5 Kejuaraan Sepakbola Paling Populer di Dunia

Dari Piala Dunia hingga Liga Spanyol


0
Trofi Piala Dunia Qatar 2022 (instagram.com/@fifaworldcup)

Sepakbola merupakan olahraga yang paling populer dan sangat digemari oleh banyak orang di dunia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penonton yang menyaksikan suatu pertandingan sepakbola yang sedang berlangsung. Setiap orang pasti mengenal sepakbola.

Berbagai kejuaraan dan kompetisi sepakbola digelar setiap tahunnya. Baik itu untuk level klub ataupun level negara. Berikut ini adalah 5 kejuaraan atau kompetisi sepakbola paling populer di dunia.

1. Piala Dunia

Trofi Piala Dunia Qatar 2022 (instagram.com/@fifaworldcup)

Piala dunia merupakan turnamen antar negara yang terbesar di dunia. Peserta pada piala dunia merupakan tim yang telah lolos babak kualifikasi yang digelar 1-2 tahun sebelum piala dunia digelar. Pada piala dunia terakhir, jumlah peserta adalah 32 negara.

Piala Dunia FIFA 1930 adalah Piala Dunia FIFA pertama. Uruguay menjadi juara pertama setelah mengalahkan Argentina pada babak final. Piala dunia sudah digelar sebanyak 21 kali. Terakhir piala dunia diadakan di Rusia pada tahun 2018, dengan Prancis keluar sebagai juara setelah mengalahkan Kroasia dengan  skor  4-2.

Piala dunia merupakan tontonan olahraga yang paling banyak dilihat, baik secara langsung maupun melalui televisi. Diperkirakan sebanyak 3,5 Milyar orang menyaksikan pertandingan piala dunia terakhir. Angka ini melewati jumlah penonton olimpiade yang juga diselenggarakan setiap 4 tahun sekali. Pada tahun 2022, Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia.

2. Piala Eropa

Italia menjadi juara Piala Eropa tahun 2020
Italia menjadi juara Piala Eropa tahun 2020 (tempo.co)

Piala Eropa merupakan kejuaraan bergengsi antar negara di benua Eropa. Piala Eropa pertama digelar pada tahun 1960 di Paris, Perancis.  Uni Sovyet keluar sebagai juara pada saat itu setelah mengalahkan Yugoslavia dengan skor 2-1.

Sampai tahun ini, Piala Eropa sudah digelar sebanyak 16 kali. Italia merupakan tim yang terakhir menjadi juara pada piala eropa tahun 2020. Jerman dan Spanyol merupakan negara yang paling banyak menjuarai Piala Eropa, masing-masing sudah 3 kali menjadi juara.

Sebagai ajang olahraga bergengsi, Piala Eropa menarik animo dunia. Pada pagelaran Piala Eropa tahun 2020, Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) mengumumkan total penonton Euro 2020 sekitar 5 miliar orang. Sejak digelar pada Juni hingga Juli tahun 2021 lalu, setidaknya setiap pertandingan memiliki rata-rata 100 juta penonton yang menonton langsung di stadion ataupun melalui televisi

3. Liga Champions Eropa

Trofi juara Liga Champions Eropa
Trofi Liga Champions Eropa (bola.okezone.com)

Liga Champions Eropa merupakan ajang kompetisi paling bergengsi untuk klub-klub sepakbola di benua Eropa. Peserta Liga Champions Eropa, terdiri dari juara-juara liga di Eropa.

Pertama kali Liga Champions Eropa digelar adalah pada musim 1955/1956. Kala itu masih bernama Piala Champions. Kejuaraan tersebut dilaksanakan dengan sistem gugur dua leg dan dengan menerapkan sistem tandang dan kandang. Pada tahun 1992, Piala Champions eropa berganti nama menjadi Liga Champions Eropa, dengan menggunakan sistem kompetisi, dan sistem gugur pada babak perdelapan sampai dengan final.

Pada Liga Champions terakhir, yaitu pada musim 2021/2022, klub Real Madrid menjadi juara setelah mengalahkan  tim Inggris Liverpool dengan skor 1-0. Pemegang gelar terbanyak di Liga Champions ini adalah Real Madrid dengan 14 kali juara. Diikuti oleh AC Milan dengan 7 gelar dan Bayern Muenchen dengan 6 gelar juara.

