10 Negara dengan Populasi Terkecil di Dunia

Dari Vatikan hingga Nauru


0

Jumlah penduduk dunia saat ini sangat besar. Pertumbuhannya tidak terkendali dengan baik terutama di negera ketiga. Setiap detik, menit dan jam terjadi perubahan jumlah populasi penduduk dunia. Perubahan itu disebabkan oleh kelahiran atau natalitas, kematian atau mortalitas dan migrasi atau perpindahan penduduk.

Populasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring adalah (1) seluruh jumlah orang atau penduduk di suatu daerah, (2) jumlah orang atau pribadi yang mempunyai ciri-ciri yang sama, (3) jumlah penghuni, baik manusia maupun makhluk hidup lainnya pada suatu satuan ruang tertentu, (4) sekelompok orang, benda, atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel; suatu kumpulan yang memenuhi syarat tertentu yang berkaitan dengan masalah penelitian.

Melansir dari situs worldpopulationreview.com tahun 2022, penulis menemukan bahwa jumlah penduduk dunia mencapai 7.975.105.156 jiwa. Angka kelahiran per harinya sebesar 366.846 jiwa. Sementara itu, angka kematiannya 183.700 jiwa per hari. Jadi, pertumbuhan penduduk per harinya sebesar 183.146 jiwa.

Dengan pertumbuhan penduduk seperti itu penulis merangkum negara-negara di dunia yang memiliki penduduk terkecil. Negara manakah yang memiliki jumlah penduduk terkecil di dunia? Sebagian besar dari kita tidak pernah mengetahuinya. Berikut 10 data negara tersebut.

1. Vatican City

Ilustrasi Kota Vatikan di Roma (theinspiremetravelcompany.com)

Negara kecil di kota Roma, Italia ini merupakan wilayah Kepausan yang saat ini dipimpin oleh Paus Fransiskus. Luas wilayahnya 1 km2 dengan jumlah penduduk sebesar 510 jiwa dengan kepadatan sebesar 510/ km2.

2. Tokelau

Ilustrasi Negara Tokelau (ariischia.com)

Tokelau adalah wilayah Selandia Baru di Samudera Pasifik Selatan yang terdiri atas tiga atol koral tropis. Negara ini termasuk Protektorat Inggris dan memiliki luas 12 km2 dan memiliki jumlah penduduk sebesar 1.871 jiwa. Kepadatan penduduknya sebesar 156/km2.

3. Nieu

Ilustrasi Negara Nieu

Niue adalah negara kepulauan di Samudera Pasifik Selatan yang dijuluki Karang Polinesia dan berasosiasi dengan Selandia Baru. Ibukotanya Alofi. Negara ini berpenduduk 1.934 jiwa dengan luas wilayah sebesar 260 km2. Kepadatan penduduknya adalah 7/ km2.

4. Falkland Islands

Ilustrasi Falkland Islands (image.yahoo.com)

Negara di Amerika Selatan yang wilayahnya dikuasai Inggris dan disengketakan dengan Argentina ini memiliki luas 12.173 kmdan beribukota di Stanley. Kepulauan Falkland ini memiliki penduduk sebesar 3.780 jiwa dengan kepadatannya 0/km2. Falkland Islands disebut Argentina sebagai Malvinas.

5. Montserrat

Ilustrasi negara Montserrat (image.yahoo.com)

Negara ini merupakan sebuah pulau yang jadi wilayah luar negeri Inggris. Monserrat beribukota di Brades dan memiliki jumlah penduduk 4.390 jiwa dengan luas wilayah 102 km2. Kepadatan penduduknya sebesar 43/ km2.

6. Saint Pierre and Miquelon

Ilustrasi Negara Saint Miguilon (image.yahoo.com)

Wilayah luar negeri Perancis di dekat Kanada dan beribukota di Saint Pierre. Negara ini memiliki luas 242 kmdengan jumlah penduduk sebesar 5.862 jiwa. Kepadatan penduduknya sebesar 24 /km2.

7. Saint Barthelemy

Ilustrasi Negara Saint Barthelemy (image.yahoo.com)

Wilayah luar negeri Perancis yang ada di Karibia. Negara seluas 21 km2 ini memiliki jumlah penduduk sebesar 10.967 jiwa. Kepadatan penduduknya sebesar 522/km2.

Baca Juga: 12 Negara di Benua Amerika dengan Populasi Muslim Terbesar, Nomer 1 Amerika Serikat!

8. Tuvalu

Ilustrasi Negara Tuvalu (images.yahoo,com)

Negara di Samudera Pasifik antara Hawaii dan Australia. Bentuk negara ini adalah monarki konstitusional. Negara berpenduduk 11.401 jiwa ini memiliki luas wilayah 26 km2. Kepadatan penduduknya sebesar 435/km2.

9. Wallis and Futuna

Ilustrasi Negara Wallis dan Futuna (images.yahoo.com)

Wilayah luar negeri Perancis di daerah Pasifik Selatan antara Fiji dan Samoa. Negara ini beribukota di Mata-Ulu. Negara dengan luas 142 km2 ini memiliki jumlah penduduk sebesar 11.572 jiwa. Kepadatan penduduknya sebesar 81/km2.

10. Nauru

Ilustrasi Negara Nauru (wikipedia)

Republik Nauru beribukota di Yaren. Negara di kawasan Karibia ini memiliki luas 21 km2 dan jumlah penduduk sebesar 12.757 jiwa. Kepadatan penduduknya sebesar 603/km2.

Demikian, 10 negara di benua ini yang memiliki populasi terkecil. Salam literasi dan sukses selalu.

Baca Juga: 7 Negara di Bekas Wilayah Yugoslavia, Ada yang Pernah Masuk Final Piala Dunia!


Like it? Share with your friends!

0

Hero

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *