5 Dessert Terenak di Dunia, Cocok Untuk Hidangan Natal

Dessert terenak di dunia yang menghangatkan suasana liburan kamu, dari Buche De Noel Perancis yang artistik hingga Christmas Pudding Inggris yang kaya rempah-rempah


Dessert terenak di dunia

Natal tidak hanya sekadar perayaan, tetapi juga suatu pengalaman penuh kegembiraan yang terpancar di setiap sudut rumah. Saat keluarga dan teman-teman berkumpul di sekitar meja makan yang penuh dengan kelezatan, suasana hati pun semakin meriah. Momen ajaib ini diperkaya oleh aroma harum dan tampilan menggoda dari berbagai dessert terenak di dunia yang terhampar di meja.

Setiap dessert adalah sebuah kisah rahasia yang diceritakan melalui gigitan pertama, membawa kita pada petualangan rasa yang melibatkan inderamemberikan kebahagiaan bersama-sama dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan di setiap sendoknya

Sekarang, mari kita jelajahi beberapa dessert terenak di dunia

1. Bûche de Noël (Perancis)

Bûche de Noël (istockphoto.com/buchedenoel)

Dessert terenak di dunia yang pertama adalah Bûche de Noël, alias kuerol Natal Prancis. Dessert ini memiliki penampilan yang menawan seperti sebatang kayu bakar yang dihiasi dengan elemen-elemen musim dingin. Dengan lapisan luar yang halus dan mengkilap, mengundang decak kagum dengan hiasan cokelat yang artistik.

Bûche de Noël dibuat dengan kombinasi sponge cake yang lembut dan buttercream yang lezat. Setiap gigitan memberikan pengalaman manis yang memanjakan lidah, seolah menyelusuri sentuhan rasa yang mewah. Bûche de Noël tidak hanya sebagai makanan penutup, tapi juga sebuah karya seni kuliner yang menakjubkan.

Baca Juga:

2. Panettone (Italia)

Panettone (pixabay.com/panettone)

Panettone merupakan roti manis yang berasal dari Italia, khususnya Milan. Rasa panettone sangat khas dengan tekstur yang ringan dan empuk. Roti ini memiliki bentuk yang bundar dan tinggi dengan permukaan yang berwarna keemasan. Biasanya adonan panett one dicampur dengan kismis dan potongan-potongan buah kering seperti jeruk, lemon, dan kismis. Aroma yang dihasilkan dari kombinasi ini memberikan karakteristik yang khas pada panettone.

Saat dipotong, terlihat berlapis-lapis dengan jaringan udara yang halus dan kenyal. Tidak hanya sebagai hidangan penutup yang lezat, biasanya panettone juga dihidangkan dengan segelas spumante untuk merayakan momen spesial.

3. Pavlova (Selandia Baru/Australia)

Pavlova (pixabay.com/ponce_photography)

Pavlova merupakan hidangan penutup yang menggoda dengan rasa ringan, manis, dan tekstur yang unik. Bentuknya sederhana namun menggiurkan, dengan meringue yang renyah di luar dan lembut di dalam membentuk dasar untuk lapisan krim whip yang lembut dan buah segar yang beraneka warna di atasnya.

Rasa meringue pada pavlova adalah kombinasi sempurna antara manis dan renyah, sementara krim yang melapisi permukaannya memberikan sentuhan kelembutan dan kaya. Buah-buahan segar seperti stroberi, blueberry, dan kiwi menambah keceriaan dan kelezatan, menciptakan sebuah harmoni rasa yang menyegarkan.

4. Trifle (Inggris)

Trifle (pexels.com/Marcelo Verfe)

Trifle merupakan hidangan pencuci mulut yang terdiri dari lapisan-lapisan berbeda yang menciptakan kombinasi rasa dan tekstur yang lezat. Bentuknya dimulai dengan lapisan dasar cake yang bisa berupa sponge cake atau lady finger yang direndam dengan cairan seperti jus buah, sherry, atau saus yang memberikan kelembutan dan kelembaban. Lapisan ini memberikan dasar rasa manis dan tekstur lembut.

Selanjutnya, ada lapisan custard yang memberikan sentuhan krimi dan lembut. Custard sering kali diberi rasa vanila untuk memberikan aroma yang khas. Lapisan buah segar atau buah kalengan menjadi elemen yang memberikan kesegaran yang menyenangkan terhadap kelembutan cake dan custard.

Lalu, di atasnya ditambahkan lapisan whipped cream yang memberikan kelezatan dan kelembutan ekstra. Dengan struktur lapisan yang berbeda ini, setiap suapan trifle memberikan kombinasi rasa yang seimbang antara manis, asam, dan krimi.

Baca Juga:

5. Christmas Pudding (Inggris)

christmaspudding (britishbaker.com)

Puding yang kaya dan beraroma, terdiri dari campuran buah-buahan kering, rempah-rempah, tepung, dan lemak. Rasa manis dan hangat rempah-rempah, seperti kayu manis dan pala, menciptakan rasa yang khas untuk musim Natal.

Bentuknya biasanya bulat dan padat, dengan permukaan yang dapat disiram dengan saus brandy yang kemudian dibakar untuk memberikan wangi yang khas. Dan sering kali disajikan dengan saus vanilla atau saus krim.

Itulah beberapa dessert terenak di dunia. Setiap hidangan menyimpan cerita dan cita rasa unik, Dari Buche De Noel Perancis yang artistik hingga Christmas Pudding Inggris yang kaya rempah-rempah.

Baca Juga: 8 Jenis Teh di Dunia, Tidak Terbuat Dari Daun Teh!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *