnya Liga Champion Eropa sungguh mengasyikkan dan hiburan yang murah meriah. Walau tayangan tersebut pada dini hari. Namun, tidak mengurangi kenikmatan dan gayengnya nonton sepak bola bersama teman-teman sambil ngopi dan nongkrong.

Liga Champion Eropa yang dulu bernama Piala Eropa, sudah berlangsung lama yaitu sejak tahun 1956. Liga yang digagas oleh UEFA, asosiasi federasi sepak bola Eropa ini diikuti oleh klub-klub terbaik dari berbagai negara yang tergabung dalam UEFA. Klub-klub tersebut memiliki basis fans yang banyak di seantero dunia, mungkin juga termasuk kita.

Setelah mengamati perjalanan kejuaraan dan melihat statistik yang ada, ternyata ada beberapa hal unik yang ada dalam daftar juara Liga Champion Eropa tersebut. Salah satunya ada 5 klub yang menjuarai Liga Champion Eropa yang berasal dari kota berawalan M.

Nah, kota mana saja asal klub-klub tersebut. Simak berikut ini ya!

1. Madrid, Spanyol

Real Madrid (performgroup.com)

Kota Madrid yang merupakan ibukota negara Spanyol dihuni banyak klub. Klub tersebut adalah Real Madrid dan Atletico Madrid. Kota Madrid merajai kejuaraan ini dengan juara 14 kali dan runner up 6 kali. Klub yang saat ini dilatih oleh Carlo Anceloti tersebut menjadi juara sebanyak 14 kali dan menjadi runner up 3 kali. Real Madrid yang memiliki pemain dengan sebutan Galacticos adalah raja di kejuaraan ini. Sementara Atletico yang dilatih Diego Simeone ini pernah menjadi runner up sebanyak 3 kali.

2. Milano, Italia

AC Milan, wakil kota Milan Juara Liga Champion Eropa (dnaberita.com)

Kota Milano atau dikenal dengan Milan saja ini memiliki 2 klub yang berjaya di liga Champion Eropa yaitu AC Milan dan Internazionale Milan. Kota MIlan menjadi kota kedua yang memiliki banyak trofi liga Champion Eropa yaitu sebanyak 10 juara dan 6 sebagai runner up. Dari 10 trofi tersebut, AC Milan memiliki 7 gelar juara dan 4 sebagai runner up. Sementara Inter Milan memiliki 3 gelar dan 2 runner up. Ini berbeda dengan Madrid yang gelar juaranya diborong oleh Real.

3. Muenchen/Munich, Jerman

Bayern Muenchen (cdn-2.tstatic.net)

Kota Muenchen atau Munich berada di negara bagian Bavaria atau Bayern. Kota Muenchen berjaya di liga Champion dengan klub kebanggaan warga Bavaria yaitu FC Bayern Muenchen. Muenchen menjadi juara 6 kali dan menjadi runner up 5 kali. Bayern juga menjadi tim tersukses di negara Jerman.

4. Manchester, Inggris

Manchester United saat Juara Champion Eropa (2.bp.blogspot.com)

Manchester memiliki dua klub besar yaitu Manchester City dan Manchester United. Keduanya memiliki prestasi yang berbeda. Saat ini Manchester biru sedang berjaya dan United sedang terengah-engah. Namun, di Liga Champion Eropa saat ini, Manchester United atau MU-lah yang berjaya mewakili kota Manchester. MU pernah menjadi juara 3 kali dan runner up 3 kali. Sementara Manchester Biru belum pernah juara dan hanya 1 kali sebagai runner up.

5. Marseille, Perancis

Klub Olympic Marseille saat menjuarai liga Champion eropa (sf.sports.fr)

Kota Marseille dengan klub kebanggaannya yaitu Olympic Marseille (OM) pernah merasakan juara Liga Champion sebanyak 1 kali dan runner up 1 kali. Klub asal Perancis ini menjadi wakil Perancis satu-satunya yang pernah merasakan gelar tersebut.

Sementara itu ada 2 kota lagi yang belum pernah juara tapi pernah menjadi runner up yaitu Monako bersama klub AS Monaco, Malmo dengan Malmo FF dari Swedia, klub awal Zlatan Ibrahimovic dan Moenchengladbach dengan Borusia Moenchengladbach dari Jerman.

Itulah 5 kota di Eropa yang pernah menjadi juara Liga Champion Eropa. Semoga menambah pengetahuan.

Baca Juga: Mengenal Parkir Bus, Seni Bertahan dalam Sepakbola

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis. 

Like it? Share with your friends!

0

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *