4 Negara Paling Maju di Bidang Teknologi Digital, Di mana Posisi Indonesia?

Negara paling maju di bidang teknologi digital tersebut, bisa menjadi acuan bagi para pelaku industri teknologi, pemerintah, dan masyarakat untuk mengetahui dan mengidentifikasi potensi kerjasama dalam pengembangan teknologi di masa depan


Ilustrasi teknologi digital (pixabay.com/geralt)

Teknologi digital telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir dan negara-negara di seluruh dunia berlomba-lomba untuk menjadi pemimpin dalam inovasi dan perkembangan teknologi digital. Berdasarkan sumber terpercaya dunia, Most Technologically Advanced Countries 2023 – World Population Review, ada 4 negara teratas yang saat ini menguasai kemajuan di bidang teknologi digital.

Most Technologically Advanced Countries 2023 – World Population Review adalah sebuah laporan yang diterbitkan oleh World Population Review yang menyajikan daftar negara-negara yang paling maju di bidang teknologi pada tahun 2023. Nah, kini langsung saja kita bahas empat negara paling maju di bidang teknologi digital!

1. Jepang

Kantor perusahaan Sony di Jepang (accesstrade.co.id)

Jepang merupakan negara dengan kemajuan bidang teknologi digital terdepan. Jepang telah memainkan peran utama dalam pengembangan teknologi digital selama beberapa dekade terakhir dan telah menghasilkan banyak inovasi yang signifikan. Negara ini telah memproduksi berbagai jenis produk elektronik konsumen, menciptakan robot untuk berbagai aplikasi, memimpin dalam keamanan siber, dan mengembangkan teknologi ponsel yang inovatif.

Dalam beberapa dekade ke depan, Jepang masih diharapkan akan terus memainkan peran penting dalam pengembangan teknologi digital di seluruh dunia.

Baca Juga: 4 Presiden Amerika yang Meninggal Karena Dibunuh, Semuanya Ditembak!

2. Korea Selatan

Perusahaan Samsung di Korea (bibli.com)

Korea Selatan telah menghasilkan banyak inovasi dan menciptakan merek-merek global yang terkenal dalam industri teknologi, seperti Samsung, LG, dan SK Telecom yang berbasis di sana. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah alasan utama mengapa di Korea Selatan akses internet menjadi sangat cepat dan terjangkau.

Korea Selatan juga memiliki industri perangkat keras yang sangat maju. Mereka menjadi produsen terbesar di dunia untuk memori DRAM dan NAND flash, yang digunakan di hampir semua perangkat elektronik modern. Selain itu, Korea Selatan juga dikenal sebagai salah satu pusat industri game dan hiburan digital di dunia. Perusahaan-perusahaan seperti NexonNetmarble, dan NCSoft telah menciptakan beberapa game yang sangat populer di seluruh dunia.

Baca Juga: 5 Teknologi Terkini yang Merevolusi Kecerdasan Buatan dan Machine Learning

3. China

Alibaba, Perusahaan Raksasa di China (Tribune.com)

Negara selanjutnya dengan kemajuan di bidang teknologi digital, China. Yup, siapa yang tidak sepakat jika menyangkut soal kemajuan teknologi yang ada di China. Negara ini sudah lama dikenal dengan Copy Country atau negara dengan paling banyak meng-copy teknologi di luar China. Tapi di luar itu semua, China memang termasuk ke dalam jajaran negara dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat.

Sama seperti Korea Selatan, China juga memiliki akses internet yang sangat cepat dan terjangkau. Negara ini memiliki jaringan 5G terbesar di dunia kedua, yang membuat penggunaan internet di China sangat mudah dan efisien. Selain itu, perusahaan teknologi terbesar di China, seperti HuaweiZTE, dan Tencent, telah berinvestasi dalam teknologi 5G dan internet cepat lainnya.

Tak hanya sampai di situ, China juga menjadi pemain utama dalam pengembangan kecerdasan buatan (AI). Pemerintah China telah mengumumkan bahwa negara ini akan menjadi salah satu pemimpin dalam pengembangan AI dan telah mengeluarkan kebijakan yang agresif dalam bidang ini. Perusahaan teknologi besar seperti BaiduTencent, dan Alibaba juga telah berinvestasi dalam teknologi AI.

Baca Juga: 5 Jenis Prosesor Yang Wajib Kamu Ketahui, Jangan Salah Pilih ya!

5. Amerika Serikat

Silicon valley di Amerika Serikat

Amerika Serikat, sebagai negara adidaya, sudah tentu kemajuan teknologi mereka sangat unggul di dalam dunia militer. Negara ini memiliki sejumlah besar perusahaan teknologi besar yang berasal dari Silicon Valley dan telah menciptakan beberapa produk terkenal di dunia seperti AppleGoogleFacebook, dan Amazon.

Selain pusat perusahaan besar, Silicon Valley juga menjadi rumah bagi banyak startup teknologi baru yang menawarkan solusi inovatif untuk berbagai masalah. Selain itu, pemerintah AS juga telah memberikan banyak dukungan dan bantuan bagi para pengusaha dan startup di bidang teknologi.

Karena AS menjadi pusat teknologi, negara ini sering menjadi sasaran serangan cyber oleh negara-negara lain. Oleh karena itu, AS telah mengembangkan sejumlah teknologi dan metode untuk memperkuat keamanan siber, seperti firewall dan pengenalan wajah untuk keamanan data.

Itulah tadi ulasan 4 Negara Paling Maju di Bidang Teknologi Digital berdasarkan Most Technologically Advanced Countries 2023 – World Population Review. Perkembangan teknologi yang dialami keempat negara di atas memang sangatlah pesat, mungkin negara kita Indonesia saat ini masih sangat jauh tertinggal.

Baca Juga: 10 Negara dengan Populasi Terkecil di Dunia

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Tһanks for finally talking about > 4 Negara Paling Maju dі Bidang Teknoⅼogi Digital, Di
    mana Posisi Indonesia? – BekelЅego < Liked it!