Gelar juara Liga Champions adalah gelar bergensi bagi klub-klub benua Eropa. Banyak klub rela mengeluarkan uang yang banyak demi mendapatkan tropi kuping besar (sebutan untuk trofi Liga Champions). Selain hadiah uang yang relatif sangat besar, banyak klub yang mendapatkan keuntungan dari iklan nilai jual hak siar dari televisi.

4. Liga Inggris

Trofi juara Liga Premier Inggris
Trofi Liga Premiere Inggris (jurnalisbola.com)

Awalnya kompetisi Liga Inggris merupakan merupakan kompetisi liga yang menampilkan klub-klub sepak bola profesional dari Inggris dan Wales. Karena mendapat dukungan sponsor dari Npower, maka nama resminya adalah Npower Football League. Liga Inggris pertama kali diadakan pada tahun 1888 dan menjadi kompetisi liga nasional tertua di dunia sepak bola. Pada tahun itu klub sepakbola Preston menjadi juara liga.

Pada tahun 1992, era baru liga Inggris dimulai. Liga Inggris berganti kostum menjadi Liga Premier Inggris (English Premier League/ EPL). Setiap tahunnya diikuti oleh 20 klub, dengan sistem kompetisi penuh tandang dan kandang. Dan juga menerapkan sistem promosi dan degradasi.

Tahun 2022 yang menjadi juara Liga Inggris adalah Manchester City. Sejak era baru yaitu Liga Premier Inggris tahun 1992, tim yang paling banyak menjadi juara adalah Manchester United dengan 20 gelar. Di peringkat kedua dan ketiga adalah Liverpool dan Arsenal.

Liga premier Inggris merupakan liga domestik yang paling populer saat ini dengan nilai jual yang tinggi. Hak siar televisi Liga Premier Inggris, dijual dengan harga yang sangat tinggi. Pemain-pemain top dunia pun banyak yang bermain disini karena bayaran sangat besar. Sengitnya persaingan menjadi juara, membuat klub-klub yang bermodal besar berani mendatangkan pemain yang berkualitas. Hal inilah yang membuat klub-klub Liga Premier Inggris dapat dengan mudah mendatangkan sponsor.

5. Liga Spanyol

Real Madrid juara liga Spanyol 2021-2022 (Reuters)

Liga sepakbola Spanyol mulai diselenggarakan pada tahun 1929. Saat itu tim yang pertama kali menjadi juara Liga Spanyol adalah Barcelona, dan Runner Up nya adalah Real Madrid. Liga ini pernah pernah berhenti pada tahun 1936-1939 karena adanya perang.

Sejak pertama kali digelar, duo rivalitas antara Real Madrid dan Barcelona sudah terasa. Tidak banyak tim yang bisa menjadi juara di liga Spanyol. Hanya ada 9 tim yang mampu juara. Tim yang paling banyak meraih gelar juara adalah Real Madrid. Di peringkat kedua dan ketiga adalah Barcelona dan Atletico Madrid.

Dominasi Real Madrid dan Barcelona menjadi dominan pada 20 tahun terakhir. Karena adanya 2 superstar sepakbola di klub tersebut. Real Madrid dengan Cristiano Ronaldo, dan Barcelona dengan Lionel Messi nya. Selain rivalitas klub, dua superstar tersebut juga terlibat persaingan pribadi untuk membuktikan siapa yang terbaik. Mereka saling bergantian merebut posisi top skor dan pemain terbaik. Bukan hanya di level domestik, mereka juga bersaing menjadi yang terbaik di level dunia.

Hal ini lah yang membuat liga spanyol menjadi tontonan menarik. Hak siar televisi dijual dengan harga yang mahal. Seorang Jose Maurinho pun berkata, dunia seakan berhenti jika ada pertandingan Real Madrid vs Barcelona digelar.

Itulah 5 kejuaraan sepakbola yang paling populer di dunia yang BekelSego dapat sajikan. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Mengenal “Parkir Bus”, Seni Bertahan dalam Sepakbola


Like it? Share with your friends!

0

Senior

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *