4 Ramuan Herbal Untuk Penderita Diabetes, Bantu Turunkan Gula Darah!

Ramuan herbal ini aman kok jika dikonsumsi berbarengan dengan obat dari dokter.


Ramuan herbal untuk penderita diabetes

Diabetes mellitus merupakan penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin dalam tubuh. Penyakit Diabetes bisa ‘muncul’ tanpa memberi tanda. Bahkan, kebanyakan orang baru mengetahuinya saat diabetes sudah mengembangkan gejala bahkan menimbulkan komplikasi berbahaya.

Komplikasi diabetes yang paling sering kita temui adalah penyakit ginjal. Mengutip Mayo Clinic, sekitar 25% penyandang diabetes juga menderita penyakit ginjal.

Komplikasi lain dari diabetes ialah penyakit jantung. Orang dewasa dengan diabetes memiliki 2-4 kali kemungkinan untuk alami kematian dini akibat serangan jantung ketimbang mereka yang tak punya masalah dengan gula darah.

Untuk itu penyandang diabetes diharapkan untuk selalu menjaga kesehatan dengan menjaga kadar gula darah pada tubuh agar tetap normal. Jika ternyata gula darah melonjak naik, ramuan herbal dipercaya bisa membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh.

Nah, berikut 4 ramuan herbal untuk penderita diabetes yang mampu membantu turunkan gula darah.

1. Tanaman Ciplukan

Tanaman ciplukan (pixabay.com/ paedhi001)

Ciplukan merupakan tanaman liar yang banyak tubuh di sawah kering, dan kebun. Asal tahu saja, ciplukan bisa tumbuh subur di daerah dataran rendah dengan ketinggian maksimal 1550 di bawah permukaan tanah.

Tanaman ciplukan mempunyai bunga dengan bentuk unik berwarna kuning. Sedangkan, buah ciplukan berbentuk bulat berwarna hijau kekuningan saat masih muda.

Mengutip dari buku berjudul Tanaman Obat Tradisional Volume 2 karya Thomas A.N.S., buah ciplukan mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C, dan gula. Zat-zat tersebut membuat ciplukan banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Salah satu penyakit yang bisa diobati ciplukan adalah diabetes melitus.

Cukup mudah untuk membuat ramuan herbal dari tanaman ciplukan untuk obat diabetes melitus. Kamu tinggal membersihkan tanaman ciplukan dari daun sampai ke akar-akarnya. Setelah itu, kamu layukan tanaman ciplukan yang sudah bersih. Bila sudah cukup layu, kamu rebus tanaman ciplukan dengan tiga gelas air sampai mendidih dan menyisahkan 1 gelas air. Air ciplukan itu diminum satu kali sehari.

Baca Juga:

2. Daun kelor

Daun kelor (pixabay.com/safrist)

Mengutip dari buku berjudul Khasiat Jitu Daun Kelor dan Sirih Merah Tumpas Penyakit karya Dani Hendarto, daun kelor segar mengandung betakaroten, thiamin, riboflavin, kalisum, vitamin C, karbohifrat, ferrum, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc.

Daun kelor memiliki sifat antidiabetik, hal inilah yang membuat daun kelor dipercaya efektif mengobati diabetes melitus.

Untuk membuat ramuan herbal daun kelor, langkah yang pertama adalah membersihkan daun kelor tersebut sampai benar-benar bersih. Lalu,  rebus daun kelor sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar 1 gelas. Kemudian saring air rebusan daun kelor tersebut. Kemudian  minum ramuan herbal tersebut selagi hangat sekaligus. Untuk hasil yang optimal, minum air rebusan daun kelor tiga kali sehari selama satu bulan.

3. Daun Salam

Daun salam (pixabay.com/kropekk_pl)
Sebuah studi di tahun 2009 mengatakan, konsumsi kapsul yang mengandung 1-3 gram daun salam setiap hari dapat membantu menurunkan dan mengatur kadar gula dan kolesterol pada penyandang diabetes.

Studi ini memberi informasi penting bahwa daun salam dapat mengontrol dan mencegah penyakit diabetes. Manfaat ini mungkin didapat dari kandungan polifenol yang merupakan antioksidan kuat.

Lalu, bagaimana cara mengonsumsi daun salam untuk diabetes? Mudah kok. Pertama, Siapkan kurang lebih 500 mililiter (ml) air dan 7 lembar daun salam. Kemudian cuci daun salam hingga bersih. Setelah itu rebus daun salam dengan air hingga berubah warna. Setelah berubah warna, buang daun salam. Ramuan daun salam sudah siap diminum.

Baca Juga:

4. Daun belimbing wuluh

Belimbing wuluh (pixabay.com/ElenzaPhotograhy)

Selain jadi pelengkap masakan, belimbing wuluh juga bermanfaat sebagai obat herbal yang ampuh menyembuhkan sejumlah penyakit.

Tidak hanya buahnya, bunga dan daunnya juga bermanfaat untuk mengobati sejumlah penyakit seperti batuk, sariawan, demam, sampai penyakit diabetes melitus.

Mengutip dari Buku Toga, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian untuk mengobati penyakit diabetes melitus, bagian yang digunakan adalah daun belimbing wuluh.

Cara membuat ramuan daun belimbing wuluh untuk turunkan gula darah bagi penderita diabetes, yang pertama adalah mencuci bersih daun belimbing wuluh. Kemudian,  lumatkan alias tumbuk daun belimbing wuluh dengan air. Tumbuk daun belimbing wuluh sampai halus. Minum tumbukan daun belimbing 1/4 cangkir dua kali sehari.

Nah, itulah beberapa ramuan herbal untuk penderita diabetes yang bisa kamu bisa. Selain tidak mengandung efek samping, ramuan herbal ini aman kok jika dikonsumsi berbarengan dengan obat dari dokter.

Baca Juga: 8 Makanan dan Minuman ini Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Makan Durian


Like it? Share with your friends!

Novice